Ada Favorit Presiden Jokowi, Ini 7 Warung Makan di Solo yang Legendaris Banget
Kuliner

Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan kawasan bersejarahnya. Tak hanya itu, Solo juga memiliki banyak kuliner khas yang wajib kalian cobain!

WowKeren - Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan kawasan bersejarahnya. Kota ini memiliki bangunan tua bersejarah yang menjadi tujuan wisata menarik. Selain bangunan tua yang berserakan, banyak juga yang terkumpul di sekian lokasi sehingga membentuk beberapa kawasan kota tua dengan latar belakang sosial dan budaya masing-masing.

Kota Solo sudah dikenal sebagai salah satu pusat dan inti dari kebudayaan Jawa Kuno karena secara tradisional merupakan pengembangan tradisi Jawa. Kota ini juga terkenal sebagai kota yang harmonis dan menghargai satu sama lain.


Nah, buat yang pengen jalan-jalan ke Solo, kalian tentu enggak boleh melewatkan kuliner terkenal di sana. Bahkan beberapa tempat makan itu merupakan favorit orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo, lho.

Penasaran kan apa saja? Ayo simak di sini, ya!

(wk/nris)

1. Nasi Pecel dan Sambel Tumpang Bu Kis dengan Menu Khas


Nasi Pecel dan Sambel Tumpang Bu Kis dengan Menu Khas

Kuliner pertama di Solo yang wajib kalian cobain adalah Nasi Pecel dan Sambel Tumpang Bu Kis. Lokasinya berada di belakang kantor Pengadilan Solo. Tempat makan ini memang terlihat sederhana, namun kalian tidak akan melupakan rasa khas dari makanan yang disajikan di sini. Warung ini buka mulai pukul 07.00, lho. Cocok banget untuk sarapan.

Nasi Pecel dan Sambel Tumpang Bu Kis memiliki sambel khas cita rasa Solo, tidak terlalu pedas dan dominan manis. Paduan sayurannya juga beragam, yakni daun pepaya, bayam, kembang turi, kenikir, tauge dan kol.

Selain itu, menu istimewa di Nasi Pecel dan Sambel Tumpang Bu Kis adalah sambel tumpang. Sambal ini bukan sambal yang diolah dan disajikan dengan cobek, melainkan diolah menjadi sayur berkuah santan. Santan tersebut dimasak dengan tempe semangit atau tempe busuk yang sudah terlihat agak menghitam dan berbau mirip terasi.

2. Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno Berdiri Sejak 1970


Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno Berdiri Sejak 1970

Jika warung sebelumnya buka sejak pagi hari, Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno buka sejak dini hari. Warung satu ini dijuluki sebagai tempat nongkrong favorit orang-orang yang tidak bisa tidur di malam hari. Perlu kalian tahu bahwa warung ini sudah buka sejak 1970. Resepnya sendiri merupakan turun temurun dari ibu si pemilik sejak 1932.

Nah, meski buka pada dini hari, kalian harus sabar mengantri jika ingin makan di Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno. Menu utamanya, tentu saja gudeg ceker dengan nasi gurih, ditambah ayam kampung empuk, kuah kaldu, sambal krecek, telor bacem dan juga ceker. Kalian dapat menikmatinya sejak pukul 01.30 hingga 07.00.

Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno juga memiliki tempat yang sederhana. Pengunjung yang datang harus rela duduk di kursi panjang dan berdempetan dengan lainnya. Namun, hal ini yang membuat gudeg ini terasa makin istimewa.

3. Warung Selat Mbak Lies yang Unik


Warung Selat Mbak Lies yang Unik

Kalian pasti tahu selat Solo, kan? Salah satu makanan yang mendapat pengaruh dari budaya Belanda yang disebut hollandsche biefstuk. Tempat makan selat Solo yang terkenal adalah Warung Selat Mbak Lies. Lokasinya berada di Jalan Veteran, Gang II No 42, Serengan, Solo.

Berkunjung ke Warung Selat Mbak Lies, kalian mungkin bingung karena tempatnya seperti toko suvenir dan perabotan antik. Interior warungnya dipenuhi dengan dipenuhi oleh perabotan-perabotan antik seperti guci, piring-piring, vas bunga dan masih banyak lagi. Tempatnya bisa jadi spot foto menarik, lho.

Warung Selat Mbak Lies menyajikan beberapa varian selat Solo yang nikmat. Kalian tentu harus mencoba menu utama, yakni selat Solo. Kuliner satu ini merupakan wujud nyata perpaduan antara western food dengan sentuhan rasa Jawa. Kalian juga dapat mencoba menu lainnya seperti selat galantin, gado-gado, setup makaroni, tahu acar, timlo dan masih banyak lagi.

4. Nasi Soto Ayam Gading, Favorit Presiden Jokowi


Nasi Soto Ayam Gading, Favorit Presiden Jokowi

Kita beralih ke warung makan langganan Presiden Joko Widodo, yaitu Nasi Soto Ayam Gading. Warung soto ini didirikan oleh Siswo Martono sejak 1974. Pengelolanya mempertahankan rasa khas sejak dulu. Bahkan cara memasaknya masih menggunakan arang sebagai bahan bakar.

Menu soto ayam gading adalah soto berkuah kental dari kaldu ayam bening. Isiannya ada soun, suwiran daging ayam plus taburan bawang merah goreng dan irisan daun seledri. Sangat sederhana namun cita rasanya khas membuat hampir semua presiden Indonesia sudah berkunjung ke sini, kecuali Ir. Soekarno dan B. J. Habibie.

5. Sate Kambing Hj. Bejo yang Sering Dikunjungi Jokowi


Sate Kambing Hj. Bejo yang Sering Dikunjungi Jokowi

Selain Nasi Soto Ayam Gading, Presiden Jokowi memiliki warung makan favorit lainnya, yakni Sate Kambing Hj. Bejo. Tempat makan ini bisa disebut kuliner legendaris lantaran sudah ada sejak 1970 dan masih memiliki banyak pelanggan hingga saat ini.

Meski namanya Sate Kambing Hj. Bejo, warung ini menawarkan menu lain olahan kambing seperti sate buntel, gulai, tongseng, tengkleng dan juga nasi goreng. saking legendarisnya menu ini, banyak orang yang rela antri demi merasakan kenikmatannya.

Rahasia kenikmatan tersebut berasal dari proses pencelupan dan peresapan bumbunya yang dilakukan berkali-kali. Mulai dari saat digiling, sebelum di sate dan saat proses pemasakan. Daging satenya sangat empuk, tidak ada aroma aneh dan cita rasa yang sangat kuat.

6. Nikmati Nasi Liwet Wongso Lemu di Solo


Nikmati Nasi Liwet Wongso Lemu di Solo

Jalan-jalan di Solo enggak bakal lengkap jika kalian melewatkan Nasi Liwet Wongso. Warung ini terletak di Jalan Teuku Umar, Keprabon. Berdiri sejak 1950, warung makan ini selalu ramai akan pengunjung. Apalagi rasanya khas yang masih dipertahankan sejak dulu.

Seporsi menu utamanya teridiri dari nasi liwet, suwiran ayam, sayur labu siam, telur hingga areh atau bubur santan. Kalian juga dapat memilih lauk pelengkap seperti ingkung, dada, paha, sayap, ceker hingga ampela hati. Pengemasan makanan di sini juga masih tradisional banget dengan daun pisang. Bahkan, penjualnya mengenakan kebaya saat berjualan, lho.

7. Jajan Terkenal di Solo, Serabi Notosuman


Jajan Terkenal di Solo, Serabi Notosuman

Nah, jika sebelumnya sudah puas dengan makanan berat, kita beralih ke jajanan khas Solo. Serabi Notosuman dikenal sebagai wisata kuliner yang legendaris. Warung ini menawarkan serabi dengan cita rasa yang khas.

Serabi Notosuman juga masih mempertahankan mempertahankan cara memasaknya yakni dengan menggunakan tungku kecil. Kalian dapat memilih dua varian serabi yang terdapat di sini, cokelat atau polos. Kuliner satu ini jadi oleh-oleh khas yang selalu diburu wisatawan.

Simak kuliner legendaris Bandung di sini. Selain itu, ketahui kuliner Surabaya yang legendaris banget di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel