Perhatikan Kesehatan Diri Dan Penumpang, Ini 7 Tips Aman Saat Road Trip Di Tengah Pandemi
Unsplash/Steven Weeks
Travel

Road trip atau bepergian melalui jalur darat dengan menggunakan mobil bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin melepas penat sejenak. Road trip dianggap lebih aman daripada jalan-jalan saat pandemi karena menggunakan kendaraan pribadi.

WowKeren - Meski masih diselimuti dengan pandemi COVID-19, beberapa destinasi wisata sudah mulai bertahap dibuka. Namun, dengan dibukanya destinasi wisata tersebut bukan berarti kalian bisa sembarangan mengunjunginya. Kalian harus tetap perlu berpikir ulang dan berhati-hati saat memutuskan untuk berlibur atau mengunjungi suatu destinasi wisata.

Jika memang sangat ini bepergian, road trip bisa kalian jadikan sebagai alternatif. Road trip atau bepergian melalui jalur darat dengan menggunakan mobil bisa menjadi solusi untuk kamu yang ingin melepas penat sejenak. Road trip dianggap lebih aman daripada jalan-jalan saat pandemi karena menggunakan kendaraan pribadi.

Saat menaiki mobil pribadi, kalian bisa menghindari interaksi dengan terlalu banyak orang. Namun meski begitu, kalian juga harus tetap mengikuti beberapa protokol kesehatan. Berikut tim WowKeren rangkum 7 tips yang bisa kalian lakukan agar tetap aman dari virus selama raod trip. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Pastikan Peserta Road Trip Sehat


Pastikan Peserta Road Trip Sehat
Shutterstock/Monkey Business Images

Hal pertama yang perlu kalian pastikan adalah tidak ada peserta road trip yang ikut dalam perjalanan dengan keadaan tidak fit bahkan sakit. Jika ada, pastikan ia tidak ikut dalam perjalanan kamu. Hal ini mengacu kepada pengetahuan di mana virus corona akan semakin mudah untuk menginfeksi seseorang yang sedang sakit, tidak fit atau daya tahan tubuhnya yang sedang lemah.

Untuk itu, walau kamu tidak sakit kamu perlu sesuatu hal yang bisa bantu jaga daya tahan tubuh atau sistem imun kamu tetap kuat. Selain itu, hal ini juga turut menjaga agar virus COVID-19 tidak menyebar kemana-mana atau menulari orang lain selama perjalanan.

2. Bawa Peralatan Kesehatan Mandiri


Bawa Peralatan Kesehatan Mandiri

Walau kalian akan berada di dalam mobil untuk beberapa waktu saat menjalani road trip, kalian tidak bisa menyepelekan segala peralatan kesehatan yang mesti dimiliki dan dibawa. Lebih baik kalian persiapkan dari awal berbagai perlengkapan itu. Sebut saja masker,hand sanitizer, face shield, sarung tangan, cairan disinfektan dan lainnya.

Berbagai peralatan kelengkapan itu mesti kamu bawa ke manapun kamu pergi. Tentu jumlah peralatan kesehatan yang kalian bawa bisa dengan jumlah orang yang ikut road trip dan berapa lama kamu akan melakukan perjalanan tersebut. Dengan begitu, kalian enggak perlu berbagi alat kesehatan satu sama lain.

3. Batasi Peserta Road Trip


Batasi Peserta Road Trip

Selama di dalam mobil dalam perjalanan road trip di new normal, kalian juga perlu mengatur tempat duduk sesuai dengan protokol kesehatan. Aturan berkendara yang wajib ditaati, yaitu pembatasan jumlah penumpang sebesar 50% dari kapasitas angkut kendaraan.

Secara rinci, pembatasan kendaraan jenis sedan hanya boleh mengangkut 3 orang yang terdiri dari 1 pengemudi dan 2 penumpang di belakang. Lalu, untuk mobil non-sedan yang memiliki kapasitas 7 penumpang hanya boleh mengangkut maksimal 4 orang yang terdiri dari 1 pengemudi, 2 penumpang di tengah, dan 1 penumpang di belakang.

4. Pastikan Kendaraan Juga Dalam Keadaan 'Sehat'


Pastikan Kendaraan Juga Dalam Keadaan 'Sehat'
Unsplash/Alex Jumper

Selain harus memastikan tidak ada penumpang yang mengalami gejala atau sedang sakit menular, kalian juga wajib memeriksa "kesehatan" kendaraan. Disinfeksi kendaraan yang akan dibawa road trip agar terus terhindar dari kuman dan penyakit.

Jika seluruh penumpang terbukti sehat, berkendaralah dengan orang yang satu rumah demi meminimalisir infeksi penularan virus corona. Sebaiknya mobil tak diisi penuh sehingga masih ada sirkulasi udara antar penumpang. Hal yang sama bisa dilakukan saat terpaksa berkendara dengan taksi atau mobil sewa plus supir.

5. Batasi Mampir


Batasi Mampir

Ketika road trip, selalu ada kemungkinan untuk mampir di banyak tempat. Sebaiknya, hindari untuk mampir di sembarang tempat untuk menghindari bertemu banyak orang asing yang tak kamu ketahui riwayat perjalanan dan kesehatannya.

Agar menghindari mampir ke toko selama di perjalanan maka sebaiknya bawa cemilan dari rumah. Jika terpaksa untuk membeli camilan, gunakanlah drive-thru dan selalu memakai masker saat membuka jendela mobil.

6. Hati-hati Saat Berada Di Fasilitas Umum


Hati-hati Saat Berada Di Fasilitas Umum
Unsplash/Paul Green

Hindari juga untuk mampir di fasilitas umum untuk memproteksi diri kalian agar tetap aman. Namun, apabila terpaksa harus mampir, seperti ke toilet umum, sebisa mungkin gunakan peralatan sendiri yang tidak dipegang banyak orang. Pastikan juga untuk selalu mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer setelah menggunakan fasilitas umum.

Tempat makan dan tempat oleh-oleh juga sebaiknya dihindari, ya. Tujuannya adalah untuk meminimalisir mendatangi tempat yang dikhawatirkan bisa menjadi tempat penyebaran virus corona. Peralatan kesehatan wajib dibawa untuk digunakan di tempat umum yang didatangi orang, seperti pusat pengisian bensin, masjid, atau ke toilet umum.

7. Buka Jendela Sesekali


Buka Jendela Sesekali
Unsplash/averie woodard

Meskipun kamu sedang road trip, kalian masih bisa menikmati udara yang bersih dan segar. Ini bisa dilakukan saat mobil sedang melaju di jalan yang dikelilingi dengan hutan, kebun teh, atau alam bebas lainnya. Namun, pastikan dulu bahwa jalan yang sedang dilalui tersebut minim orang dan kendaraan bermotor lain, ya.

Ketika kendaraan melaju di alam bebas dan minim orang atau kendaraan bermotor, segera matikan pendingin udara dan buka kaca mobil selebar mungkin untuk merasakan udara segar. Udara segar bisa membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental, jadi jangan terlalu bergantung dengan pendingin udara aja.

Kalian juga bisa melihat beberapa tips dalam artikel ini agar liburan kalian berlangsung aman dan menyenangkan di era new normal. Intip juga artikel ini untuk mengetahui tips menggunakan transportasi umum agar terhindar dari penularan virus Corona.

You can share this post!

Related Posts