Sederhana Tapi Berkhasiat, Ini 8 Makanan yang Bisa Anda Konsumsi Untuk Meningkatkan Fungsi Ginjal
Health

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan mengkonsumsi berbagai makanan bernutrisi. Berikut ini beberapa contohnya.

WowKeren - Ginjal merupakan salah satu organ penting yang ada di dalam tubuh manusia. Ginjal berfungsi untuk menyaring zat-zat beracun dalam tubuh yang disimpan di kandung kemih kemudian dikeluarkan melalui urin. Selain itu, organ yang berbentuk seperti kacang ini juga berperan untuk menyeimbangkan cairan mineral di tubuh seperti garam dan kalium, serta memproduksi sejumlah hormon.

Karena itulah penting untuk menjaga ginjal tetap sehat agar fungsinya bisa berjalan dengan sempurna. Salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengkonsumsi berbagai makanan bernutrisi yang bisa meningkatkan fungsi ginjal.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan memberikan beberapa rekomendasi makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan fungsi ginjal. Penasaran apa saja itu? Simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Kembang Kol


Kembang Kol

Makanan pertama yang dapat Anda konsumsi untuk meningkatkan fungsi ginjal adalah kembang kol. Sayuran satu ini kaya akan indoles, tiosianat dan glukosinolat yang berperan penting membantu organ hati melawan zat racun yang dapat membahayakan DNA dan membran sel.

Untuk mendapatkan manfaatnya dengan maksimal, sebaiknya sajikan kembang kol sebagai tambahan salad buah, sup atau sayur rebus. Selain itu, Anda juga bisa menumbuknya sebagai pasta untuk menggantikan kentang dari menu diet. Ingat, pastikan untuk mengkonsumsi kembang kol dalam keadaan segar atau direbus saja agar kandungan nutrisinya tidak berkurang.

2. Bawang Putih


Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai salah satu rempah yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk meningkatkan fungsi ginjal. Khasiat ini didapat dari kandungan mangan, vitamin C dan B6 serta senyawa sulfur yang bisa mengurangi peradangan.

Karena penderita penyakit ginjal disarankan untuk membatasi asupan natrium atau garam, Anda dapat menggantinya dengan bawang putih. Selain baik untuk kesehatan ginjal, bawang putih juga dapat menambah rasa dan memberikan nutrisi pada hidangan yang Anda masak.

3. Bluberi


Bluberi

Tak banyak yang tahu, buah bluberi ternyata dapat Anda konsumsi untuk meningkatkan fungsi ginjal. Hal ini dikarenakan bluberi mengandung antioksidan antosianin yang merupakan senyawa alami untuk mengatasi peradangan.

Selain itu, bluberi juga mengandung vitamin C, mangan dan serat yang dapat melindungi otak dan tulang dari dampak negatif penuaan. Karena itulah sebaiknya konsumsi bluberi secara rutin untuk mencegah penuaan dini, memelihara kesehatan ginjal serta menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

4. Kubis


Kubis

Kubis merupakan salah satu jenis sayuran dengan kandungan gizi yang lengkap. Sayuran satu ini mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya kanker, penyakit kardiovaskular dan disfungsi ginjal. Selain itu, kandungan serat pada kubis yang cukup tinggi juga dapat melancarkan pencernaan sehingga ginjal dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Yang tak kalah menarik, kubis juga mengandung beberapa jenis fitokimia seperti sulforaphane yang dapat mencegah dan menghentikan pertumbuhan alami kanker pada kolon, prostat, kandung kemih, payudara, ovarium dan paru-paru. Karena itulah sebaiknya mulai tambahkan kubis dalam menu keseharian Anda.

5. Beras


Beras

Jika ingin menjaga dan meningkatkan fungsi ginjal, sebaiknya hindari makanan yang mengandung kalium. Kendati demikian, kalium sebenarnya sangat dibutuhkan oleh otot agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Namun jika dikonsumsi secara berlebihan, kalium justru berdampak buruk bagi otot itu sendiri.

Dari sini, ginjal memiliki peran penting untuk mengontrol kelebihan kalium dan bekerja lebih keras untuk menyeimbangkannya kembali. Untuk menurunkan kadar kalium dalam darah sekaligus mempermudah kinerja ginjal, sebaiknya konsumsi beras yang hanya mengandung sedikit kalium. Namun jika ingin menghindari beras, Anda bisa menggantinya dengan kentang.

6. Bawang Bombai


Bawang Bombai

Selain sebagai bumbu penambah rasa dalam masakan, bawang bombai juga dapat dikonsumsi untuk meningkatkan fungsi ginjal. Bawang bombai mengandung sulfur dan kaya akan kromium yang dikenal dapat membantu metabolisme lemak, protein serta karbohidrat.

Selain itu, bawang bombai juga kaya akan flavonoid yang dikenal sebagai antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan mampu melindungi tubuh dari efek negatif kanker. Untuk mendapatkan manfaatnya, sebaiknya tambahkan bawang bombai ke dalam bumbu masakan sehari-hari, sebagai isian salad atau burger.

7. Paprika Merah


Paprika Merah

Bahan makanan berikutnya yang dapat Anda konsumsi untuk meningkatkan fungsi ginjal adalah paprika merah. Tak hanya memiliki rasa yang lezat, paprika merah juga rendah potasium yang baik untuk kesehatan ginjal. Selain itu, kandungan antioksidan jenis lycopene yang ada di dalamnya juga dapat melindungi ginjal dari serangan kanker.

Untuk memaksimalkan manfaatnya, sebaiknya konsumsi paprika merah dalam keadaan segar dan mentah agar kandungan nutrisinya tidak hilang. Atau Anda juga bisa menambahkannya ke dalam campuran salad, sup ayam, panggang dengan daging merah atau jadikan sebagai toping sandwich.

8. Putih Telur


Putih Telur

Makanan terakhir yang WowKeren rekomendasikan adalah putih telur. Hal ini dikarenakan putih telur mengandung protein murni berkualitas tinggi namun minim fosfor, yang dikenal baik untuk meningkatkan fungsi ginjal. Karena itulah tak heran mengapa makanan satu ini sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal yang sedang menjalani cuci darah.

Demikian delapan rekomendasi makanan yang dapat Anda konsumsi untuk meningkatkan kesehatan ginjal. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai kebiasaan sepele yang ternyata bisa mengganggu kesehatan ginjal. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai kebiasaan sepele yang bisa merusak otak.

You can share this post!

Related Posts