Gejala BPD dan Bipolar Berbeda
Health

Ariel Tatum beberapa waktu lalu mengungkapkan rahasianya bahwa dirinya menderita Borderline Personality Disorder (BPD). Jika dilihat sekilas, BPD ini sama dengan Bipolar. Lalu bagaimana membedakannya?

WowKeren - BPD yang juga sering disebut gangguan kepribadian ambang merupakan suatu kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan dalam mengontrol emosinya. Hal ini menyebabkan mereka memiliki perubahan mood yang cepat, tidak percaya diri, dan sulit menjalin hubungan sosial.

Mereka yang memiliki jenis kepribadian ini akan memiliki gejala berupa ketidakstabilan mood (adanya perasaan cemas, tidak nyaman yang dapat berlangsung selama beberapa jam dan terjadi dalam beberapa hari), perasaan kosong atau hampa, kesulitan untuk mengontrol emosi, seringkali marah dan sering terlibat dalam perkelahian, melakukan tindakan-tindakan yang dapat membahayakan diri sendiri, atau berpikir dan merencanakan tindakan yang membahayakan diri sendiri. Hal ini berbeda dengan gejala yang ditemui dalam penderita Bipolar.

Bipolar disorder sendiri merupakan jenis gangguan yang rumit, menyebabkan perubahan mood yang sangat ekstrem. Dari episode mania (sangat bersemangat dan aktif) menjadi episode depresi (sangat sedih, putus asa, dan tidak bertenaga).

Bila pasien sedang dalam episode mania, pasien akan mengalami gejala seperti rasa percaya diri yang tinggi, bahkan hingga berlebihan, tidak tidur bahkan bisa tidur hanya tiga jam saja dalam sehari, menjadi sangat aktif berbicara dan bicaranya sangat cepat dan susah diikuti. Gejala ini terjadi minimal selama seminggu dan menyebabkan terganggunya kehidupan sosial dan kehidupan sehari-hari pasien Bila pasien sedang dalam episode depresi, pasien akan mengalami perasaan tidak bersemangat, penurunan berat badan walaupun pasien tidak diet, merasa lelah sepanjang hari hingga merasa tidak berguna dan putus asa.

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait