Young K DAY6 Klarifikasi soal Hasilkan Royalti Lebih dari G-Dragon dan Zico
JYP Entertainment/YonhapNews
Musik

Young K DAY6 tidak hanya dikenal sebagai penyanyi berbakat, tetapi juga sebagai salah satu penulis lagu dengan penghasilan royalti tertinggi di industri ini.

WowKeren - Young K DAY6 mendadak diserbu dengan pernyataan seputar royalti. Disebut lebih banyak hasilkan royalti melampauai G-Dragon dan Zico, begini klarifikasi dari pemilik nama barat Brian Kang tersebut.

Beberapa waktu lalu, dalam acara televisi JTBC "Knowing Bros," anggota DAY6 tampil sebagai tamu istimewa. Khusus mengenai Young K, salah satu pembawa acara, Lee Soo Geun mulai bertanya apakah benar royalti bassist itu paling tinggi dibanding artis lain.

"Young K, aku dengar kamu mendapatkan salah satu royalti tertinggi dari karya berhak cipta kamu dibandingkan dengan artis lain di industri ini," tanya Soo Geun.

Kemudian ditampilkan sebuah artikel di layar yang menyatakan, "Young K memperoleh lebih banyak royalti daripada G-Dragon dan Zico."

Saat ditanya lagi apakah lebih tinggi dari Teddy atau Park Jin Young, Young K menjawab dengan senyum malu-malu, "Aku belum berada di puncak. Aku belum nomor satu di Korea atau apa pun. Tapi aku akan terus bekerja keras untuk mewujudkannya."

Faktanya, bukan hanya Young K yang turut serta dalam menulis lagu dan komposisi, tetapi juga seluruh member DAY6. Namun, Young K sendiri sudah menulis lagu sejak sebelum debut.


Young K DAY6 Klarifikasi soal Royalti Lampaui G-Dragon dan Zico

Source: JTBC

"Aku sudah menulis lagu sejak sebelum debut kami. Ketika agensi memberi tahu bahwa aku akan menjadi bagian dari band, mereka berkata, 'Untuk benar-benar menjadi band, kamu harus memproduksi lagu-lagu sendiri dan memperkenalkan band melalui lagu-lagu tersebut.' Dibutuhkan beberapa tahun hingga aku bisa menulis lagu dengan benar, dan itulah mengapa debut kami juga tertunda," terangnya.

Di antara semua karya DAY6, tentunya ada yang paling membawa untung. Young K pun menyebutkan mana lagu dengan royalti terbanyak daripada lainnya.

"‘You Were Beautiful’ adalah lagu dengan perolehan royalti tertinggi saya. Sejak dirilis pada 2017, lagu ini terus bertahan berada di sekitar 100 besar di berbagai tangga musik besar di Korea," ungkapnya.

Sebagai tambahan, Young K juga menyebutkan bahwa lagu "Rose Blossom" yang dinyanyikan H1-KEY juga merupakan pendapatan signifikan. Awalnya ia merasa asing dengan perasaan mendapatkan royalti dari lagu yang dinyanyikan orang lain.

"Aku merasa aneh ketika lagu itu mulai mendapatkan begitu banyak cinta, karena lagu itu ditulis lama sekali, bahkan sebelum aku bergabung di militer pada 2021. Lagunya sudah ada sebelum H1-KEY terbentuk. Kurasa, itu diterima dengan baik karena menemukan penyanyi yang tepat," dia menjelaskan dengan senyum lebar.

Sebelumnya dalam acara MBC “Omniscient Interfering View”, Young K terungkap berada di peringkat ketiga secara keseluruhan dalam bidang hak cipta penulisan lagu di Korea Selatan. Posisi Young K kala itu mengejutkan banyak pihak karena RM BTS ada di peringkat kedua, G-Dragon peringkat kelima, dan Zico berada di peringkat keenam.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait