Pantai Parangkusumo, Gerbang Menuju Istana Ratu Laut Selatan
Travel

Ingin mengunjungi tempat wisata angker? 8 lokasi ini bisa masuk daftar kalian.

WowKeren - Siapa yang tak pernah mendengar soal cerita mistis di Pantai Parangkusumo yang disebut-sebut sebagai lokasi gerbang menuju istana Ratu Laut Selatan, Nyi Roro Kidul. Lokasinya tidak jauh dari kawasan pantai Parangtritis. Tepatnya di sebelah barat atau sebelum masuk wilayah Pantai Parangtritis.

Jika ingin berkunjung ke Pantai Parangkusumo, sebaiknya kalian mengatur jadwal terlebih dahulu agar dapat melihat secara langsung ritual yang rutin di sana. Ritual tersebut dikenal dengan nama Labuhan atau Melasti. Baik masyarakat umum atau pun Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sering menggelar ritual tersebut di pantai ini. Ritual Labuhan Keraton di Pantai Parangkusumo merupakan simbol ikatan dan kekuasaan antara keraton dan penguasa laut selatan.

Saat berkunjung ke wisata ini, kalian akan dapat mencium aroma kembang setaman yang banyak dijumpai. Aroma tersebut juga dipadu dengan wangi kemenyan, bahan sesajen yang dibakar membuat suasana pantai ini cenderung menjadi lebih mistis.

Di sekitar Pantai Parangkusumo terdapat tempat yang bernama Batu Cinta. Lokasi ini dirasa lebih sakral dengan banyaknya taburan kembang setaman dan serangkaian sesajen di sekitarnya. Menurut cerita lokasi ini tempat bertemunya Penemban Senopati dan Ratu Kidul untuk membuat perjanjian.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait