Mengejutkan, 6 Makanan dan Minuman Ini Bisa Buat Lebih Cerdas
New York Post
SerbaSerbi

Bukan tergolong benda yang mahal dan sulit dicari, apa saja makanan dan minuman yang bisa bantu meningkatkan fungsi kerja otakmu?

WowKeren - Kita semua tahu bahwa makan dengan baik bisa membuat tubuh kita semakin sehat. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa beberapa makanan atau minuman tertentu bukan hanya membuat kita sehat, tapi juga meningkatkan fungsi otak?

Ya, beberapa makanan selain mengenyangkan dan menyehatkan juga membawa beberapa zat yang bisa meningkatkan fungsi kerja otak. Jika otak kita sehat, maka kita juga bisa memiliki memori yang lebih baik. Kedua hal tersebut tentunya juga membuat kita menjadi orang yang lebih cerdas.

Bukan tergolong benda yang mahal dan sulit dicari, makanan dan minuman ini bisa membuatmu lebih cerdas dengan mengonsumsinya secara rutin. Penasaran apa saja makanan dan minuman tersebut? Yuk, simak daftarnya sebagai berikut.

1. 1. Kopi dan Teh


1. Kopi dan Teh

Tidak hanya ampuh membuatmu melek di pagi hari, satu cangkir kopi juga bisa meningkatkan kekuatan otakmu. Penelitian menunjukkan bahwa kopi tidak hanya meningkatkan memori, tapi juga membuatmu lebih tanggap. Mengonsumsi kopi secara rutin juga disebut sebagai pencegahan terhadap risiko terkena penyakit alzheimer.

Untuk kamu yang tidak bisa meminum kopi, masih ada kabar baik. Teh pun mengandung khasiat yang sama dengan kopi. Teh penuh dengan antioksidan yang meningkatkan produksi neuron di otak. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Molecular Nutrition & Food Research menemukan bahwa EGCG, yakni senyawa anorganik dalam teh hijau, bisa mencegah kehilangan memori dan penyakit degeneratif.

2. 2. Strawberry dan Blueberries


2. Strawberry dan Blueberries

Bagi kamu penikmat buah-buahan, ini merupakan kabar baik yang mengejutkan. Dua buah-buah jenis berry ini juga bisa membantu meningkatkan kinerja otak.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2012 menemukan bahwa asupan strawberry bermanaafat bagi otak. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa peningkatan penurunan kognitif yang terjadi lambat pada orang dewasa dan tua yang banyak menerima asupan strawberry. Hal itu disebabkan karena buah strawberry ini banyak mengandung falvonoid dan antioksidan yang memungkinkan kita menyimpan memori dan memperbaiki perasaan lebih baik.

Sementara itu, blueberry, berdasarkan sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menyatakan bahwa buah tersebut mengandung banyak senyawa kimia bermanfaat. Blueberry dapat membantu meningkatkan memori, pengambilan keputusan, keterampilan penalaran dan juga pemahaman verbal.

3. 3. Cokelat


3. Cokelat

Sebuah penelitian baru-baru ini telah membuktikan keterkaitan antara konsumsi cokelat dan peningkatan kinerja kognitif. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa orang-orang yang makan cokelat setidaknya seminggu sekali, mendapatkan peningkatan pemikiran abstrak dan juga memori mereka.

Sementara itu, dalam studi lain, para periset dari Harvard juga telah menemukan hubungan antara cokelat hitam dan fungsi otak. Untuk bisa mendapatkan hasil optimal, setidaknya kamu harus makan cokelat batangan dengan kandungan 70 persen kakao. Jadi, sekarang ada alasan untuk bisa mengonsumsi cokelat, kan?

4. 4. Air Putih


4. Air Putih

Gampang sekali ditemukan sehari-hari, air putih menjadi minuman yang wajib kamu konsumsi jika ingin lebih cerdas. Menurut laporan, para ahli sepakat bahwa penyebab terbesara dair kehilangan ingatan adalah karena dehidrasi. Jadi, sesuatu yang sederhana seperti minum segelas air saja dapat meningkatkan fungsi kerja otakmu secara dramatis.

Sebuah penelitian kecil Ohio University menemukan bahwa orang yang tubuhnya terhidrasi dengan baik bisa mendapatkan skor yang jauh lebih baik pada saat tes kemampuan otak. Hal itu berbeda dengan mereka yang tidak cukup minum air. Jadi, mulai sekarang, tingkatkan kebiasaanmu minum air putih, ya.

5. 5. Bayam


5. Bayam

Jika mendengar bayam, kamu mungkin akan teringat dengan serial kartun "Popeye". Tokoh tersebut selalu memakan bayam untuk meningkatkan kekuatannya. Akan tetapi, ternyata bayam juga bisa sekaligus untuk meningkatkan fungsi kerja otak.

Sebuah penelitian di Harvard Medical School yang diikuti oleh 13 ribu wanita selama 25 tahun menemukan bahwa peningkatan asupan sayuran baik untuk fungsi otak. Penelitian tersebut menemukan bahwa sayuran termasuk bayam bisa dikaitkan dengan penurunan tingakat penurunan kognitif dan usia otak yang diturunkan hingga satu atau dua tahun.

6. 6. Alkohol


6. Alkohol

Minuman terkakhir yang sangat mengejutkan muncul sebagai bahan minuman yang bisa meningkatkan kecerdasan otak adalah alkohol. Ya, benar alkohol.

Sementara meminum alkohol dengan kuantitas yang tinggi bisa menyebabkan demensia, mengonsumsinya secara ringan bisa melindungi otak. Dalam penelitian baru-baru ini, orang yang meminum 1 hingga 6 gelas seminggu memiliki peluang 54 persen lebih kecil untuk terserang demensia daripada mereka yang tidak.

Sejumlah kecil konsumsi alkohol juga diperkirakan dapat melindungi jantung dan otak serta mencegah penyumbatan pembuluh darah. Untuk jenis alkoholnya, disarankan agar kamu menggunakan anggur merah karena mengandung resveratol, yakni senyawa yang mungkin terkait dengan peningkatan umur panjang.

Loading...

You can share this post!

Related Posts