Jangan Sampai Salah, Ini Loh Pantangan Yang Tak Boleh Dilakukan Saat Idul Fitri
Pixabay
SerbaSerbi

Tak banyak diketahui orang, ini loh pantangan atau larangan yang sebetulnya tak boleh dilanggar saat perayaan Hari Raya Idul Fitri tiba. Penasaran apa? Yuk langsung simak di sini.

WowKeren - Hari Raya Idul Fitri 1444 H tinggal menghitung hari. Sederet persiapan telah dilakukan jutaan umat muslim untuk menyambut Hari Raya yang fitrah. Beberapa tradisi yang pasti ada jelang Idul Fitri adalah persiapan kue lebaran, baju baru, THR dan berzakat.

Selain itu, umat muslim juga disarankan untuk menjalankan beberapa amalan sunah saat Idul Fitri tiba. Meski tak wajib, melakukan amalan-amalan sunah ini dipercaya mampu membuat perayaan Idul Fitri semakin bermakna. Beberapa amalan sunah itu dijelaskan oleh Ustadzah Lulung Mumtaza.


"Umumnya tuh sebenarnya ada banyak ya amalan sunahnya. Kalau pas di Hari Raya lebaran nya kita bisa lakukan seperti: pertama, sebelum sholat ied fitri kita harus makan dulu. Kedua, ketika pergi sholat ied pulangnya harus lewat jalan yang lain. Dan yang ketiga bersedekah seperti istri nabi, karena pas hari raya tuh istri nabi demen bersedekah kayak istilahnya bagi-bagi thr," kata Umi Lulung.

Meski begitu, tak cuman kewajiban dan sunah Idul Fitri saja yang patut diperhatikan. Sejumlah pantangan dan larangan selama perayaan Idul Fitri juga perlu disadari dengan baik. Jangan sampai pahala dan kesucian Idul Fitri tergerus hanya karena melanggar pantangan yang telah ada.

Namun, banyak orang ternyata masih awam soal pantangan-pantangan yang tak boleh dilakukan saat Idul Fitri. Tak perlu khawatir, WowKeren di artikel berikut ini akan berbagi informasi tersebut. Tak perlu menunggu lama, yuk langsung simak dalam ulasan di bawah ini.

(wk/Sisi)

1. Puasa


Puasa
Pexels

Pantangan paling penting saat perayaan Idul Fitri adalah larangan untuk berpuasa. Umat muslim telah diberi kesempatan untuk menunaikan ibadah puasa selama 30 hari penuh. Oleh sebab itu, saat hari kemenangan tiba, mereka tak diperbolehkan berpuasa.

Hal ini sesuai dengan hadis dari Umar bin Khathab soal larangan pusa saat Hari Raya Idul Fitri. "Sesungguhnya Rasulallah SAW melarang berpuasa di kedua hari raya. Pada hari raya Idulfitri kamu berbuka puasamu dan pada hari raya Iduladha kamu makan daging kurbanmu." (HR Bukhari Muslim).

2. Berpakaian Menyerupai Orang Kafir


Berpakaian Menyerupai Orang Kafir
Pixabay

Orang-orang berlomba-lomba mengenakan pakaian terbaik saat Idul Fitri tiba. Namun, umat muslim sangat dilarang berpenampilan atau berpakaian layaknya orang kafir. Maksud dari larangan tersebut adalah orang-orang tak diperbolehkan memakai pakaian yang memperlihatkan aurat atau mengundang hawa nafsu.

Sebaliknya, pakailah pakaian yang bersih, sopan dan menutupi aurat saat Idul Fitri. Larangan berpakaian layaknya orang kafir ini tertuang dalam hadis yang berbunyi seperti demikian. "Siapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia bagian darinya." (HR. Abu Dawud).

3. Mengkhususkan Ziarah Kubur Saat Salat Ied


Mengkhususkan Ziarah Kubur Saat Salat Ied
Pxfuel

Orang-orang biasanya berziarah kubur sebelum hari Idul Fitri tiba. Meski begitu, waktu berziarah makam hukumnya sunah, artinya bisa dilakukan kapan saja. Namun, hukum berziarah berubah menjadi Bid'ah bila dilakukan saat salat Idul Fitri. Artinya, adanya kesengajaan mengesampingkan salat demi berkunjung ke makam.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al - Utsaimin Rahimahullah berkata: "Waktu yang mereka khususkan yaitu setelah selesai salat 'Ied berangkat ke kuburan (pengkhususan) waktu seperti itu tidak ada dari Rasullah. Atas dasari ini, mengkhususkan ziarah kubur pada hari tersebut termasuk bid'ah yang seseorang tidak boleh terikat dengannya..."

4. Berzakat Fitrah Saat Idul Fitri


Berzakat Fitrah Saat Idul Fitri
Pxfuel

Selain puasa, berzakat fitrah saat Idul Fitri juga dilarang. Adapun zakat fitrah wajib dibayarkan selambat-lambatnya sebelum salat Ied dimulai. Jika lebih dari itu, ia mampu dan belum membayarnya maka mereka berdosa dan tetap harus melunasinya. Kewajiban membayar zakat sebelum salat Ied itu tertuang dalam hadis Ibnu Umar ra.

"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau saw memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat." (HR Bukhari Muslim).

5. Memutus Silaturahmi


Memutus Silaturahmi
Pexels

Hal haram lain yang tak boleh dilakukan saat Idul Fitri adalah memutus silaturahmi dengan teman bahkan saudara. Pasalnya, Idul Fitri adalah hari yang pas untuk saling bermaaf-maafkan. Oleh karena itu, dilarang menyimpan dendam atau tak mau memaafkan kesalahan orang lain saat Idul Fitri tiba. Hal itu disampaikan oleh Ustadzah Lulung Mumtaza.

"Pertama haram berpuasa di saat hari raya, baik itu Idul Fitri, Idul Adha, dan hari tasyrik. Kedua, haram untuk memutus hubungan tali silaturahmi. Ibaratnya jangan jauh-jauh deh kadang kalau ama temen kita deket tapi kalau ama orang tua atau keluarga kita berantem," kata Umi Lulung.

6. Bersalaman Dengan Yang Bukan Muhrim


Bersalaman Dengan Yang Bukan Muhrim
Pexels

Bersalaman dengan yang bukan muhrim saat tradisi saling bermaaf-maafkan sebetulnya dilarang. Namun, banyak orang masih mengabaikan larangan ini. Bahkan antara pria dan wanita yang bukan muhrim tak sungkan saling berpelukan.

Nah, tradisi semacam ini perlahan mulailah untuk dihilangkan. Tak cuman saat Idul Fitri saja, kebiasaan bersalaman dengan pria atau wanita yang bukan muhrimnya sebenarnya sudah dengan jelas dilarang dalam Islam.

7. Makan & Bergaya Berlebihan


Makan & Bergaya Berlebihan
Pexels

Sepele tetapi kerap diabaikan adalah larangan untuk tak makan dan berpenampilan berlebihan ketika Idul Fitri. Dilarang makan berlebihan agar ibadah wajib seperti salat fardu tak terganggu. Sedang, larangan untuk bergaya berlebihan seperti jangan mengenakan pakaian yang terlampau mewah atau terlalu banyak perhiasan agar tak mengundang kejahatan.

Allah SWT berfirman: "Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan". (QS. Al-A’raf: 31).

8. Mengulur Waktu Salat


Mengulur Waktu Salat
Pexels

Meskipun tengah berada dalam suasana Idul Fitri, kewajiban untuk salat lima waktu tak boleh ditinggalkan. Seringkali, acara kumpul keluarga atau perjalanan menuju sanak saudara malah membuat kita menunda waktu salat.

Kebiasaan seperti itu wajib untuk dihindari dan dahulukan lah salat di atas kepentingan apapun. Hal ini sesuai dalam sebuah hadis yang berisi firman Allah SWT: "Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." (QS. An-Nisa: 103).

Nah, itu dia larangan dan pantangan yang wajib dihindari saat perayaan Idul Fitri tiba ya. Semoga perayaan Idul Fitri sobat WowKeren berjalan fitrah dan penuh kenikmatan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, see you!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait