Konsumsi 8 Makanan Ini Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Biar Terhindar dari Penyakit!
Health

Menjaga sistem imun tubuh sangat penting dilakukan agar kita selalu sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi beberapa makanan sehat seperti berikut ini.

WowKeren - Saat ini cuaca sedang tidak menentu. Tidak jarang tubuh akan diterpa hujan deras yang bisa terjadi kapanpun dan dimanapun. Kondisi ini bisa menyebabkan tubuh terserang oleh berbagai jenis penyakit. Karena itulah kita perlu memperkuat sistem kekebalan atau sistem imun tubuh.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat sistem imun tubuh. Mulai dari menjaga pola hidup sehat, menjaga pola tidur hingga menghindari stres. Selain itu, ada juga cara ampuh yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat sistem imun tubuh. Yaitu dengan mengkonsumsi beberapa makanan sehat seperti berikut ini.

(wk/eval)

1. Kandungan Vitamin C di Dalam Jeruk Ampuh Untuk Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh


Kandungan Vitamin C di Dalam Jeruk Ampuh Untuk Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Jeruk dikenal sebagai salah satu buah yang memiliki kadar vitamin C yang tinggi. Hal ini membuat jeruk dianggap sebagai makanan penjaga sistem kekebalan tubuh terbaik. Vitamin C memiliki fungsi sebagai antioksidan, sehingga bisa mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem pernafasan dan mempercepat penyembuhan terhadap penyakit-penyakit lainnya.

Ada beberapa kandungan lain di dalam buah jeruk yang cukup berkhasiat, yakni serat, kalium, magnesium dan kalsium. Kandungan tersebut memiliki nutrisi penting untuk memperkuat tulang, otot dan membantu mengelola sistem saraf. Karena itulah sebaiknya perbanyak konsumsi jeruk jika ingin menjaga kekebalan tubuh dengan baik.

2. Bawang Putih Juga Berkhasiat Untuk Menjaga Sistem Imun Tubuh Karena Kandungan yang Dimilikinya


Bawang Putih Juga Berkhasiat Untuk Menjaga Sistem Imun Tubuh Karena Kandungan yang Dimilikinya
Unsplash/Ramón Salinero

Bawang putih dikenal sebagai salah satu bumbu dapur dengan banyak manfaat, termasuk untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Manfaat ini didapat dari adanya zat allicin di dalamnya yang bisa merangsang aktivitas dan produksi sel darah putih agar sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik.

Selain itu, bawang putih juga mengandung zat yang bisa membasmi bakteri, virus dan parasit. Menariknya lagi, sifat anti peradangan dan antioksidan yang dimilikinya bisa menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.

3. Probiotik yang Terkandung di Yoghurt Sangat Baik Untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh


Probiotik yang Terkandung di Yoghurt Sangat Baik Untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Yoghurt dikenal sebagai makanan yang kaya akan probiotik. Probiotik sendiri merupakan bakteri baik yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghalau infeksi bakteri penyebab penyakit tertentu, seperti diare, infeksi saluran kemih dan ISPA.

Cara kerja yoghurt untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh sendiri adalah dengan membuat saluran pencernaan tidak mengalami gangguan. Dengan demikian, produk olahan susu ini bisa membuat pencernaan selalu sehat dan kamu tidak mudah mengalami sembelit.

4. Buah dan Sayur Adalah Makanan yang Sangat Baik untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Buah dan Sayur Adalah Makanan yang Sangat Baik untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah dan sayur telah lama dikenal sebagai makanan sehat dengan beragam manfaat, termasuk untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Terutama untuk buah-buahan berwarna cerah yang kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral. Contohnya adalah pepaya, lemon, cabai, paprika, kiwi, mangga, jambu dan stroberi.

Adapun jenis sayur yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh adalah brokoli dan bayam. Hal ini dikarenakan brokoli kaya akan serat, antioksidan, vitamin A, C dan E. Sedangkan bayam mengandung banyak beta karoten serta vitamin A dan C yang efektif untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

5. Mengkonsumsi Teh Hijau Secara Rutin Bisa Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Mengkonsumsi Teh Hijau Secara Rutin Bisa Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Unsplash

Teh hijau mengandung zat flavanoid yang merupakan antioksidan yang sangat hebat. Karena itulah flavanoid sangat cocok untuk mencegah berbagai penyakit ringan seperti flu dan batuk. Untuk meningkatkan sistem imun dengan teh hijau, sebaiknya minum teh ini hingga 2-3 cangkir setiap harinya. Agar hasilnya lebih maksimal dan rasanya lebih lezat, kamu bisa menambahkan jeruk, lemon atau daun mint.

6. Ingin Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh? Maka Perbanyaklah Konsumsi Daging Ayam


Ingin Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh? Maka Perbanyaklah Konsumsi Daging Ayam

Daging ayam kaya akan kandungan vitamin B-6 yang sangat penting dalam pembentukan sel darah merah yang baru. Karena kandungan nutrisinya itu, ayam bisa membantu tubuh bangkit kembali setelah terserang penyakit. Sehingga tidak heran jika kita sering menemui sup ayam sebagai makanan wajib di rumah sakit.

Selain ayam, jamur juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Pasalnya tanaman satu ini bersifat antimikroba dan antiviral serta mengandung potassium. Dengan kandungan tersebut, jamur bisa mengelola cairan tubuh, membantu menyeimbangkan tekanan darah, mempercepat metabolisme dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

7. Makanan Laut dan Makanan yang Mengandung Zat Besi Juga Ampuh Untuk Menjaga Sistem Imun Tubuh


Makanan Laut dan Makanan yang Mengandung Zat Besi Juga Ampuh Untuk Menjaga Sistem Imun Tubuh

Makanan laut diketahui mengandung sejumlah nutrisi penting seperti protein, omega-3, asam lemak tak jenuh (PUFA), serta vitamin dan mineral. Kandungan ini penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat.

Selain itu, makanan yang kaya dengan zat besi juga sangat baik untuk menjaga sistem imun tubuh. Pasalnya zat besi dipercaya mampu mencegah anemia dan dapat memberi suplai energi pada tubuh. Di antara makanan yang kaya akan kandungan zat besi adalah daging merah, ikan laut, sayuran hijau dan ayam.

8. Almond, Camilan yang Bisa Mendongkrak Sistem Imun Tubuh


Almond, Camilan yang Bisa Mendongkrak Sistem Imun Tubuh

Makanan berikutnya yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah kacang almond. Hal ini dikarenakan almond mengandung vitamin E larut lemak yang dapat terserap sempurna oleh tubuh. Dan sama halnya dengan vitamin C, vitamin E juga memiliki peran penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Demikian delapan makanan penguat sistem imun yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui bahaya memelihara kucing untuk kesehatan. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips tetap sehat saat bepergian ke luar negeri.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru