Anti Ribet dan Mudah Dilakukan, Ini 7 Tips Memasak Daging Sapi Agar Lebih Cepat Empuk
Pixabay
Kuliner

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat tekstur daging sapi menjadi lebih lunak saat dimasak. Penasaran apa saja itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Daging sapi merupakan salah satu makanan enak yang bisa memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh. Selain itu, daging sapi juga mengandung banyak sekali nutrisi penting seperti lemak tak jenuh, vitamin B12, niasin, vitamin B6, vitamin B5, vitamin D, riboflavin, zat besi, seng, fosforus, selenium dan masih banyak lagi.

Selain mengandung banyak nutrisi, daging sapi juga memiliki rasa yang nikmat dan disukai oleh banyak orang. Namun, sensasi makan daging menjadi berbeda jika teksturnya masih alot saat digigit. Hal ini tak hanya akan mengurangi kualitas rasanya, namun juga bisa menyebabkan kita tersedak saat memakannya.


Nah, agar hal itu tidak sampai terjadi, penting untuk mengetahui beberapa tips memasak daging agar lebih empuk dan tidak alot. Penasaran bagaimana caranya? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Perhatikan Cara Pemotongannya dan Pukul-Pukul Secara Perlahan


Perhatikan Cara Pemotongannya dan Pukul-Pukul Secara Perlahan
Pixabay

Teknik pemotongan yang benar dapat mempengaruhi tekstur daging setelah dimasak. Daripada tebal, sebaiknya potong daging menjadi irisan tipis dan berukuran kecil agar lebih cepat matang. Selain itu, usahakan untuk memotong daging berlawanan arah dengan seratnya. Cara ini berguna untuk menghambat bersatunya serat daging saat dimasak, sehingga teksturnya akan lebih empuk.

Setelah dipotong, jangan lupa untuk memukul-mukul daging. Pukul kedua sisinya secara perlahan dan jangan terlalu kencang agar sarinya tidak keluar. Usahakan juga untuk menggunakan telenan sebagai alas, agar daging tidak bergeser saat dipukul.

2. Taburi dengan Garam atau Jahe Sebelum Dimasak


Taburi dengan Garam atau Jahe Sebelum Dimasak
Pixabay

Garam laut yang dikenal sebagai salah satu bumbu terpenting di dapur juga dapat digunakan untuk membuat tekstur daging sapi menjadi lebih empuk saat dimasak. Caranya cukup mudah, sebab kamu hanya perlu menaburkan garam laut ke seluruh permukaan daging lalu diamkan selama satu jam. Setelah itu bersihkan daging dengan air matang lalu olah menjadi masakan lezat.

Selain garam, kamu juga bisa menggunakan jahe untuk membuat tekstur daging sapi cepat empuk. Hal ini dikarenakan setiap ruas jahe mengandung enzim proteolitik alami yang dapat membantu mengurangi ikatan protein agar lebih empuk. Caranya adalah dengan melumuri daging dengan jahe yang telah diparut. Setelah itu diamkan selama 30 menit sebelum diolah.

3. Rendam dengan Teh atau Kopi


Rendam dengan Teh atau Kopi
Pixabay

Teh tak hanya bisa dikonsumsi sebagai minuman, namun juga dapat dimanfaatkan untuk membuat tekstur daging sapi menjadi lebih empuk. Hal ini dikarenakan teh mengandung tanin yang berperan sebagai pengempuk alami. Caranya cukup mudah, pertama buat 1-2 cangkir teh hitam pekat lalu diamkan sampai agak dingin. Setelah itu rendam daging yang akan kamu masak ke dalamnya selama 30 menit.

Selain teh, kopi juga dapat digunakan untuk melunakkan tekstur daging sekaligus memberikan aroma yang lebih sedap. Pertama, seduh kopi kental lalu diamkan sampai dingin. Setelah itu, rendam daging yang akan dimasak ke dalam air kopi selama 24 jam. Kalau sudah, kamu bisa mencuci daging tersebut dan mengolahnya menjadi makanan yang lezat.

4. Bungkus dengan Daun Pepaya atau Kulit Pisang


Bungkus dengan Daun Pepaya atau Kulit Pisang
Pixabay

Perlu diketahui bahwa daun pepaya memiliki enzim papain yang dapat membantu mengubah tekstur daging menjadi lebih empuk. Caranya sangat mudah, pertama remas-remas daun pepaya muda sampai getahnya keluar sepenuhnya. Setelah itu gunakan daun tersebut untuk membungkus daging dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Usahakan jangan lebih dari itu, karena dikhawatirkan getah daun pepaya akan mempengaruhi rasa daging.

Selain daun pepaya, kamu juga bisa menggunakan kulit pisang agar tekstur daging lebih empuk saat dimasak. Hal ini dikarenakan kulit pisang mengandung bahan alami aktif yang dapat menguraikan protein di dalam daging, sehingga membuatnya menjadi lebih empuk tanpa mengubah cita rasanya yang lezat. Seperti sebelum-sebelumnya, melunakkan tekstur daging dengan kulit pisang juga cukup mudah. Ambil beberapa kulit pisang lalu tutupkan pada daging yang akan dimasak dan diamkan selama 30 menit sampai 1 jam.

5. Lumuri dengan Parutan Nanas, Kiwi atau Pepaya


Lumuri dengan Parutan Nanas, Kiwi atau Pepaya
Pixabay

Ada beberapa jenis buah yang dapat digunakan untuk melunakkan tekstur daging sapi agar lebih empuk. Di antaranya adalah nanas, kiwi dan pepaya. Ketiga bahan ini mengandung enzim yang mampu melarutkan jaringan ikat pada daging sehingga membuatnya lebih empuk saat dimasak.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghaluskan salah satu dari tiga bahan tersebut lalu gunakan untuk melumuri daging yang akan diolah. Diamkan selama sekitar 1-2 jam sebelum dimasak menjadi makanan yang lezat. Dijamin, daging olahanmu akan lebih empuk tanpa kehilangan cita rasanya yang asli.

6. Rendam dengan Baking Soda


Rendam dengan Baking Soda
Pixabay

Salah satu bahan yang digunakan oleh para chef profesional untuk melunakkan tekstur daging adalah baking soda atau baking powder. Bahan kue satu ini akan memecah kolagen yang ada di dalam daging sehingga membuat teksturnya menjadi lebih empuk.

Caranya cukup mudah, sebab kamu hanya perlu menaburkan baking soda ke seluruh bagian daging lalu diamkan selama satu jam. Setelah itu rendam daging ke dalam mangkuk berisi air dingin selama 15 menit lalu olah menjadi masakan yang lezat.

7. Bumbui dengan Cola


Bumbui dengan Cola
Pixabay

Di beberapa negara Barat, minuman cola biasa dimanfaatkan untuk membumbui daging untuk menciptakan rasa yang unik. Selain itu, cola juga dapat membuat tekstur daging menjadi lebih empuk karena mengandung asam yang akan berubah menjadi katalis yang berperan untuk melunakkan otot-otot daging. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu merendam daging dengan cola minimal selama 30 menit lalu masak seperti biasa.

Demikian tujuh tips memasak daging sapi agar teksturnya menjadi lebih empuk yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips memasak ikan salmon agar lebih lezat dan menyehatkan. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips memasak sayuran agar tetap enak dan sehat.

You can share this post!

Related Posts