Atlet Renang Dikerjai Senior Sebelum Berlaga di SEA Games 2013
SerbaSerbi

Para atlet yang baru pertama tampil wajib menjalani inisiasi alias plonco untuk melatih mental sebelum berlaga di pesta olahraga tingkat Asia Tenggara.

WowKeren - Pesta olahraga SEA Games kerap menjadi ajang inisiasi bagi para atlet yang baru pertama kali berlomba. Salah satunya di cabang renang Indonesia yang melakukan tradisi perpeloncoan tersebut.

Pelatih Albert C Sutanto pada Kompas mengungkap kalau proses tersebut untuk melatih atlet muda yang baru bergabung di tim nasional. Biasanya inisiasi dimulai dari dandanan aneh seperti potongan rambut tak beraturan untuk atlet putra. Sedangkan atlet muda putri rambutnya dikuncir dan wajah mereka dicoret dengan spidol.

Setelahnya, mereka wajib memperkenalkan diri sebagai atlet timnas yang baru. Selama masa itu, para atlet tak boleh menghapus riasan wajah ataupun tatanan rambut mereka.


Untuk SEA Games 2013 di Myanmar, mereka yang dikerjai para senior yakni Satrio Bagaskara, Ricky Anggawijaya dan Ignatius Setyo Budiutomo untuk putra. Sementara regu putri yakni Iffy Nadya, Sagita Putri dan Nurul Fajar.

Aksi plonco tak sampai di situ. Dua hari sebelum berangkat, rookie harus mengenakan pakaian superhero dan berjalan di mal yang telah ditentukan oleh senior. Mereka wajib berkenalan dan foto bersama dengan orang lain. Tema superhero dipilih karena atlet-atlet muda ini disiapkan untuk menjadi calon pahlawan yang akan mengharumkan nama Indonesia di SEA Games 2013.

(wk/)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel