Tetap Di Rumah Aja! Berikut Rekomendasi 8 Kegiatan Ngabuburit Seru Selama Pandemi COVID-19
Lifestyle
Puasa Di Tengah Corona

Meskipun cuma di rumah saja, kalian masih bisa melakukan beragam kegiatan menarik untuk mengatasi rasa bosan. Beberapa kegiatan seru ini bisa kalian lakukan di rumah baik bersama keluarga atau sendirian saja.

WowKeren - Biasanya, kegiatan menunggu waktu berbuka atau kerap disebut ngabuburit selalu dihabiskan dengan kumpul-kumpul teman, berburu takjil atau berbuka bersama dengan kawan lama. Namun pandemi COVID-19 memberi imbas cukup besar di berbagai sektor dan menghambat banyak aktivitas di luar ruangan.

Berbagai wilayah di Indonesia memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) demi mengurangi angka penyebaran virus COVID-19. Hal ini yang membuat masyarakat tak bisa dengan leluasa beraktivitas di luar rumah untuk ngabuburit.


Namun enggak usah khawatir, meskipun cuma di rumah saja, kalian masih bisa melakukan beragam kegiatan menarik untuk mengatasi rasa bosan. Beberapa kegiatan yang tim WowKeren rekomendasikan ini bisa kalian lakukan di rumah baik bersama keluarga atau sendirian saja. Penasaran? Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Nonton Film


Nonton Film

Malas beraktivitas tetapi tidak mau ketiduran dan terlewat waktu berbuka puasa? Kalau begitu kalian bisa coba nonton film atau serial yang direkomendasikan beberapa teman atau sahabat kalian. Kalian bisa memulai menonton bersama keluarga setelah sholat Ashar.

Dengan menonton film favorit, ngabuburit pasti lebih seru dan mengasyikan dan menunggu waktu berbuka puasa juga jadi tidak terasa lama. Bisa saja, baru menikmati beberapa episode pasti kalian sudah sudah dipanggil untuk menyantap camilan berbuka puasa.

2. Video Call Teman Atau Keluarga


Video Call Teman Atau Keluarga

Meski tidak diperbolehkan bertatap muka secara langsung, silaturahmi tetap harus terjalin apalagi di bulan suci Ramadan ini. Kalian bisa memanfaatkan momen ngabuburit dengan video call bersama teman. Aktivitas satu ini tentu membawa rasa bahagia tersendiri sekaligus mengusir rasa sepi selama di rumah saja.

Cobalah mengajak teman-teman untuk video call lewat beberapa aplikasi yang ada di smartphone. Untuk kalian yang tinggal jauh dari keluarga, jangan ragu untuk menghubungi orang tua di rumah. Kalian pasti kangen melihat kegiatan orang-orang tersayang menjelang berbuka puasa. Dijamin, momen ngabuburit makin tak terasa karena obrolan yang seru.

3. Mencoba Resep Masakan Untuk Berbuka


Mencoba Resep Masakan Untuk Berbuka

Jika kalian tak bisa berburu takjil lezat dan unik saat pandemi, kenapa tak mencoba membuatnya sendiri? Coba untuk berkreasi mempersiapkan menu berbuka puasa yang lezat dan unik. Kalian bisa mencoba berbagai resep camilan berbuka puasa yang ada di Internet.

Saat ini banyak tutorial masak yang bertebaran di media sosial termasuk YouTube yang bisa dengan mudah kalian contoh. Nah, hal ini pun bisa dijadikan sebagai ajang untuk mengembangkan kemampuan kalian dalam memasak. Kalian juga bisa berhemat karena tak perlu mengeluarkan uang untuk berbuka puasa.

4. Main Game


Main Game

Cara mengisi waktu ngabuburit di rumah yang paling ampuh adalah mencari permainan seru supaya kamu terhindar dari perasaan bosan saat menunggu waktu berbuka puasa tiba. Ada beberapa pilihan permainan yang sangat seru bila kamu mainkan bersama keluarga di rumah seperti UNO, ular tangga, monopoli maupun ludo.

Atau kalian juga bisa bermain permainan online yang banyak tersedia di Internet. Kalian bisa mengajak teman-teman atau keluarga untuk bermain bersama sehingga tak merasa kesepian ataupun bosan. Dengan permainan tersebut suasana hangat dalam keluarga jadi lebih terasa. Bisa-bisa kalian tidak sadar kalau adzan sudah berkumandang karena keseruan bermain game.

5. Berkebun


Berkebun

Kegiatan berkebun sebagai ide aktivitas ngabuburit ini tidak hanya seru, tetapi juga bisa menjadi momen mengajari anak untuk disiplin dan mencintai lingkungan sejak dini. Kalian tidak harus memiliki halaman rumah, karena ada beberapa tanaman yang bisa dirawat di dalam ruangan tanpa membutuhkan banyak sinar matahari dan air.

Cobalah berkebun sambil memperkenalkan berbagai jenis bunga atau sayur pada anak agar wawasannya semakin luas. Kenalkan juga alat-alat berkebun seperti pupuk, sekop atau bibit bunga. Ketika waktu buka puasa telah tiba, jangan lupa ajak Si Kecil mencuci tangannya terlebih dahulu sebelum menyantap hidangan buka puasa ya.

6. Melakukan Perawatan Diri


Melakukan Perawatan Diri

Manfaatkan waktu ngabuburit di rumah dengan melakukan perawatan kulit yang tidak sempat kalian lakukan karena sibuk WFH. Kalian bisa bersantai sambil menggunakan masker wajah, masker rambut, atau pijat-memijat. Kalian juga bisa melakukannya dengan buah hati atau keluarga lain.

Misalnya, kalian bisa membuka spa mini dengan buah hati sambil memberikan Si Kecil pijat refleksi menggunakan minyak alami seperti minyak zaitun atau biji bunga matahari. Dengan kegiatan ini, Si Kecil juga merasa lebih rileks, dan kegiatan ini juga cukup menghabiskan banyak waktu sembari menunggu berbuka puasa.

7. Olahraga


Olahraga

Meski sedang puasa, namun hal itu bukan alasan kalian malas-malasan dalam berolahraga. Kalian masih tetap bisa olahraga di bulan Ramadan ini. Tujuannya supaya tubuh tetap sehat dan tidak mudah sakit. Pilih kegiatan olahraga yang lebih mudah dan santai dilakukan di rumah.

Waktu satu jam sebelum berbuka dianggap tepat karena suasana tidak terlalu panas. Anda bisa melakukan jogging ringan atau stretching di rumah saja. Kalian juga bisa mencoba yoga atau work out untuk mengencangkan otot-otot tubuh.

8. Membaca Dan Hafalan Al-Quran


Membaca Dan Hafalan Al-Quran

Bulan Ramadan menjadi momen di mana umat Muslim mengamalkan ibadahnya kepada Allah SWT, termasuk melaksanakan ibadah sunnah seperti shalat Tarawih, atau juga mengaji. Tidak ada yang lebih baik selain menunggu waktu berbuka puasa dengan membaca ayat-ayat suci Al-Quran.

Ajak keluarga lain untuk ikutan tadarusan. Selain pahala yang berkali lipat, kalian dan keluarga juga bisa lebih menghayati ibadah puasa yang sedang dilakukan. Kalian bisa mengajari Si Kecil mengaji atau membacakan surat-surat pendek sebagai ide ngabuburit di bulan puasa nanti.

Intip juga yuk beberapa tips berolahraga di bulan ramadan agar tubuh tetap sehat dan bugar di sini. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips agar tubuh tetap bugar selama puasa.

You can share this post!

Related Posts