Salah Satu Adegan IU dan V BTS di MV 'Love Wins All' Dikritik Asosiasi Disabilitas
Instagram/edam.official
Musik

Asosiasi Disabilitas beraharp bisa bertemu dengan IU suatu hari nanti. Hal ini ada kaitannya dengan MV 'Love Wins All' yang sempat menuai kontroversi karena dianggap meremehkan kaum disabilitas.

WowKeren - Video musik "Love Wins All" sempat mendapat kritik pedas dari salah seorang stylist agensi V BTS. Hal itu dikarenakan MV milik IU ini dianggap telah mengeksploitasi kaum disabilitas.

Pada hari Senin (29/1), Solidarity Against Disability Discrimination (SADD) akhirnya buka suara terkait kontroversi video musik ini. Asosiasi disabilitas tersebut memiliki pendapatnya sendiri terkait video musik "Love Wins All" yang berulang kali mendapat kritik. Di sisi lain, SADD juga tak menampik bahwa ada salah satu adegan IU dan V yang menurut mereka tidak seharusnya digambarkan seperti itu.

"Kami memahami sepenuhnya banyaknya perdebatan dan kritik terkait video musik 'Love Wins All'. Seiring dengan perdebatan dan kritik, kami ingin memperluas minat sosial terhadap hak asasi penyandang disabilitas, dan bekerja sama dengan warga negara dan IU tentang cara menangani penggunaan berbagai kelompok sosial minoritas dalam konten seni," tutur pihak SADD.

SADD pun mengatakan bahwa setiap harinya kelompok disabilitas terus berjuang untuk melawan "kubus" di dunia nyata. Menelan berbagai bentuk diskriminasi, kebencian, dan kata-kata kasar yang muncul tidak hanya di internet, tapi juga di kehidupan nyata.


Namun, ada satu adegan dalam MV "Love Wins All" yang menurut SADD mungkin tidak digambarkan seperti itu. Adegan yang dimaksud adalah ketika IU dan V berubah menjadi non-disabilitas setelah mereka melihatnya melalui kamera perekam.

"'Dunia kamera' yang ingin kami ciptakan bukanlah sebuah dunia di mana penyandang disabilitas menjadi non-disabilitas, namun sebuah dunia di mana para penyandang disabilitas beraktivitas, bekerja dan hidup bersama secara normal dengan orang lain. Kami juga berharap adanya dunia di mana kelompok LGBTQ+, pekerja, dan semua kelompok sosial minoritas yang hidup di dunia ini diakui dan dihormati," jelasnya.

Terakhir, SADD berharap ia bisa bertemu dengan IU suatu saat nanti. "Kami berharap IU dan kami akan bertemu suatu hari nanti untuk menciptakan dunia di mana tidak ada seorang pun yang dikecualikan dan meneriakkan 'Love Wins All'," pungkas SADD.

Seperti diketahui, dalam MV "Love Wins All", IU digambarkan sebagai sosok yang tuli, sedang V mengalami kebutaan pada salah satu matanya. Keduanya menghindari sebuah kubus yang mengacu pada penindasan dan diskriminasi dunia. Sayangnya, alur pilu pada MV ini justru dianggap oleh sebagian orang meremehkan penyandang disabilitas.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait