Dirawat Intensif di Rumah Sakit, BJ Habibie Salat Sambil Berbaring
Nasional

Mantan Menteri Negara Perumahan Rakyat dan Permukiman Indonesia pada era Presiden Habibie, Theo L. Sambuaga, mengunjungi Presiden RI ke-3 tersebut dan menceritakan kondisinya.

WowKeren - Kesehatan Presiden RI ke-3, BJ Habibie, sempat menurun hingga harus dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh asisten pribadi Habibie, Rubijanto.

Mantan Menteri Negara Perumahan Rakyat dan Permukiman Indonesia pada era Presiden Habibie, Theo L. Sambuaga, lantas menjenguknya di RSPAD Gatot Soebroto. Theo menjelaskan bahwa kondisi Habibie kini terus mengalami peningkatan dan sudah melewati masa kritis.


"Katanya dokter bilang begitu (sudah lewat masa kritis)," tutur Theo usai menjenguk Habibie pada Selasa (10/9). Theo lantas menuturkan bahwa dirinya sempat melihat Habibie menunaikan ibadah salat zuhur dari atas ranjang.

"Saya sempat melihat dan kita melihat dari kaca," jelas politikus senior Partai Golkar tersebut. "Pak Habibie sempat salat, salat sambil baring."

Sementara itu, sejumlah tokoh juga telah mengunjungi Habibie. Salah satunya adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Usai mengunjungi Habibie pada hari ini, Anies menjelaskan bahwa kondisi Presiden RI ke-3 tersebut tak memungkinkannya untuk berbicara. Namun Anies yakin bahwa Habibie masih bisa mendengarkan percakapan yang berlangsung di sekitar ruangan.

"Tapi beliau sadar mendengar tapi tidak berkomunikasi," terang mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tersebut. "Karena ada alat-alat juga yang dipasang di situ."

Selain Anies, Presiden Joko Widodo sendiri juga telah menjenguk Habibie pada Senin (9/9). Dikutip dari siaran pers Istana, Presiden Jokowi yang didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno tiba di rumah sakit sekitar pukul 18.23 WIB.

Di sisi lain, sempat beredar hoaks yang menyebutkan bahwa Habibie telah meninggal dunia pada Selasa (10/9) dini hari. Kabar hoaks tersebut juga sudah dibantah tegas oleh Rubijanto sang asisten.

"Pagi ini beredar berita hoaks, hoaks!!" kata Rubijanto melalui pesan singkat, Selasa (10/9). "Beliau (Habibie) dalam keadaan aman terkendali. Terima kasih."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts