Siap Mudik Pasca Pandemi, Simak Tips Aman dan Nyaman Pulkam Jelang Lebaran
Pxhere
SerbaSerbi

Idul Fitri 2023 akan tiba dalam waktu dekat dan jutaan masyarakat telah bersiap menyambut mudik lebaran pasca pandemi berakhir. Yuk, simak tips cermat mudik aman dan nyaman dari WowKeren.

WowKeren - Masyarakat Tanah Air begitu antusias menyambut Bulan Suci Ramadhan kali ini. Pasalnya, orang-orang mulai bisa bernapas lega usai tiga tahun bergelut dengan pandemi Covid-19. Imbas wabah itu, tradisi mudik atau pulang kampung di tahun-tahun sebelumnya sangat dibatasi.

Oleh sebab itu, mudik lebaran di tahun 2023 ini diprediksi akan melonjak drastis ketimbang 2022 lalu. Hal ini sesuai dengan hasil survei Kementerian Perhubungan terkait prediksi jumlah pemudik saat Hari Raya Idulfitri 2023.


"Berdasarkan hasil survei Kemenhub yang secara periodik tiap tahun jelang Idulfitri, tahun ini yang akan mudik 123 juta orang. Ini menaikkan kenaikan drastis dibanding tahun lalu diperkirakan yang mudik 85 juta," kata Muhadjir Effendy selaku Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).

Bahkan tiket transportasi umum seperti kereta, bus dan pesawat sudah mulai menipis. Meski begitu, banyak pula pemudik yang memakai kendaraan pribadi. Baik transportasi umum maupun kendaraan pribadi, tentunya dibutuhkan persiapan matang sebelum berangkat mudik.

Para pemudik juga perlu memperhatikan aturan-aturan penting yang telah ditetapkan pemerintah agar rencana pulkam berjalan aman dan nyaman. WowKeren pun hadir untuk berbagi 11 tips yang patut disimak agar mudik Anda berjalan aman dan nyaman sampai tujuan.

(wk/Sisi)

1. Beli Tiket Pulang Pergi Sekaligus Bila Pakai Transportasi Umum


Beli Tiket Pulang Pergi Sekaligus Bila Pakai Transportasi Umum
Pexels

Kereta, bus, pesawat dan kapal adalah beberapa jenis transportasi umum yang biasa dipakai oleh para perantau yang hendak pulang kampung. Biasanya tiket-tiket transportasi umum mulai menipis saat mendekati lebaran. Oleh sebab itu, disarankan untuk memesan tiket mudik sejak jauh-jauh hari ya.

Anda juga diimbau untuk membeli tiket pergi dan pulang sekaligus. Dengan begitu, Anda tak lagi khawatir kehabisan tiket untuk kembali pulang. Pasalnya, arus pulang mudik juga akan melonjak mendekati waktu berakhirnya libur lebaran atau cuti bersama.

2. Lakukan Pengecekan Kendaraan Bila Mudik Dengan Transportasi Pribadi


Lakukan Pengecekan Kendaraan Bila Mudik Dengan Transportasi Pribadi
Pixabay

Selain transportasi umum, kebanyakan orang akan mudik memakai kendaraan pribadi. Seringkali, mudik memakai kendaraan pribadi seperti mobil dan motor dilakukan bersama keluarga besar. Oleh sebab itu, penting sekali untuk mengecek kondisi kendaraan sebelum berangkat mudik. Saran ini disampaikan Aditya Mahatidanar, Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Lampung.

"Jika mudik dengan kendaraan pribadi, harus pastikan kendaraan dalam kondisi baik, seperti rem, lampu, dan ban. Jangan lupa untuk membawa alat cadangan, seperti ban serep, kunci roda, dan lain-lain. Selain itu, siapkan diri dengan kesiapan fisik dan mental yang cukup," saran Adit.

3. Cek Kondisi Jalan, Cuaca Terkini & Patuhi Aturan Lalu Lintas


Cek Kondisi Jalan, Cuaca Terkini & Patuhi Aturan Lalu Lintas
Pxhere

Tips lain bagi Anda yang akan mudik memakai kendaraan pribadi yakni cari tahu lebih dulu kondisi jalan yang hendak dilewati. Periksa juga ramalan cuaca pada hari keberangkatan. Dengan begitu, Anda bisa memprediksi kemungkinan apa saja yang bakal terjadi selama perjalanan.

Selain itu, selalu patuhi aturan lalu lintas dan mudik yang berlaku. Jangan melakukan hal-hal yang hanya akan merugikan diri sendiri maupun pengendara lain. Pastikan juga memakai pelindung seperti sabuk pengaman maupun helm selama perjalanan.

4. Pastikan Rumah Ditinggal Dalam Keadaan Aman


Pastikan Rumah Ditinggal Dalam Keadaan Aman
Pxhere

Nah, tips selanjutnya yang kerap disepelekan banyak orang adalah memastikan kondisi rumah aman ketika pergi mudik terutama jika ditinggal lama. Jangan lupa mengunci semua pintu dan jendela rumah ketika hendak mudik.

Pastikan juga Anda sudah mencabut semua kabel-kabel aliran listrik maupun regulator gas. Selain itu, pastikan semua kran air di dalam rumah dalam keadaan mati. Bila perlu titipkan rumah Anda kepada satpam atau pihak keamanan setempat.

5. Informasikan Rencana Mudik Pada Tetangga Atau Kerabat


Informasikan Rencana Mudik Pada Tetangga Atau Kerabat
Pexels

Tips lain agar Anda merasa tenang ketika berada jauh dari rumah adalah informasikan rencana mudik Anda kepada tetangga atau kerabat yang dipercaya. Hal ini perlu dilakukan agar mereka bisa segera menghubungi Anda ketika sewaktu-waktu ada info atau kejadian darurat.

juga bisa membantu mengawasi rumah Anda bila sewaktu-waktu terjadi hal mencurigakan. Selain itu, kerabat atau tetangga nantinya dapat memberikan informasi perihal keberadaan Anda bila ada tamu berkunjung saat rumah ditinggal kosong.

6. Pantau Aturan Terbaru Mudik 2023 Secara Berkala


Pantau Aturan Terbaru Mudik 2023 Secara Berkala
Pexels

Meski tahun ini izin mudik tak seketat tahun lalu, pemerintah biasanya menetapkan aturan baru. Setiap jenis transportasi biasanya mempunyai aturan atau regulasi yang berbeda. Anda bisa mengecek aturan-aturan baru yang mungkin diterapkan di setiap jenis transportasi lewat link berikut ini.

Namun, aturan wajib yang mungkin masih diterapkan di mudik 2023 adalah syarat vaksin. Pemerintah biasanya menggolongkan jenis vaksin atau booster berdasarkan usia. Anda bisa mengecek lebih detail perihal syarat vaksin untuk perjalanan lewat website pemerintah.

7. Istirahat Yang Cukup Sebelum Melakukan Perjalanan


Istirahat Yang Cukup Sebelum Melakukan Perjalanan
Pexels

Tak cuman kendaraan dan rumah saja yang butuh diperhatikan, kesehatan dan kondisi badan menjelang mudik juga harus dijaga. Pastikan Anda istirahat yang cukup sebelum mudik demi menghindari mengantuk kala perjalanan. Bawa makan dan minum yang cukup juga agar tubuh tak kelaparan atau dehidrasi.

"Aditya Mahatidanar, Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) juga mengimbau agar beristirahat sejenak bila dirasa mengantuk atau lelah saat menyetir. "Pastikan pengemudinya cukup istirahat, bawa makanan dan minuman yang cukup, dan perencanaan perjalanan yang matang. Jangan berkendara terus menerus lebih dari 12 jam," imbau Adit.

8. Aware Dengan Barang Bawaan Selama Mudik


Aware Dengan Barang Bawaan Selama Mudik
Pexels

Jangan pernah lengah dengan barang bawaan ketika sedang mudik terutama jika Anda memakai transportasi umum. Pastikan Anda menaruh dompet dan ponsel pada tempat-tempat yang aman serta terjangkau dengan pandangan mata.

Selain itu, jangan membawa barang berlebih jika tak ingin kerepotan saat mudik. Bawa barang secukupnya dan tata pada tempat atau tas yang praktis. Sering-seringlah mengecek kondisi dan keberadaan barang bawaan secara berkala.

9. Berpakaian Nyaman & Jaga Gaya Busana


Berpakaian Nyaman & Jaga Gaya Busana
Pexels

Baju dan penampilan kala mudik juga perlu diperhatikan, loh. Jangan kenakan pakaian yang sempit atau membuat Anda merasa tak nyaman. Sebaliknya, pilih pakaian yang nyaman dan sopan ketika pergi mudik. Pasalnya, Anda akan melakukan perjalanan jauh dan bertemu dengan banyak orang asing.

Jangan pula bergaya mencolok seperti mengenakan banyak perhiasan atau tampil seksi terutama saat Anda berada di transportasi umum. Pasalnya, hal-hal semacam itu hanya akan mengundang kejahatan dari oknum-oknum tak bertanggung jawab.

10. Jika Mampu Bekali Diri Dengan Asuransi


Jika Mampu Bekali Diri Dengan Asuransi
Pexels

Baju dan penampilan kala mudik juga perlu diperhatikan, loh. Jangan kenakan pakaian yang sempit atau membuat Anda merasa tak nyaman. Sebaliknya, pilih pakaian yang nyaman dan sopan ketika pergi mudik. Pasalnya, Anda akan melakukan perjalanan jauh dan bertemu dengan banyak orang asing.

Jangan pula bergaya mencolok seperti mengenakan banyak perhiasan atau tampil seksi terutama saat Anda berada di transportasi umum. Pasalnya, hal-hal semacam itu hanya akan mengundang kejahatan dari oknum-oknum tak bertanggung jawab.

11. Tetap Patuhi Protokol Kesehatan


Tetap Patuhi Protokol Kesehatan
Pexels

Meski pandemi Covid-19 telah usai, para pemudik disarankan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Tetap gunakan masker ketika berada di kerumunan dan rajin-rajin mencuci tangan bila berada di tempat umum.

Aditya Mahatidanar, Ketua MTI juga berpesan agar masyarakat tetap menjaga jarak aman dengan orang lain. "Pastikan tetap membawa masker, hand sanitizer, dan tetap menjaga jarak di tempat umum. Periksa dan patuhi regulasi pemerintah terkait perjalanan mudik," kata Adit.

Nah, itu dia 11 tips mudik aman dan nyaman dari WowKeren. Semoga mudik dan rencana lebaran sobat berjalan lancar ya. Terus nantikan artikel menarik selanjutnya ya. See you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait