Ungu Profile
Ungu Profile Photo

Ungu

Profesi
Grup band pop
Tgl Lahir
Jul 17, 1996
Lahir di
Jakarta, Indonesia
Profesi
Grup band pop
Populer
Merilis album "Laguku" (2002)
Tempat Lahir
Jakarta, Indonesia
Kewarganegaraan
Indonesia
Populer Sejak
Merilis album "Laguku" (2002)

Ungu didirikan sejak tahun 1996. Pergantian formasi sering terjadi ditubuh Ungu sejak didirikannya band itu. Namun sejak aktif di belantika musik Indonesia tahun 2001, Ungu belum mengalami perubahan formasi lagi sampai sekarang. Personil Ungu tersebut diantaranya Sigit Purnomo Syamsudin Said (Pasha/ vokal), Franco Medjaya Kusuma (Enda/ gitar utama), Arlonsy Miraldi (Oncy/ gitar), Makki O. Parikes (Makki/ bass) dan Muhammad Nur Rohman (Rowman/ drum).

Ungu merilis album perdana "Laguku" tahun 2002. Album ini meraih Platinum Awards dengan terjual sebanyak 150 ribu copy.

Setelah selesai penggarapannya, album Ungu yang kedua "Tempat Terindah" (2003) pun resmi dirilis. Album ini mendulang sukses dengan penjulan mencapai 80 ribu copy di empat bulan pertama setelah diluncurkan.

Dua tahun setelahnya, band asal Jakarta ini meluncurkan album ketiga yang berjudul "Melayang" (2005). Album ini mendongkrak popularitas Ungu di kancah permusikan Indonesia. "Demi Waktu" (2005), yang menjadi single andalan, telah mengantarkan Ungu meraih beberapa penghargaan penting. Salah satunya, penghargaan "MTV Exclusive Artist" versi MTV Indonesian Awards 2005.

Beberapa label perusahaan rekaman Malaysia sempat memperebutkan hak edar single "Demi Waktu" di negaranya. Ujung kemenangan album ini ditunjukkan dengan diraihnya penghargaan "Album Pop Rock Duo/Grup Terbaik" di "SCTV Award 2007".

Ungu pernah merilis mini album bertema religi yang berjudul "SurgaMu" (2006). Mini album "SurgaMu" mendapat apresiasi yang sangat baik. Bahkan oleh mantan Wakil Presiden, Yusuf Kalla.

Untuk kesekian kalinya, Ungu membuat gebrakan di industri permusikan. Album keempat yang berjudul "Untuk Selamanya" (2007) dirilis di empat negara sekaligus, yaitu di Indonesia, Singapura, Malaysia dan Hongkong. Album ini mengusung "Kekasih Gelapku" (2007) sebagai single andalan dan sukses mengantarkan Ungu sebagai "Band Paling Ngetop" di ajang "SCTV Music Awards 2007".

Sebelum merilis album studionya, Ungu terlebih dulu merilis album religi "Para PencariMu" (2007), "Aku dan Tuhanku" (2008). Album studio "Penguasa Hati" (2009) tampil agak berbeda dengan album-abum sebelumnya, karena single andalan "Hampa hatiku" (2009) Ungu memasukkan unsur musik dangdut.

Ketenaran Ungu telah membawa para personilnya sebagai ikon di berbagai iklan di layar kaca. Ungu juga banyak menyumbangkan beberapa lagunya sebagai original soundtarck film. Dari "Coklat Stoberi" (2007), "Ayat-Ayat Cinta" (2008) hingga "Sang Pemimpi" (2009).

Setelah sekian tahun hanya menjadi penyumbang soundtrack film, band beranggotakan lima personil ini mencoba bertukar giliran dengan menjadi pemerannya. Ungu akhirnya mendapat tawaran dari seorang produser untuk membintangi film berjudul "Purple Love" (2011). Di film ini, Pasha yang mengisi posisi vokal menjadi aktor utama bersama Nirina Zubir.

Ungu Lirik Lagu
Lirik Lagu
Lirik

Aku Bukan Pilihan Hatinya

Lirik Lagu
Lirik

Aku Tahu

Lirik Lagu
Lirik

Akulah Cintamu

Lirik Lagu
Lirik

Almost Soulmate

Lirik Lagu
Lirik

Andai Aku Bisa

Lirik Lagu
Lirik

Andai Ku Tahu

Lirik Lagu
Lirik

Antara Kita

Lirik Lagu
Lirik

Apa Sih Maumu

Lirik Lagu
Lirik

Apalah Arti Cinta

Lirik Lagu
Lirik

Asmara Terindah

Lirik Lagu
Lirik

Badai Kini Berlalu