Masjid Muhammad Cheng Ho di Surabaya
Travel

gimana jadinya jika budaya Islam dan Tionghoa disatukan dalam sebuah bangunan, ya? Intip di sini, yuk.

WowKeren - Kalian pasti sudah tidak asing dengan Laksamana Cheng Ho. Seorang laksamana dari Tiongkok yang melayari puluhan pusat kerajaan dan pelabuhan dagang di Asia dan Afrika, membawa pertukaran budaya dan menyebarkan agama Islam. Berkat jasanya, Cheng Ho selalu diingat dan dikenang, bahkan telah banyak masjid yang dibangun dengan namanya.

Salah satu masjid tersebut berada di Surabaya dengan nama, Masjid Muhammad Cheng Ho. Masjid ini dibangun dengan arsitektur Tiongkok yang memiliki banyak filosofi. Pada bagian atas bangunan yang bertingkat tiga bentuknya segi delapan dan menyerupai pagoda dalam kepercayaan Tiongkok berarti keberuntungan.

Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya tak hanya bergaya Tiongkok, namun juga dipadukan dengan budaya Jawa dan Arab. Ukuran masjid yang 11 x 9 meter juga memiliki filosofi. Angka 11 mengikuti ukuran awal Kakbah yang dibangun Nabi Ibrahim dan angka 9 berasal dari Wali Songo yang mempengaruhi penyebaran Islam di Nusantara.

Selain itu, Masjid Muhammad Cheng Ho yang dapat menampung sekitar 200 jamaah ini didominasi dengan warna merah, kuning, biru dan hijau. Masyarakat Tionghoa percaya bahwa keempat warna tersebut merupakan simbol dari kebahagiaan, kemasyhuran, harapan dan kemakmuran. Arsitektur yang sangat indah membuat masjid ini kerap dikunjungi wisatawan juga, lho. Saat bulan Ramadhan, lokasi ini bakal ramai saat ngabuburit.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait