Bagaimana Cara Penularan Hantavirus ke Manusia? Samakah dengan Corona?
Health

Wabah Corona belum usai, belum lama ini Tiongkok dihebohkan dengan hantavirus. Lantas, apa itu hantavirus? Bagaimana proses penularannya dan bagaimana gejala yang dialami penderita jika terinveksi oleh virus ini? Berikut informasinya.

WowKeren - Kabar baiknya, penularan hantavirus tak semudah Corona. Jika Corona dapat bertranmisi atau menular dari manusia ke manusia melalui droplet, beda halnya dengan hantavirus. Sebab sumber penularannya hanya satu, yakni kontak dengan tikus pembawa hantavirus. Karena itulah penyakit ini tidak bisa merebak dengan cepat, terutama di tempat dengan sanitasi yang baik.

Ada beberapa cara penularan hantavirus ke manusia. Pertama jika tikus menggigit seseorang, bisa jadi virus yang dibawanya menyebar ke orang tersebut. Kedua, para ilmuwan percaya bahwa orang dapat tertular hantavirus jika menyentuh benda yang telah terkontaminasi urin, kotoran, atau air liur tikus pembawa hantavirus. Tanpa mencuci tangan lebih dulu, orang tersebut langsung menyentuh mulut dan hidung. Ketiga, ilmuwan juga memperkirakan jika seseorang dapat terinveksi hantavirus jika dia memakan makanan yang telah terkontaminasi oleh air kencing, kotoran atau air liur tikus yang terinveksi hantavirus.

Sebagai contoh kasus yang terjadi di Amerika Serikat menunjukkan bahwa orang yang terinfeksi hantavirus tidak menularkan ke manusia lainnya. Sedangkan beberapa kasus penularan dari orang ke orang yang terjadi di Chili dan Argentina saat seseorang melakukan kontak dengan pasien terinveksi sejenis hantavirus sebenarnya adalah karena virus Andes.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait