Masjid Al-Islam Muhammad Cheng Ho di Palembang
Travel

gimana jadinya jika budaya Islam dan Tionghoa disatukan dalam sebuah bangunan, ya? Intip di sini, yuk.

WowKeren - Palembang juga memiliki masjid yang dibangun untuk mengingat Laksamana Cheng Ho, yakni Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho. Masjid ini mulai dibangun sejak 2005 dan diresmikan pada 2008. Dilihat dari arsitektur, masjid satu ini merupakan akulturasi dari tiga kebudayaan yakni Islam, Tionghoa dan tentunya Palembang.

Masjid Al-Islam Muhammad Cheng Ho di Palembang memiliki dua menara di samping bangunan utama. Menara tersebut berbentuk seperti pagoda, namun pada bagian paling tingginya memiliki bentuk tanduk kambing yang merupakan ciri Khas Palembang. Kedua pagoda tersebut memiliki tinggi 17 meter dengan 5 tingkat atap. Angka tersebut merupakan pemaknaan dari salat fardu, yaitu 17 rakaat dan 5 waktu dalam satu hari.

Masih membawa budaya Tionghoa, Masjid Al-Islam Muhammad Cheng Ho di Palembang ini dominan dengan warna merah dan hijau. Selain itu, pada mihrab masjid terdapat kayu yang disusun secara bertumpuk, mengingatkan pada bentuk pigura yang banyak digunakan sebagai penghias struktur bangunan di era Cina Klasik.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait