Wisatawan dan Sampah Padati Ranu Kumbolo Usai Film '5 cm'
Travel

Miris banget, keindahan alam di tempat wisata ini rusak karena ulah manusia.

WowKeren - Keindahan Ranu Kumbolo berhasil menyedot perhatian usai menjadi salah satu lokasi syuting film "5cm". Tidak hanya pendaki, banyak juga wisatawan yang sengaja datang hanya untuk mengunjungi objek wisata yang berada di Pegunungan Tengger di kaki Gunung Semereu, Lumajang, Jawa Timur ini. Sayangnya, pengunjung yang membludak itu tampaknya tak diimbangi dengan kesadaran membuang sampah.

Akhirnya, pemandangan cantik danau harus tertutup dengan banyaknya sampah yang berserakan. Banyak pula tumpukan sampah milik pendaki yang tidak dibawa dan malah ditinggalkan begitu saja di pinggir danau.

Hal yang paling membuat miris adalah adanya banyak tisu bekas hingga kotoran manusia yang berserakan di sekitar darnau. Menurut keterangan pengelola Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, banyaknya sampah diduga karena para pendaki yang datang tidak sepenuhnya pencinta alam. “Kebanyakan pengunjung mahameru bukan pecinta alam hanya ikut-ikutan, dan juga karena dampak film, rata-rata tidak betanggung jawab untuk alam. Dari pihak Taman Nasional pun tidak bosan-bosannya mengingatkan sampah harus dibawa turun,” terang Pranginoto dilansir Kompasiana.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait