Bisa Cegah Kanker Kulit, Ini 7 Manfaat Sunscreen Selain Melindungi dari Sinar Matahari
Lifestyle

Perlu diketahui bahwa sunscreen rupanya memiliki banyak manfaat selain untuk melindungi dari sinar matahari. Mau tahu manfaat apa saja yang dimiliki sunscreen untuk kecantikan? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

WowKeren - Sunscreen adalah salah satu produk perawatan kulit yang sangat penting perannya. Karena sunscreen dapat melindungi kulit wajah seseorang dari paparan sinar matahari.

Karena itu, bagi kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan, usahakan untuk menggunakan sunscreen secara rutin. Karena sunscreen akan melindungi kulit wajahmu dari bahaya sinar UV.


Namun ternyata belum banyak yang tahu jika manfaat sunscreen tidak sebatas pada melindungi dari sinar matahari. Sebab rupanya produk satu ini memiliki beragam manfaat untuk kecantikan kulit wajah.

Mau tahu manfaat apa saja yang dimiliki sunscreen selain melindungi dari sinar matahari? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Sunscreen Ampuh Mencegah Kulitmu Menjadi Kusam


Sunscreen Ampuh Mencegah Kulitmu Menjadi Kusam

Paparan sinar UV memang menyebabkan berbagai kerugian pada kulit. Tidak hanya mengikis minyak alami kulit, paparan sinar UV juga bisa menyebabkan rusaknya kolagen.

Jika sudah demikian, berbagai masalah kulit akan menghampiri. Salah satunya adalah kulit tampak kusam dan tidak bercahaya.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung collagen booster. Tapi upaya ini akan percuma jika kamu tidak menggunakan sunscreen. Karena sunscreen berguna untuk mencegah kerusakan kolagen lebih lanjut. Karena itu, selalu gunakan sunscreen jika tak ingin kulitmu menjadi kusam ya.

2. Gunakan Sunscreen Agar Kulitmu Tidak Kering Karena Paparan Sinar UV


Gunakan Sunscreen Agar Kulitmu Tidak Kering Karena Paparan Sinar UV

Paparan sinar UV secara terus menerus faktanya dapat membuat kulit kehilangan cairan dan minyak. Hal ini akan membuatnya tampak kering, terkelupas, bahkan menyebabkan keriput.

Namun tak perlu khawatir. Sebab kamu bisa mengatasi masalah kulit satu ini dengan menggunakan sunscreen. Karena sunscreen lagi-lagi bisa melindungi kulit wajahmu dari paparan sinar UV yang berbahaya.

Di sini, sunscreen berfungsi untuk melembapkan kulit wajah. Dan untuk memaksimalkan kegunaannya, kamu bisa memilih sunscreen yang diformulasikan khusus dengan kandungan pelembap.

3. Hilangkan Noda Bekas Jerawatmu dengan Menggunakan Sunscreen


Hilangkan Noda Bekas Jerawatmu dengan Menggunakan Sunscreen

Apakah kalian merasa noda bekas jerawat di wajah tak kunjung memudar? Jika iya, kalian mungkin merasa kesal dan kurang percaya diri karenanya.

Tapi jangan resah. Sebab noda bekas jerawat atau yang dikenal dengan hyperpigmentation pada dasarnya akan sembuh dengan sendirinya.

Tapi jika kulit wajah terus terpapar sinar matahari, produksi melamin akan semakin meningkat. Jika sudah demikian, warna dari bekas jerawat akan semakin gelap. Karena itu, gunakan sunscreen untuk mencegah produksi melamin. Sehingga, noda bekas jerawat akan memudar lebih cepat.

4. Sunscreen Rupanya Juga Berfungsi Sebagai Primer Make Up Loh!


Sunscreen Rupanya Juga Berfungsi Sebagai Primer Make Up Loh!

Nah, manfaat berikutnya dari sunscreen adalah dapat digunakan sebagai primer sebelum memakai make up. Pasalnya saat digunakan, sunscreen umumnya akan meninggalkan efek lembap di kulit.

Nah, hal ini dapat menyebabkan produk make up jadi lebih mudah menempel pada kulit, khususnya yang bertekstur cair. Dan dengan memakai sunscreen, hasil aplikasi make up akan terlihat lebih merata dan tahan lama.

Selain itu, di beberapa produk sunscreen ada yang memiliki kandungan silikon di dalamnya. Karena itu, saat diaplikasikan, wajah akan terlihat halus dan tidak berminyak.

5. Cegah Terjadinya Penuaan Dini dengan Menggunakan Sunscreen


Cegah Terjadinya Penuaan Dini dengan Menggunakan Sunscreen

Bahaya sinar UV dapat menghancurkan kandungan kolagen dan elastin pada kulit. Hal ini bisa menyebabkan tanda-tanda penuaan dini, seperti kulit kering dan kusam, serta memunculkan garis-garis halus di wajah.

Tidak hanya itu, sebab biasanya sinar UV juga membuat minyak alami yang ada di dalam kulit terkelupas dan menyebabkan kulit menjadi keriput. Jika sudah demikian, penuaan dini pun cepat terjadi.

Oleh karena itu, gunakan sunscreen secara rutin untuk menghindarkan kulit terpapar bahaya sinar UV. Dan secara otomatis, keriput akibat penuaan dini dapat dihindari dan kulitmu akan sehat terawat.

6. Gunakan Sunscreen Secara Rutin Untuk Mencegah Timbulnya Komedo


Gunakan Sunscreen Secara Rutin Untuk Mencegah Timbulnya Komedo

Ada banyak orang yang khawatir sunscreen bisa menyebabkan munculnya komedo di area wajah. Namun jangan khawatir, sebab sunscreen justru bermanfaat untuk mencegah timbulnya komedo.

Komedo sendiri sering ditemukan di bagian hidung dan dagu. Timbulnya komedo disinyalir disebabkan karena pori-pori yang tersumbat. Selain itu, komedo juga bisa muncul karena penggunaan make up bahkan paparan sinar matahari.

Karena itulah, penting bagi kamu untuk menggunakan sunscreen jika tak ingin memiliki banyak komedo di wajah. Tapi pastikan untuk menggunakan produk sunscreen yang cocok untuk jenis kulitmu ya.

7. Cegah Terjadinya Kanker Kulit dengan Menggunakan Sunscreen


Cegah Terjadinya Kanker Kulit dengan Menggunakan Sunscreen

Seperti yang telah dijelaskan di awal, radiasi sinar matahari dapat menyebabkan berbagai masalah kulit. Salah satunya adalah merusak jaringan sel kulit yang berpeluang menyebabkan terjadinya kanker kulit.

Bahkan American Cancer Society memperkirakan kematian yang disebabkan karena kanker kulit cukup tinggi. Sebab ada sekitar 9.320 orang yang meninggal karenanya.

Tapi tidak perlu khawatir dulu. Kamu bisa mencegah terjadinya kanker kulit dengan menggunakan sunscreen setiap hari. Hal ini disebabkan karena manfaatnya untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Demikian 7 manfaat sunscreen untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Jika kamu ingin tampil cantik dengan menggunakan produk aman dan murah, simak artikel ini. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai kesalahan dalam mencuci wajah yang bisa menimbulkan berbagai masalah kulit.

You can share this post!

Related Posts