Kenali 10 Perubahan yang Terjadi Pada Tubuh Akibat Diet Tak Sehat
Lifestyle

Diet tidak sehat akan menimbulkan banyak masalah pada tubuh, ketahui di sini.

WowKeren - Mendapatkan tubuh yang ideal tentu tidak mudah. Kalian harus melakukan diet dan olahraga teratur untuk membentuk tubuh menjadi yang kalian inginkan. Namun, nyatanya mencari metode diet yang sesuai pun tidak mudah, lho.

Tidak semua metode diet bisa cocok untuk masing-masing individu. Pasalnya, kebutuhan kalori, metabolisme dan faktor-faktor lainnya berbeda pada setiap individu. Banyak orang yang terjebak dengan diet tak sehat karena salah memilih metode diet.


Diet yang tidak sehat memang mampu membuat berat badan turun dengan cepat. Seperti diet ketogenik yang menerapkan pola makan rendah karbohidrat serta tinggi lemak. diet tersebut memang terkenal ampuh menurunkan berat badan, namun dibaliknya banyak bahaya yang mengintai, lho.

Diet yang tak sehat sangat mempengaruhi tubuh kita, lho. Berikut 10 efek buruk pada tubuh ketika kalian melakukan diet tak sehat. Simak di bawah ini.

(wk/nris)

1. Diet Tak Sehat Menyebabkan Metabolisme Tubuh Melambat


Diet Tak Sehat Menyebabkan Metabolisme Tubuh Melambat

Menjalani diet tak sehat yang memangkas nutrisi harian akan menurunkan kerja metabolisme tubuh. Ketika tubuh kekurangan jumlah kalori harian, tubuh akan menganggap kalian sedang kelaparan sehingga akan memperlambat pembakaran kalori. Semakin lambat metabolisme, semakin lambat pula tubuh akan membakar kalori.

Penurunan metabolisme bisa terjadi cukup lama bahkan setelah tidak melakukan diet. Hal ini tentu akan membahayakan. Maka sebaiknya, lakukan diet sehat yang meski akan membutuhkan waktu lama namun tidak mengganggu kesehatan kalian.

2. Gangguan Pencernaan Seperti Sembelit


Gangguan Pencernaan Seperti Sembelit

Ketika kalian tidak mendapatkan asupan makanan yang cukup maka pencernaan juga akan terganggu. Apalagi jika menggantikan karbohidrat dengan protein dan lemak, hal ini membuat asupan serat berkurang dan susah buang air besar alias sembelit.

Saat feses terlalu encer atau mengalami sembelit, itu tandanya bahwa kalian harus segera mengganti metode diet. Asupan karbohidrat boleh dikurangi atau diganti dengan yang lebih baik, namun tidak boleh dipangkas dalam jumlah besar sekaligus.

3. Kulit Bisa Mengendur dan Tak Segar


Kulit Bisa Mengendur dan Tak Segar

Diet berfungsi untuk mendapatkan tubuh langsing ideal. Namun, diet tidak sehat makan akan membuat kulit kendur dan bergelambir khususnya area perut, lengan dan kaki. Hal ini karena kulit kehilangan elastisitas setelah sekian lama teregang oleh kehadiran lemak.

Nah, kulit kendur tidak akan terjadi pada orang-orang yang menjalani diet dibarengi dengan olahraga. Hal ini sangat penting untuk membuat tubuh menjadi kencang kembali.

4. Sistem Kekebalan Tubuh Melemah


Sistem Kekebalan Tubuh Melemah

Saat melakukan diet cepat yang tentu tak sehat, kalian cenderung mengurangi konsumsi makanan tertentu yang penting untuk tubuh. Hal ini akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kalian, lho. Menurunnya kekebalan tubuh akan membuat tubuh rentan akan penyakit. Selain itu, terdapat efek buruk di masa depan karena kekurangan nutrisi.

5. Rambut dan Kulit Bisa Rusak


Rambut dan Kulit Bisa Rusak

Tahukah kalian metode diet yang tidak sehat bisa membuat rambut rontok? Hal ini umum terjadi ketika seseorang membatasi konsumsi gula dan karbohidrat. Kerontokan rambut biasanya terjadi selama tiga bulan setelah memulai pola makan baru.

Selain itu, kekurangan vitamin dan nutrisi lainnya juga berimbas pada kesehatan kulit. Jika menjalani diet tak sehat, siap-siap akan mendapatkan kulit yang kering dan berkerut.

6. Napas Menjadi Bau


Napas Menjadi Bau

Menjalani diet rendah karbohidrat dapat menyebabkan napas bau. Hal tersebut karena tubuh membakar lemak untuk mendapatkan energi yang mengeluarkan keton yang memiliki bau tidak sedap. Selain itu, napas bau juga disebabkan tubuh akan mengeluarkan air dan membuat mulut kering.

7. Merasa Lemas Setiap Saat Karena Tidak Ada Nutrisi


Merasa Lemas Setiap Saat Karena Tidak Ada Nutrisi

Seseorang yang menjalani diet tak sehat akan kekurangan vitamin dan mineral. Hal tersebut membuat kalian akan merasa lemas sepanjang hari. Berat tubuh yang menurun secara cepat saat diet tak sehat sebenarnya terjadi berasal dari pengurangan glikogen dan penyimpanan air di dalam tubuh yang membuat kalian kehilangan energi.

8. Berat Badan Akan Mudah Bertambah Setelah Menghentikan Diet


Berat Badan Akan Mudah Bertambah Setelah Menghentikan Diet

Diet yang menurunkan tubuh dengan cepat akan menimbulkan efek yoyo. Nah, apa sih efek yoyo itu? Efek tersebut berarti kenaikan berat badan dengan cepat setelah menurun drastis.

Efek yoyo akan menyebabkan dampak buruk pada kesehatan dan psikologi. Kehilangan berat badan kemudian meningkat kembali secara berulang-ulang dapat membuat kalian putus asa dan depresi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengalami efek yoyo akan mempunyai rasa percaya diri yang rendah dan kurang puas terhadap tubuhnya. Jika kalian tidak ingin mengalami efek yoyo, ketahui cara merawat bentuk tubuh setelah diet di sini.

9. Kekurangan Asupan Gizi


Kekurangan Asupan Gizi

Diet mengharuskan seseorang mengurangi asupan makanan setiap hari. Namun, diet sehat tidak melakukannya secara ekstrem. Berbeda dengan diet tak sehat yang tidak memikirkan efek jangka panjang dari menghilangkan berbagai nutrisi untuk tubuh.

Pada umumnya, diet ketat rendah kalori beresiko menyebabkan seseorang kekurangan zat besi, folat, kalsium dan vitamin B12. Efek ini dapat merugikan kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

10. Diet Tak Sehat Memicu Penyakit Jantung


Diet Tak Sehat Memicu Penyakit Jantung

Metode diet cepat tak sehat berpotensi menimbulkan efek buruk pada jantung. Hal ini terjadi karena peningkatan kadar lemak pada jantung saat melakukan diet. Sebelum resiko ini menghampiri kalian, lakukan diet sehat dengan berdiskusi dengan dokter. Jangan bahayakan kesehatan hanya demi tubuh langsing.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait