Flu Babi
Health

Flu ternyata memiliki banyak jenis, beberapa di antaranya bisa sangat berbahaya dan bahkan menimbulkan wabah kematian di dunia. Ini dia daftarnya.

WowKeren - Muncul di Amerika Utara pada April 2009, virus flu babi dengan cepat menyebar ke berbagai negara lainnya, termasuk di Indonesia. Beruntung, pada tahun 2010, WHO telah mengumumkan berakhirnya pademik atau penyebaran penyakit ini. Virus flu babi sendiri merupakan salah satu jenis flu yang berbahaya dan bisa mematikan.

Flu babi merupakan influenza H1N1 tipe A. Virus ini membuat infeksi saluran pernapasan manusia yang mirip dengan virus yang menyerang babi. Virus flu babi ini kemudian dapat menular dari satu manusia ke manusia lain meski tak terdapat kontak apapun dengan babi.

Beberapa tanda terserang flu ini sangat mirip dengan flu biasa. Gangguan seperti demam, batuk kering, radang tenggorokan, hidung tersumbat, atau juga nyeri tubuh bisa menjadi gejalanya. Flu jenis ini juga bisa menimbulkan gejala lanjut seperti penumonia, perubahan status mental, bahkan juga kematian.

Flu ini sangat cepat menular melalui batuk, bersin, atau berbicara dengan orang yang terjangkit penyakit ini. Seseorang juga mungkin tertular karena memegang benda yang terinfeksi virus dan kemudian menyentuh mulut atau hidung. Namun, virus ini tak menular lewat produk babi yang sudah dimasak.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait