Enak dan Murah Meriah, 8 Camilan Berbahan Dasar Mi Instan Ini Bisa Kalian Buat Sendiri di Rumah
Kuliner

Jika kamu bosan saat terlalu lama menghabiskan waktu di rumah selama Pandemi Corona, tak ada salahnya untuk berkreasi membuat camilan enak dari mi instan. Simak beberapa di antaranya berikut ini.

WowKeren - Mi instan menjadi salah satu makanan yang memiliki cukup banyak penggemar dari segala usia. Makanan satu ini tak hanya lezat, tapi juga mudah dibuat dan kerap dijadikan andalan saat dompet sedang menipis.

Meski saat ini mi instan telah menawarkan beragam rasa yang menggugah selera, tidak sedikit orang yang merasa bosan dan ingin mencoba varian berbeda. Apa kamu juga merasakan hal ini? Jika iya, maka tak ada salahnya untuk berkreasi membuat camilan lezat dengan menggunakan mi instan sebagai bahan utama.

Terutama jika saat ini kamu sedang menghabiskan waktu lebih banyak di rumah selama Pandemi Corona, membuat camilan sendiri bisa kamu lakukan untuk membunuh waktu sekaligus berhemat. Langsung saja yuk simak beberapa rekomendasi camilan lezat berbahan dasar mi instan yang bisa kamu buat dengan mudah di rumah dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Mi Gulung Sosis


Mi Gulung Sosis

Kamu pasti sudah tidak asing dengan camilan satu ini. Ya, mi gulung sosis seolah menjadi camilan yang tak lekang ditelan zaman. Jujur saja, saat kecil kamu pernah memakannya bukan? Kalau dulu ibumu yang membuatkan camilan ini, sekarang gantian kamu yang membuatkannya untuk ibu maupun anak-anaknmu. Selain cara pembuatannya yang mudah, bahan yang diperlukan juga cukup sederhana. Yakni sebungkus mi instan, sosis dan minyak goreng.

Pertama rebus mi instan sampai matang dan potong-potong sosis sesuai selera. Tiriskan mi setelah matang, tunggu sampai dingin lalu taburi dengan bumbunya. Setelah itu lilit mi tersebut pada sosis dan biarkan kedua ujung sosis tetap terlihat. Kemudian goreng sosis yang telah dililit dengan mi pada minyak panas sampai warnanya berubah kecokelatan. Terakhir, angkat mi gulung sosis dari penggorengan dan nikmati dengan saus sambal.

2. Bola-Bola Mi


Bola-Bola Mi

Camilan lezat berikutnya yang bisa kamu buat sendiri di rumah adalah bola-bola mi. Makanan satu ini cocok banget dinikmati bersama keluarga saat menghabiskan waktu santai bersama. Untuk membuatnya ada beberapa bahan yang harus kamu siapkan. Di antaranya adalah sebungkus mi instan yang sudah direbus dan dicampur dengan bumbunya, 2 sendok makan tepung terigu, wortel yang telah diiris tipis serta 1 butir telur.

Cara pembuatannya pun cukup mudah. Pertama, potong-potong mi yang telah direbus dengan ukuran sedang. Setelah itu aduk mi dengan bumbunya, tepung terigu, wortel dan telur dalam wadah yang sama. Setelah tercampur rata, bentuk adonan tersebut menjadi bulat lalu goreng bola-bola tersebut sampai berwarna kecokelatan. Terakhir, angkat dan tiriskan bola-bola mi tersebut lalu sajikan dengan saus sambal agar lebih nikmat.

3. Burger Mi


Burger Mi

Burger merupakan salah satu camilan favorit banyak orang. Makanan yang terdiri dari kombinasi roti, daging, sayuran dan saus ini menghasilkan cita rasa lezat yang sering bikin nagih. Untuk kalian penggemar burger, tak ada salahnya untuk mengganti roti burger dengan mi. Camilan yang bisa kamu jadikan teman untuk menyaksikan film di akhir pekan ini tak hanya lezat, namun juga mudah dibuat loh.

Pertama, campur mi yang telah direbus dengan bumbunya serta telur dan daun bawang lalu aduk sampai rata. Setelah itu panaskan wajan dan letakkan ring cutter berukuran 8 cm dan beri sedikit mentega. Masukkan adonan mi ke dalam ring cutter tersebut sampai matang lalu angkat.

Untuk isian dagingnya, kamu bisa mencampur daging yang telah digiling dengan bawang putih, garam dan merica bubuk sampai rata. Ambil dua sendok makan adonan, bentuk bulat lalu pipihkan. Panaskan wajan dan masak adonan tersebut sampai matang lalu angkat. Terakhir, susun burger dengan urutan satu buah mi di bagian bawah, lalu tumpuk dengan selada, daging, tomat, mentimun dan tutup dengan mi lagi. Jangan lupa untuk memberikan mayones dan sambal ya.

4. Pizza Mi Instan


Pizza Mi Instan

Seperti halnya burger, pizza merupakan salah satu makanan Barat yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Panganan asal Italia ini terbuat dari tepung gandum yang kaya akan serat. Setelah diuleni sampai kalis, adonan pizza diberikan aneka toping lalu dipanggang di oven. Nah, jika kamu ingin membuat pizza dengan versi yang lebih hemat, tak ada salahnya untuk membuat pizza mi instan sendiri di rumah.

Bahan yang diperlukan sangat sederhana, yakni sebungkus mi instan, 2 butir telur ayam, keju serta garam dan merica. Pertama, kocok telur lalu tambahkan garam dan merica secukupnya. Tambahkan juga parutan keju lalu masukkan mi instan yang telah direbus ke dalamnya. Terakhir, goreng adonan tersebut di wajan datar dan balik ke sisi lainnya sampai berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan, lalu potong-potong seperti pizza dan sajikan dengan saus sambal atau cabai bubuk.

5. Sandwich Mi


Sandwich Mi

Masih identik dengan panganan Barat, camilan berbahan dasar mi berikutnya yang bisa kamu buat sendiri di rumah adalah sandwich mi. Saat tanggal tua tiba dan di kosmu hanya ada roti tawar, telur, keju dan mi instan, maka tak ada salahnya untuk membuat makanan satu ini. Cara membuatnya pun sangat mudah, juga cocok dilakukan untuk menghabiskan waktu di rumah selama Pandemi Corona.

Pertama rebus mi instan sampai matang lalu angkat. Kedua, campur mi dan telur di dalam mangkuk sampai rata lalu masukkan bumbu mi instan ke dalam adonan tersebut. Setelah rata, goreng adonan tersebut di wajan sampai berwarna kecokelatan lalu angkat. Kemudian panggang roti tawar di atas wajan dengan api kecil. Jika semua bahan sudah siap, mulai susun sandwich mi mulai dari roti, gorengan mi dan telur, keju lalu tumpuk lagi dengan roti. Jika ada, tambahkan mentimun, tomat dan saus agar rasanya lebih nikmat.

6. Martabak Mi


Martabak Mi

Kalau kamu adalah penggemar martabak dan bosan dengan rasanya yang itu-itu saja, maka sebaiknya coba bikin martabak mi di rumah. Bahan yang diperlukan antara lain 4 butir telur ukuran sedang, 4 bungkus mi instan, 50 gram kornet sapi, 1 batang daun bawang, 10 lembar kulit lumpia, 1 sendok makan terigu serta 1 sendok makan air.

Cara pembuatannya pun sangat mudah. Pertama aduk telur, mi, kornet, daun bawang serta bumbu penyedap sampai rata. Setelah itu aduk tepung terigu dan air tawar di wadah terpisah sampai rata juga. Langkah berikutnya, letakkan campuran mi di tengah kulit lumpia lalu lipat kotak dan rekatkan dengan adonan tepung terigu. Terakhir, goreng martabak mi sampai kecokelatan dan tiriskan. Nikmati dengan saus sambal atau saus tomat agar lebih nikmat.

7. Nugget Mi Instan


Nugget Mi Instan

Camilan lezat berbahan dasar mi berikutnya yang bisa kamu buat sendiri di rumah adalah nugget mi instan. Camilan lezat ini cocok disantap saat sedang santai dengan keluarga atau ketika sedang WFH. Adapun bahan yang diperlukan adalah 2 bungkus mi instan, 1 buah wortel, 2 siung bawang merah dan bawang putih, daun bawang secukupnya, tepung panir serta telur.

Untuk membuatnya pertama-tama rebus mi instan sampai matang lalu tiriskan. Setelah itu campur mi yang sudah direbus tadi dengan telur, garam dan merica. Masukkan ke dalam loyang yang sudah diolesi dengan minyak dan kukus selama 15-20 menit. Kemudian dinginkan dan potong-potong nugget mi tersebut lalu baluri dengan telur dan gulingkan ke dalam tepung panir. Terakhir goreng sampai kecokelatan lalu angkat dan sajikan dengan saus.

8. Mi Kuah Susu


Mi Kuah Susu

Apa yang ada di bayanganmu saat mendengar mi kuah susu? Meski terdengar aneh, panganan satu ini lezat banget kok. Untuk membuatnya ada beberapa bahan yang harus kamu persiapkan. Pertama, satu bungkus mi instan, 200 ml susu putih, 1 buah sosis atau telur, keju parut secukupnya, cabai dan 250 ml air.

Cara pembuatannya pun sangat mudah. Pertama panaskan air dan masukkan sosis yang sudah dipotong-potong ke dalamnya. Sambil menunggu air mendidih, masukkan bumbu mi instan ke dalam mangkuk. Saat air sudah mendidih, masukkan mi ke dalamnya dan masak hingga matang.

Jika sudah matang masukkan mi ke dalam mangkuk yang sudah diberi bumbu. Setelah itu tuangkan susu pada panci dan masukkan keju parut ke dalamnya. Masak sampai mendidih, lalu tuang susu tersebut ke dalam mangkuk berisi mi. Terakhir, kamu bisa menambahkan toping telur dan cabai sesuai selera.

Demikian delapan camilan berbahan dasar mi yang lezat dan mudah dibuat sendiri di rumah. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai camilan sehat yang bisa menemanimu saat WFH. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui 8 camilan lezat yang mudah dibuat selama menjalani karantina mandiri akibat Pandemi Corona.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel