Billie Eilish Semprot Media Yang Beri Komentar 'Seksis' Soal Tubuhnya
/Kelia Anne MacCluskey
Selebriti

Perubahan gaya Billie itu tentu menuai banyak respon. Beberapa orang mengaku senang penyanyi itu mulai bisa 'berdamai' dengan hal yang paling ia takuti. Namun beberapa media justru memberikan komentar seksis.

WowKeren - Minggu ini, Billie Eilish menghiasi sampul Vogue Inggris, di mana dia memulai debutnya dengan tampilan baru yang luar biasa. Penggemar mungkin terbiasa melihat Billie dengan pakaian gombrong, baru-baru ini, ia berani tampil beda dengan menggenakan korset yang seksi dan cantik.

"Aku benar-benar tidak pernah melakukan apa pun di dunia ini sama sekali," kata Billie tentang gaya pengambilan gambarnya. "Kamu tahu, selain saat aku sendirian dan sial."

Perubahan gaya Billie itu tentu menuai banyak respon. Beberapa orang mengaku senang penyanyi itu mulai bisa “berdamai” dengan hal yang paling ia takuti. Namun beberapa media justru memberikan komentar seksis dan menyeramkan dalam headline mereka.

Salah satu media menerbitkan artikel yang menimbulkan kekesalan dari Billie sendiri. Bunyi headline tersebut yakni, "'Bukti bahwa uang dapat membuat Anda mengubah nilai-nilai Anda dan menjualnya': Bille Eilish mengejutkan penggemar dengan menukar pakaian longgar dengan pakaian dalam di Vogue, meskipun bertahun-tahun bersumpah untuk 'menyembunyikan tubuhnya'."

Billie sendiri sebelumnya pernah berbicara tentang penampilannya yang sering menggunakan baju longgar masih berusia 17 tahun. "Ini tidak memberi kesempatan kepada siapa pun untuk menilai seperti apa tubuh Anda," katanya kepada Vogue Australia tahun lalu. "Saya ingin lapisan dan lapisan dan lapisan dan saya ingin menjadi misterius. Anda tidak tahu apa yang ada di bawah dan Anda tidak tahu apa yang ada di atas."


Terkait hal itu, Billie memberi teguran untuk media yang memberikan komentar seksi kepadanya. Ia memposting ulang grafik yang dibuat oleh Emily Clarkson ini ke dalam ceritanya, mengoreksi tajuk utama yang seksis, aneh, dan menyeramkan.

"Bukti bahwa uang dapat membuat Anda mengubah nilai-nilai Anda dan menjual habis" dikoreksi menjadi "Bukti bahwa wanita dapat mengubah pikiran mereka dan mendapatkan kembali otonomi atas tubuh mereka sendiri". Dan "bersumpah untuk 'menyembunyikan tubuhnya'" dikoreksi menjadi "menjadi anak yang sebenarnya."

Di sisi lain, selain berbicara soal tubuhnya, Billie Eilish juga membahas soal pengalaman dalam pemotretan itu. Sebagai bagian dari cerita sampul Vogue Inggris barunya, ia membuka tentang pengalamannya dengan pelecehan.

Wawancara tersebut dilakukan tak lama setelah Billie merilis single baru, "Your Power" yang digambarkan Billie sebagai “surat terbuka” untuk orang-orang yang memanfaatkan kekuatannya, yang kebanyakan laki-laki. Perspektif yang diambil Billie dalam "Your Power" bukanlah perspektif yang dia pikir akan dia pahami sebelumnya.

(wk/putr)

You can share this post!

Related Posts