Billie Eilish Akui Idap Sindrom Tourette dan Alami Gejala Ini
Getty Images
Selebriti

Sindrom Tourette adalah kelainan neurologis yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan tics (tremor) berupa gerakan atau suara berulang yang tidak terkendali.

WowKeren - Musisi muda Billie Eilish belum lama ini mengkonfirmasi dirinya mengidap Sindrom Tourette. Hal tersebut ia sampaikan melalui media sosial miliknya. Pelantun "Ocean Eyes" tersebut mengatakan bahwa ia didiagnosis dengan gangguan tersebut ketika dirinya masih kecil.

"Saya tidak pernah menyebutnya (Sindrom Tourette) di internet karena tidak ada yang mengiranya. Selain fakta, saya tidak pernah ingin orang memikirkan Tourette setiap kali mereka memikirkan saya," tulis Billie Eilish.

Sindrom Tourette adalah kelainan neurologis yang menyebabkan seseorang mengalami gangguan tics (tremor) berupa gerakan atau suara berulang yang tidak terkendali. Dalam kasus Billie, dia menunjukkan gangguan tics pada fisiknya, bukan verbal.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menjelaskan, Sindrom Tourette adalah suatu kondisi sistem saraf, yang menyebabkan orang mengalami tics.

Tics bisa diartikan sebagai kedutan, gerakan atau suara tiba-tiba yang dilakukan orang berulang kali. Orang yang mengalami tics tidak bisa menghentikan tubuhnya.

"Misalnya seseorang mungkin berkedip terus menerus, atau seseorang mungkin membuat suara mendengus terus menerus," tulis CDC dalam laman resminya, sebagaimana dilansir dari CNBC.


Gejala sindrom Tourette biasa mulai muncul saat usia anak-anak dari 5-10 tahun. Gejala pertama yang sering muncul adalah tics motorik yang biasanya terjadi di daerah kepala dan leher.

Gejala tics ini biasanya memburuk dalam kondisi stres atau menyenangkan. Gejala akan membaik ketika pengidapnya tenang atau fokus pada suatu aktivitas. Gejala ini bisa membaik atau sebaliknya menjadi kronis saat dewasa.

Hingga saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan sindrom Tourette. Namun, tersedia beberapa pengobatan dan perawatan untuk mengelola gejala tics yang muncul.

Sementara itu, kendati memiliki sindrom Tourette, namun hal tersebut tak membuat Eilish patah semangat dalam berkarya. Penyanyi berusia 19 tahun itu telah membuat sejarah di Grammy Awards tahun ini. Pelantun "All The Good Girls Go To Hell" tersebut bahkan didaulat menjadi penyanyi solo termuda yang pernah mendapatkan penghargaan Album of The Year.

Billie Eilish juga mampu menyapu kategori teratas di Grammy Awards, sebagai Best New Artist, Song of the Year, dan Album of the Year.

Tahun depan, musisi cantik tersebut akan merilis film dokumenternya sendiri. Film dokumenter tersebut akan tayang pada 26 Februari 2021 mendatang yang akan dirilis oleh Apple TV+.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru