Debut RIIZE, ZEROBASEONE dan 10 Grup K-Pop Ini Paling Menghebohkan di 2023
X/RIIZE_official/ZB1_offici
Musik

Penggemar K-Pop seolah dimanjakan dengan adanya grup-grup baru yang debut tahun ini, yang meski masih berstatus sebagai rookie tapi telah menyuguhkan musik yang berkualitas.

WowKeren - Sejumlah grup rookie debut di tahun 2023 dengan mengusung beragam konsep dan genre musik. Penggemar K-Pop pun seolah dimanjakan dengan adanya grup-grup baru yang meski masih berstatus sebagai rookie tapi telah menyuguhkan musik yang berkualitas.

Agensi besar seperti SM Entertainment pun tak ketinggalan turut mendebutkan boy grup baru bernama RIIZE, yang sukses mencuri perhatian. Di sisi lain, YG Entertainment hadir dengan girl grup baru mereka, BABYMONSTER, yang telah diperkenalkan sejak awal tahun.


Ajang survival yang digelar tahun ini pun juga menelurkan grup baru yang tak kalah menarik perhatian. Program "Boys Planet" yang ditayangkan Mnet sukses menghasilkan boy grup beranggotakan 9 orang, ZEROBASEONE yang debut di pertengahan tahun.

Belum cukup, masih ada beberapa grup lagi yang debutnya di tahun ini patut dicatat seperti PLAVE, XODIAC, KISS OF LIFE dan yang lainnya. Daripada lama-lama, yuk kita kepoin grup-grup rookie mana saja yang debutnya paling menarik perhatian di 2023.

(wk/dewi)

1. PLAVE


PLAVE
Instagram/plave_official

PLAVE adalah boy group virtual yang dibentuk oleh VLAST. Grup ini terdiri dari 5 member yaitu Noah, Bamby, Yejun, Eunho dan Hamin. Mereka dirilis melalui siaran langsung di YouTube dan Twitch resminya pada 15 September 2022 dan memulai debut resmi pada 12 Maret 2023 dengan merilis album single pertama mereka, "Asterum."

Mini album kedua mereka, "Asterum: The Shape of Things to Come" mencapai 1 juta streaming dalam 13 jam, dan total 1,7 juta streaming dalam 24 jam setelah dirilis dan memasuki Melon Hall of Fame. Pada 17 November 2023, diumumkan bahwa grup tersebut dinominasikan untuk Rookie of the Year bersama banyak artis lainnya untuk Melon Music Awards. Selain merilis musik, PLAVE juga melakukan streaming live di channel YouTube dua kali seminggu untuk berinteraksi dengan penggemarnya, melalui berbagai aktivitas termasuk pertunjukan live.

2. NCT DOJAEJUNG


NCT DOJAEJUNG
Instagram/nct_dojaejung

NCT DOJAEJUNG adalah sub unit kelima dari NCT, yang dibentuk dan dikelola oleh SM Entertainment. Grup ini terdiri dari 3 member yaitu Doyoung, Jaehyun dan Jungwoo. Debut mereka dimulai pada 17 April 2023, dengan mini album "Perfume". Trio ini dikenal karena musik R&B dan penampilan vokal mereka, yang membedakan mereka dari sub-unit lain di NCT.

"Perfume" sukses secara komersial baik secara digital maupun fisik, terjual 843.659 copy hingga 22 Juni 2023, menjadikannya album debut terlaris dari artis SM Entertainment dan album terlaris dari sub-unit K-Pop. Single utamanya, "Perfume", debut di nomor empat di Circle Digital Chart, menjadikan NCT DOJAEJUNG sub-unit NCT tercepat yang mendapatkan single lima besar di Korea Selatan. Single ini juga debut di nomor satu di Circle Download Chart dan Circle BGM Chart.

3. XODIAC


XODIAC
X/XODIACOfficial

XODIAC adalah boy grup K-Pop yang berada dibawah naungan One Cool Jacso Entertainment. Mereka debut pada 25 April 2023 dengan album single digital mereka, "Throw A Dice". Grup ini terdiri dari 9 member yaitu Hyunsik, Zayyan, Lex, Beomsoo, Gyumin, Wain, Sing, Davin, dan Leo.

Pada 11 Oktober, grup ini mengumumkan bahwa mereka akan comeback dengan album single pertama yang berjudul "Only Fun" pada 30 Oktober 2023. Album ini terdiri dari 2 lagu yaitu "Only Fun" sebagai lagu utama dan "Lemonade" yang sebelumnya dirilis pada tanggal 5 September 2023.

4. BOYNEXTDOOR


BOYNEXTDOOR
X/BOYNEXTDOOR_KOZ

BOYNEXTDOOR adalah boy grup yang dibentuk oleh KOZ Entertainment, anak perusahaan dari HYBE. Grup ini terdiri dari 6 member yaitu Sungho, Riwoo, Jaehyun, Taesan, Leehan, dan Woonhak. BOYNEXTDOOR memulai debutnya pada 30 Mei 2023 dengan album single "Who!".

Zico yang merupakan CEO perusahaan mereka, mengambil bagian dalam proses kreatif di balik album tersebut, dan Jaehyun, Taesan, dan Woonhak mengambil bagian dalam menyusun dan menulis lirik untuk "Serenade" dan "But I Like You".

5. KISS OF LIFE


KISS OF LIFE
X/KISSOFLIFE_S2

KISS OF LIFE adalah girl grup yang berada di bawah naungan S2 Entertainment. Mereka debut pada 5 Juli 2023 dengan mini album bertajuk "Kiss of Life". Grup ini terdiri dari 4 member yaitu Julie, Natty, Belle, dan Haneul.

Belle dikenal sebagai putri penyanyi veteran Korea, Shim Shin. Dia sebelumnya bekerja sebagai penulis lagu di SM Entertainment. Natty adalah peserta dalam acara survival realitas Korea Selatan, "Sixteen" dan "Idol School".

6. ZEROBASEONE


ZEROBASEONE
X/ZB1_official

ZEROBASEONE adalah boy grup yang dibentuk melalui acara realitas Mnet "Boys Planet" pada tahun 2023. Grup ini dikelola oleh Wake One Entertainment dan terdiri dari 9 member yaitu Kim Jiwoong, Zhang Hao, Sung Hanbin, Seok Matthew, Kim Taerae, Ricky, Kim Gyuvin, Park Gunwook dan Han Yujin. ZEROBASEONE resmi debut pada 10 Juli 2023 dan akan aktif selama 2,5 tahun.

Mini album debut ZEROBASEONE, "Youth in the Shade" memperoleh kemenangan acara musik pertama di SBS MTV "The Show" 8 hari setelah debut mereka. Sehubungan dengan promosi debut mereka, grup ini mengadakan konser penggemar pertama mereka di Gocheok Sky Dome pada tanggal 15 Agustus di hadapan 18.000 penonton. "Youth in the Shade" kemudian terjual lebih dari 2 juta copy, menetapkan rekor penjualan untuk album debut K-pop.

ZEROBASEONE juga menyapu bersih penghargaan grup pendatang baru terbaik di berbagai ajang. Mereka meraih K-Global Super Rookie Award di K-Global Heart Dream Awards 2023, Best New Male Artist di MAMA Awards 2023, Rookie of the Year di Asia Artis Awards 2023 dan Best New Artist di Melon Music Awards 2023.

7. RIIZE


RIIZE
X/RIIZE_official

RIIZE adalah boy grup yang dibentuk dan dikelola oleh SM Entertainment dan debut pada 4 September 2023 dengan album single "Get a Guitar". Grup ini beranggotakan 7 orang yaitu Shotaro, Eunseok, Sungchan, Wonbin, Seunghan, Sohee dan Anton.

Lagu debut mereka, "Get a Guitar" mencapai peak di posisi ke-16 di chart harian MelOn, menjadikan ini lagu dengan posisi paling tinggi di antara lagu-lagu grup rookie yang debut tahun ini. RIIZE juga meraih penghargaan Best New Artist di Melon Music Awards 2023.

8. EL7Z UP


EL7Z UP
X/_EL7ZUPofficial

EL7Z UP adalah girl grup proyek yang beranggotakan 7 member dari berbagai idol wanita K-pop yaitu Kei, Yeeun, Yeoreum, Yeonhee, Nana, Hwiseo dan Yuki yang dibentuk melalui acara televisi kompetisi realitas Mnet , "Queendom Puzzle" pada tahun 2023.

Pada 14 September 2023, EL7Z UP debut dengan merilis mini album "7+Up" bersama dengan single utamanya, "Cheeky". Grup ini mengadakan konser pertama mereka di Jepang bertajuk "Piece Up", bertempat di Saitama di Omiya Sonic City pada 22 Oktober, di Osaka di Grand Cube Osaka pada tanggal 24 Oktober, dan di Tokyo di Tachikawa Stage Garden pada tanggal 26 November.

9. Loossemble


Loossemble
X/Loossemble_twt

Loossemble atau Loona Assemble adalah girl grup yang berada di bawah naungan CTDENM dan debut pada 15 September 2023. Grup tersebut meliputi 5 member LOONA yaitu HyunJin, YeoJin, ViVi, Go Won, dan HyeJu (Olivia Hye). Mereka memulai tur Debut Ceremony di 10 kota di seluruh belahan Amerika Serikat, terutama di New York, Washington, Atlanta, Chicago, Los Angeles dan lain-lain.

10. EVNNE


EVNNE
X/EVNNE_official

EVNNE merupakan boygrup yang dibentuk pada 2023 oleh Jellyfish Entertainment. Member grup ini terdiri dari Keita, Park Hanbin, Lee Jeonghyeon, Ji Yunseo, Yoo Seungeon, Mun Junghyun dan Park Jihoo dan mereka debut pada 19 September 2023 dengan mini album "Target:Me".

Pertunjukan debut EVNNE berlangsung di Blue Square Mastercard Hall dan ditayangkan secara live. Satu minggu setelah dirilis, "Target:Me" meraih jumlah penjualan 243.747 copy sehingga menempatkan grup tersebut di peringkat ketiga boy grup pendatang 2023 dengan penjualan album debut terbanyak.

11. FANTASY BOYS


FANTASY BOYS
X/fantasyboys_twt

FANTASY BOYS adalah boy grup yang dibentuk melalui acara kompetisi realitas MBC "Fantasy Boys" pada 2023. Grup ini dikelola oleh PocketDol Studio, dan terdiri dari 11 member yaitu Kim Gyurae, Hong Seongmin, Oh Hyeontae, Lee Hanbin, Ling Qi, Kang Minseo, Hikari, Soul, Kim Wooseok, Hikaru dan Kaedan. Mereka memulai debut pada tanggal 21 September 2023, dengan album mini New Tomorrow.

12. BABYMONSTER


BABYMONSTER
YG Entertainment

BABYMONSTER adalah girl grup yang dibentuk oleh YG Entertainment dengan member berjumlah 7 orang yaitu Ruka, Pharita, Asa, Rami, Rora, Chiquita dan Ahyeon. Mereka debut pada 27 November 2023 dengan single digital bertajuk "Batter Up".

Secara mengejutkan, Ahyeon tak ikut berpartisipasi dalam debut BABYMONSTER karena alasan kesehatan. YG Entertaiment mengatakan tetap mempertahankan lineup 7 member dan rumor bahwa Ahyeon keluar dari formasi grup tidak benar.

Video musik "Batter Up" ditonton 22,59 juta kali dalam sehari dan menjadi video musik debut yang paling banyak ditonton dalam 24 jam pertama dalam sejarah K-pop. Dibuat dengan citra "remaja kelas atas", BABYMONSTER mempertahankan elemen "karismatik" khas YG Entertainment.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait