Tak Hanya Ampuh Cegah Kanker, Ini 7 Manfaat Luar Biasa Air Rebusan Jahe untuk Kesehatan
Health

Jahe memiliki banyak sekali kandungan baik yang bermanfaat untuk kesehatan. Karena itulah jahe telah digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Mau tahu apa saja manfaat air rebusan jahe untuk kesehatan? Berikut informasinya.

WowKeren - Sejak dulu, jahe dikenal sebagai bahan alami yang memiliki banyak sekali kandungan baik yang bermanfaat untuk kesehatan. Mulai dari gingerol, senyawa bioaktif, kalium, mangan, tembaga dan magnesium. Karena itulah jahe memiliki manfaat anti radang dan anti inflamasi yang dipercaya ampuh digunakan untuk pengobatan.

Untuk memanfaatkan jahe sebagai obat herbal, kita harus merebusnya terlebih dahulu. Biasanya akan lebih bermanfaat jika diminum rutin sebelum tidur malam. Mau tahu apa saja manfaat jahe untuk kesehatan? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Lawan Kanker dengan Mengkonsumsi Air Rebusan Jahe


Lawan Kanker dengan Mengkonsumsi Air Rebusan Jahe

Jahe memiliki kemampuan untuk melawan peradangan yang berperan untuk mencegah datangnya berbagai penyakit kronis, termasuk kanker. Karena itu, meminum air rebusan jahe secara teratur bisa menurunkan risiko terserang kanker.

Hal ini dikarenakan air rebusan jahe memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Untuk itu, sebaiknya konsumsi air rebusan jahe pada malam hari sebelum tidur atau saat pagi hari ya.

2. Air Rebusan Jahe Berguna untuk Mengendalikan Kadar Gula sehingga Baik untuk Penderita Diabetes


Air Rebusan Jahe Berguna untuk Mengendalikan Kadar Gula sehingga Baik untuk Penderita Diabetes

Ada banyak sekali penelitian yang menyatakan kalau jahe mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu, jahe juga bisa membantu mengatur respon insulin pada penderita diabetes. Penelitian lainnya yang dilakukan pada orang dewasa dengan diabetes tipe 2 mengungkapkan bahwa bubuk jahe menurunkan kadar gula darah hingga 12 persen.

Menariknya lagi, sifat anti radang dalam jahe juga bisa mencegah komplikasi diabetes, seperti retinopi, penyakit jantung hingga stroke. Manfaat ini akan lebih terasa jika kita mencampur air jahe dengan bubuk kayu manis.

3. Perkuat Sistem Pencernaanmu dengan Mengkonsumsi Air Jahe Secara Rutin


Perkuat Sistem Pencernaanmu dengan Mengkonsumsi Air Jahe Secara Rutin

Jika kamu memiliki gangguan pencernaan, coba konsumsi air rebusan jahe untuk mengatasinya. Sebab minum segelas air jahe setiap hari bisa membantu memperkuat sistem pencernaan dan mencegah munculnya gangguan pencernaan dan mulas.

Dengan mengkonsumsi air jahe secara rutin di malam hari, gangguan pencernaan seperti sembelit bisa diringankan dan dicegah. Selain itu, air rebusan jahe juga bisa meringankan mual pada ibu hamil, pasien yang baru saja melakukan operasi dan pasien yang sedang menjalani kemoterapi.

4. Rutin Minum Air Jahe Bisa Mencegah Penuaan Dini dan Mengurangi Risiko Terserang Alzheimer


Rutin Minum Air Jahe Bisa Mencegah Penuaan Dini dan Mengurangi Risiko Terserang Alzheimer

Dengan mengkonsumsi air rebusan jahe secara rutin di malam hari, tanda-tanda penuaan dini akan berkurang. Karena malam hari adalah waktu yang tepat untuk tubuh beristirahat, sehingga khasiat jahe untuk mencegah penuaan bisa semakin efektif.

Selain itu air rebusan jahe juga ampuh untuk mengurangi risiko terserang penyakit alzheimer. Telah dibuktikan secara ilmiah bahwa jahe bisa membantu memperlambat degradasi sel-sel otak yang bisa menyebabkan alzheimer. Para peneliti juga menemukan jika antioksidan dan senyawa kuat dalam jahe mampu melawan respon peradangan yang terjadi di otak.

5. Sering Mengalami Nyeri Sendi dan Otot? Ringankan Saja dengan Minum Air Rebusan Jahe


Sering Mengalami Nyeri Sendi dan Otot? Ringankan Saja dengan Minum Air Rebusan Jahe

Jahe mengandung sejumlah komponen aktif seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron yang dapat menurunkan zat alami pemicu peradangan dalam tubuh. Selain itu, jahe juga mengandung oleoresin yang bekerja melawan peradangan.

Karena sejumlah kandungan itu, air rebusan jahe dapat membantu mencegah dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh nyeri sendi osteoarthritis dan rematik. Karena itu sebaiknya konsumsi air jahe secara rutin hingga 11 hari setelah olahraga atau cedera otot. Dengan begitu, masalah sendi yang kamu alami akan sembuh secara perlahan.

6. Ingin Menurunkan Berat Badan? Minum Saja Air Rebusan Jahe Secara Rutin


Ingin Menurunkan Berat Badan? Minum Saja Air Rebusan Jahe Secara Rutin

Air rebusan jahe dipercaya dapat menurunkan berat badan secara alami dan aman. Sebuah artikel dari British Journal of Nutrition melaporkan bahwa jahe mampu mengendalikan kadar gula dalam darah dan kolesterol, serta meningkatkan laju metabolisme. Dengan demikian, tubuh akan bekerja lebih efektif dalam membakar lemak.

Penelitian lainnya yang dilakukan pada 10 pria melaporkan bahwa rutin minum air jahe panas setelah sarapan bisa menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama. Studi lainnya juga mengemukakan bahwa jahe dapat membantu mengurangi nafsu makan. Dengan demikian, air rebusan jahe bisa menurunkan berat badan secara alami.

7. Ingin Menyehatkan Rambut dan Kulit? Jangan Lupa Untuk Minum Air Rebusan Jahe Ya


Ingin Menyehatkan Rambut dan Kulit? Jangan Lupa Untuk Minum Air Rebusan Jahe Ya

Jahe memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang tinggi. Karena itu minum air rebusan jahe dapat membuat kulit tampak lebih berkilau. Karena sifat anti bakterinya, jahe juga bisa membantu mnegobati dan mencegah penyakit kulit. Selain itu, jahe juga mengandung vitamin A dan C yang bisa meningkatkan tekstur rambut.

Demikian tujuh manfaat air rebusan jahe untuk kesehatan yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui manfaat air rebusan daun mangga untuk kesehatan. Selain itu kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui sejumlah manfaat baik buah pisang untuk kesehatan.

You can share this post!

Related Posts