Siap 'Berdamai' Dengan COVID-19, 8 Hal Ini Perlu Dipersiapkan Untuk Hadapi New Normal
Health

New normal ini berarti semua kegiatan ekomoni, pendidikan, maupun sektor-sektor lain dalam kehidupan sudah dipersiapkan agar bisa kembali bergeliat. Namun sistem ini memiliki modifikasi tertentu agar penyebaran penyakit ini bisa tetap berkurang.

WowKeren - Sejak pandemi COVID-19 melanda Indonesia, banyak himbauan untuk tetap berdiam diri di rumah agar penularan tak semakin meluas. Namun, himbauan itu kini sudah berganti menjadi ajakan untuk berdamai dengan virus corona dengan istilah New Normal.

New normal ini berarti semua kegiatan ekomoni, pendidikan, maupun sektor-sektor lain dalam kehidupan sudah dipersiapkan agar bisa kembali bergeliat. Namun sistem ini memiliki modifikasi tertentu agar penyebaran penyakit ini bisa tetap berkurang. Hal ini karena meski mall, sekolah, dan tempat-tempat publik lainnya sudah kembali dibuka, virus corona masih tetap ada. Jadi, kalian tetap tidak bisa melakukan semua kegiatan seperti sebelum pandemi terjadi.


Jika tiba waktunya, kalian harus siap kembali bekerja di kantor atau kembali bersekolah namun pencegahan penyebaran COVID-19 jangan menjadi kendur. Saat menjalani new normal nanti, jangan sampai kita justru tertular atau menularkan penyakit ini ke orang lain.

Untuk itu, berikut tim WowKeren rangkum beberapa hal yang wajib kalian persiapkan sebelum menghadapi sistem new normal ini. Penasaran apa saja? Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Pastikan Sistem Imun Tubuh Terjaga


Pastikan Sistem Imun Tubuh Terjaga

Hal paling utama yang harus dipersiapkan ketika harus menjalani new normal yaitu secara fisik. Fisik menjadi hal yang paling penting agar dapat berperang menghadapi virus corona. Saat fisikmu baik, tubuh akan membangun imun yang akan melindungi dari bahaya paparan virus.

Untuk itu kalian bisa mengkonsumsi makanan yang bergizi dan vitamin khususnya vitamin C agar imun tubuh selalu terjaga. Selain makanan, olahraga dan istirahat yang cukup juga mengambil andil dalam meningkatkan imun tubuh. Jangan lupa minum vitamin harian agar tubuh senantiasa sehat.

2. Selalu Jaga Jarak dan Kebersihan


Selalu Jaga Jarak dan Kebersihan

Kunci utama menangkal penularan virus corona adalah menjaga kebersihan tubuh dan barang kalian. Pastikan kalian juga memperhatikan protokol menjaga jarak. Jauhi kerumunan dan untuk sementara jangan berkumpul.

Saat berada di kantor, buat jarak dengan rekan kerja untuk kebaikan bersama. Pastikan juga kalian rutin mencuci tangan selama berada di luar serta membersihkan tubuh dan pakaian saat kembali ke rumah.

3. Tetap Perhatikan Cara Mencuci Tangan Yang Benar


Tetap Perhatikan Cara Mencuci Tangan Yang Benar

Mungkin kalian hanya fokus pada menggunakan masker saja. Namun, selain menggunakan masker, kalian juga perlu memerhatikan cara mencuci tangan. Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir merupakan salah satu cara paling efektif mencegah penyebaran berbagai virus.

Perhatikanlah cara kalian mencuci tangan. Pertama basuh tangan dengan air mengalir. Tuang sabun pada telapak tangan dan gosokan. Gosokan juga pada punggung tangan serta sela jari. Genggam ibu jari dan gosok secara memutar. Gosokan ujung jari ke telapak tangan. Gosok kembali telapak tangan dan bilas dengan air. Keringkan tangan dengan tisu atau lap sekali pakai

4. Hindari Kontak Fisik Dengan Orang Lain Atau Rekan Kerja


Hindari Kontak Fisik Dengan Orang Lain Atau Rekan Kerja

Saat new normal nanti, kalian dituntut kembali ke kantor maupun sekolah dan berinteraksi dengan kawan. Untuk itu kalian harus membatasi adanya kontak fisik yang tak terlalu penting seperti berjabat tangan.

Berjabat tangan atau bersalaman kini tak dianjurkan. Kalian bisa mencari pengganti jabat tangan agar tetap bisa saling menyapa dengan orang lain. Salah satunya adalah salam siku yakni menempelkan bagian siku dengan orang yang akan disapa. Atau juga salam namaste yakni menelungkupkan kedua telapak tangan di depan dada.

5. Selalu Bawa Alat Kebersihan Diri


Selalu Bawa Alat Kebersihan Diri

Karena sering berada di luar ruangan, kalian juga wajib membawa alat kebersihan diri pribadi. Meski sudah dipersiapkan di beberapa titik tempat umum, lebih baik kalian membawa sendiri agar terjamin kebersihannya.

Kalian wajib membawa barang-barang kebersihan diri seperti masker, hand sanitizer, sanitizer wipes di dalam tas selama berkegiatan di luar rumah. Hal ini berguna sebagai perisai agar virus tak mudah menyerang kalian.

6. Gunakan Alat Makan Dan Minum Sendiri


Gunakan Alat Makan Dan Minum Sendiri

Saat new normal, kalian disarankan membawa alat makan sendiri. Dengan begitu, kalian dapat menurunkan risiko penularan COVID-19. Selain itu, kalian juga dapat terhindar dari berbagai penyakit yang mengancam kesehatan di kala berbagi barang dengan orang lain seperti TBC hingga herpes.

Hal yang perlu diingat adalah segera cuci alat makan kalian ketika usai digunakan. Alat makan yang kotor akan memicu berbagai kuman dan bakteri untuk bersarang di tempat makan kalian.

7. Perhatikan Cara Mencuci Masker Yang Benar


Perhatikan Cara Mencuci Masker Yang Benar

Kelangkaan masker medis membuat masyarakat menggunakan masker kain saat beraktivitas. Saat menggunakan masker kain, kalian perlu memerhatikan cara mencucinya agar terbebas dari virus corona. Perlu diingat masker tak bisa sembarangan dicuci karena bisa jadi virus penyakit masih tertinggal.

Untuk mencucinya, siapkan air panas dengan suhu 60 hingga 65 derajat celcius. Tambahkan deterjen, jika bisa tambahkan sabun antibakteri. Rendam masker kain dan kucek maker hingga kotoran luruh. Bilas di bawah air mengalir, hingga busa menghilang. Keringkan dan jemur masker di bawah sinar matahari atau gunakan mesin pengering dengan suhu tinggi untuk membasmi patogen yang tersisa.

8. Ikuti Protokol Kesehatan Ketika Sehabis Beraktivitas Diluar Rumah


Ikuti Protokol Kesehatan Ketika Sehabis Beraktivitas Diluar Rumah

Setelah berkegiatan di luar rumah, kalian sebaiknya lakukan beberapa langkah protokol kesehatan ketika sampai di rumah setelah bepergian, terutama di tengah wabah virus corona. Hal ini wajib kalian lakukan agar anggota keluarga di rumah tak tertular virus.

Salah satu langkahnya adalah melepas pakaian yang digunakan selama berkegiatan di luar rumah. Lekaslah mandi dan bersihkan tubuh secara keseluruhan. Bersihkan barang-barang yang digunakan saat berkegiatan di luar rumah dengan sanitizer wipes. Jangan lupa jaga pola makan dan rutin konsumsi vitamin.

Untuk protokol kesehatan saat pulang dari bepergian yang lebih lengkap, kalian bisa melihatnya melalui artikel berikut. Intip juga beberapa tips yang perlu kalian lakukan untuk membuat desinfektan mandiri di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait