Yuk Jadi Pengusaha Muda, Ini 8 Ide Bisnis yang Cocok Bagi Pemula Seperti Fresh Graduate
Pexels/Emily Ranquist
SerbaSerbi

Untuk mengawali tahun 2023, tim redaksi WowKeren akan menghadirkan beberapa ide bisnis yang cocok dijalankan oleh pemula seperti fresh graduate. Apa sajakah itu?

WowKeren - Menjadi pengusaha di usia muda bukanlah sesuatu yang mustahil. Setiap orang bisa mencapainya asal terus berusaha dan tidak pantang menyerah ketika bisnisnya menemui kegagalan.

Dewasa ini banyak lulusan baru atau fresh graduate yang memilih untuk membangun bisnisnya sendiri daripada bekerja sebagai karyawan. Karena masih muda, mereka cenderung memiliki berbagai ide kreatif dan inovatif serta tekad yang luar biasa.


Sayangnya, tak sedikit dari mereka yang bingung akan mengembangkan bisnis apa. Ada banyak faktor yang mendasarinya, mulai dari minimnya ide bisnis, kecemasan untuk memulai hingga keterbatasan modal usaha yang dimiliki.

Sebaiknya jangan menyerah begitu saja jika Anda memiliki kegelisahan tersebut. Pasalnya, ada beberapa jenis usaha yang bisa Anda rintis sebagai pemula dan dengan modal kecil. Penasaran apa sajakah itu? Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Content Creator


Content Creator
Pexels/Ivan Samkov

Di era digital seperti saat ini, pekerjaan sebagai content creator terbilang cukup menjanjikan. Berkat media sosial dan internet yang berjalan tanpa henti, para individu kreatif dapat menggunakan bakat mereka untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi untuk dibagikan secara online.

Pembuatan konten digital dapat menghasilkan banyak keuntungan meski tidak membutuhkan modal besar. Anda bisa memulai usaha ini dengan membuat portofolio online lalu membangun jaringan khusus klien dan content creator untuk mendapatkan pekerjaan atau proyek dari pihak lain.

2. Reseller dan Dropshipper


Reseller dan Dropshipper
Pexels/RODNAE Productions

Bisnis lain yang bisa ditekuni oleh fresh graduate adalah reseller dan dropshipper. Untuk reseller, Anda bisa menjual kembali berbagai jenis barang dan produk melalui ecommerce dan toko offline. Pasarkan produk tersebut dengan cara menarik sesuai target yang disasar. Jenis usaha ini bisa mendatangkan banyak pundi-pundi uang jika Anda berhasil mengelolanya dengan baik.

Jika tidak memiliki modal usaha, Anda bisa memulai bisnis sebagai dropshipper. Usaha ini pun bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja asal memiliki akun ecommerce, sambungan internet dan gadget. Agar usaha tersebut berhasil, Anda harus pandai menetapkan harga jual yang bisa mendatangkan keuntungan namun tetap masuk akal.

3. Membuka Layanan Jastip


Membuka Layanan Jastip
Pexels/Kampus Production

Peluang bisnis yang cocok untuk fresh graduate berikutnya adalah membuka jastip atau jasa titip barang. Ini adalah usaha yang cukup menyenangkan, terutama jika Anda suka belanja dan hobi bepergian. Namun, Anda harus memiliki banyak relasi dan aktif promosi di media sosial jika ingin bisnis ini sukses.

Biasanya, barang yang dititipkan adalah barang yang tidak ada di suatu daerah atau negara. Pasarkan barang tersebut lewat media sosial dan jika ada pesanan yang masuk, Anda harus mencarikan dan mengirimkannya kepada pembeli. Anda bisa memperoleh keuntungan dari penjualan barang-barang tersebut.

4. Membuat Kerajinan Tangan


Membuat Kerajinan Tangan
Pexels/Arina Krasnikova

Salah satu bisnis menjanjikan yang bisa dilakukan oleh pemula seperti fresh graduate adalah membuat kerajinan tangan. Anda bisa membuat berbagai barang yang sedang booming atau berbagai benda fungsional yang dibutuhkan masyarakat.

Jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk tersebut. Anda juga harus memberikan pelayanan terbaik dan membuat produk berkualitas untuk menarik hati pelanggan.

5. Mendirikan Event Organizer


Mendirikan Event Organizer
Pexels/Kyle Loftus

Ide modal usaha berikutnya yang cocok untuk kaum fresh graduate adalah mendirikan event organizer. Ini adalah bisnis yang cukup menggiurkan, apalagi jika Anda suka berhubungan dengan banyak orang dan sering terlibat aktif dalam acara kampus.

Bisnis ini cukup digemari, sehingga Anda mungkin akan bertemu dengan banyak pesaing. Oleh sebab itu, berikan pelayanan terbaik dan jadikan kepuasan pelanggan sebagai motivasi agar bisnis Anda bisa bertahan lama.

6. Bisnis Mode


Bisnis Mode
Pexels/MART PRODUCTION

Fashion memiliki potensi besar dalam industri kreatif, jadi jangan sia-siakan peluang ini untuk membangun kerajaan bisnis Anda. Ada banyak pedagang maupun perusahaan independen yang sukses besar dari berjualan pakaian.

Mengetahui cara menjahit dan sablon akan lebih baik saat memulai. Namun pada akhirnya Anda harus mempekerjakan produsen yang baik untuk mengembangkan bisnis ke ranah yang lebih luas. Sebab menyediakan produk berkualitas tinggi dan keterampilan pemasaran yang hebat adalah kunci sukses dalam berbisnis.

7. Bisnis Kuliner


Bisnis Kuliner
Pexels/Kampus Production

Seperti halnya mode, kuliner juga akan selalu menjadi bisnis menjanjikan yang bisa ditekuni siapa saja. Termasuk Anda, kaum fresh graduate yang sedang membaca artikel ini. Saat memulai bisnis ini, Anda harus tahu jenis makanan apa yang ingin dipasarkan serta bagaimana potensi kesuksesannya.

Anda bisa membuka kafe, angkringan, restoran atau bahkan usaha catering. Usahakan memiliki menu khusus sebagai ciri khas untuk membedakan usaha Anda dengan pesaing. Selain itu, pastikan untuk mempertahankan cita rasa dan kebersihan makanan Anda.

8. Jasa Desain Grafis


Jasa Desain Grafis
Pexels/Cup of Couple

Ide bisnis terakhir yang WowKeren rangkum di sini adalah jasa desain grafis. Jenis usaha ini tergolong sangat menjanjikan karena bersifat universal. Ada banyak pelaku usaha yang membutuhkan jasa desain grafis untuk berbagai keperluan, misal untuk membuat tampilan produk mereka lebih menarik dilihat.

Sayangnya, usaha ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki skill desain mumpuni. Namun jangan khawatir, sebab Anda bisa menjalankan usaha tersebut dengan mempekerjakan seorang ahli atau berpartner dengan rekan yang jago desain. Anda bisa melakukan tugas lain seperti manajemen perusahaan hingga pemasaran.

Nah itu dia delapan jenis ide usaha yang cocok dilakukan pemula seperti fresh graduate. Setelah mendapat ide, simak artikel ini untuk mengetahui tips membangun bisnis di usia muda.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait