Libur Pemilu 2019 Bertepatan Long Weekend, Mari Kunjungi 7 Wisata Gratis di Jakarta Ini
Travel

Pemilu 2019 bertepatan dengan long weekend. Sudah tahu kalian ingin jalan-jalan ke mana? Ayo liburan hemat dengan kunjungi 7 lokasi wisata gratis di Jakarta.

WowKeren - Pada Rabu (17/4) esok, rakyat Indonesia akan menggelar pesta demokrasi, Pemilu 2019. Pemilu tahun ini tercatat sebagai yang terbesar lantaran tidak hanya memilih capres-cawapres namun juga DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota serta DPD.

Pemilu 2019 yang jatuh pada Rabu, bertepatan dengan libur panjang. Pasalnya, Jumat (19/4) merupakan tanggal merah memperingati Jumat Agung. Pasti banyak dari kalian yang mengambil cuti di tanggal 18 April untuk berlibur, kan?


Belibur di long weekend enggak harus ke luar kota, kok. Kalian yang berada di Jakarta dapat menikmati sepinya Ibu Kota yang ditinggal oleh penduduknya sementara. Manfaatkan momen ini untuk menikmati lokasi hiburan yang ada di Jakarta.

Nah, buat yang ingin keliling Jakarta, berikut 7 destinasi wisata asyik dan gratis yang dapat kalian nikmati selama long weekend. Kapan lagi liburan enggak perlu keluar uang banyak. Simak di bawah ini, ya.

1. Jalan-Jalan di Museum di Tengah Kebun


Jalan-Jalan di Museum di Tengah Kebun

Lokasi pertama yang dapat kalian kunjungi adalah Museum di Tengah Kebun. Museum ini menyimpan kurang lebih 4.000 koleksi seni dan sejarah di Indonesia dan luar negeri. Berlokasi di Jl. Kemang Timur Raya Nomor No.66, museum satu ini bisa jadi lokasi yang cocok untuk liburan saat long weekend, apalagi kalian tidak dipungut biaya sepeser pun, lho.

Museum di Tengah Kebun mulanya kediaman seorang kolektor benda seni dan antik, Sjarial Djalil. Ia kemudian membuka rumahnya sendiri untuk dipertontonkan pada masyarakat umum tahun 2009 lalu. Sebagian besar dari batu bata yang menghiasi rumah ini berasal dari bangunan VOC di pasar ikan saat itu. Fondasi yang tidak lagi kuat membuat bangunan itu dibongkar kemudian menjadi fondasi museum ini.

Berkunjung ke museum unik ini, kalian dapat menemukan 17 ruangan yang berisi koleksi menarik. Setiap ruangan diisi dengan benda koleksi, bahkan toilet yang digunakan oleh pengunjung, lho. Selain benda koleksi, kalian dapat menikmati suasana sejuk di taman museum tersebut.

2. Bercengkrama di Taman Ayodya Bersama Keluarga


Bercengkrama di Taman Ayodya Bersama Keluarga

Taman Ayodya merupakan salah satu lokasi wisata yang cukup populer di Jakarta Selatan. Taman ini berdiri di atas tanah seluas 7.500 meter persegi. Saat pagi hari, taman Ayodya sangat nyaman digunakan untuk jogging atau olahraga kecil, sementara sore hari hingga malam cocok dipakai sebagai tempat nongkrong.

Di tengah Taman Ayodya terdapat sebuah kolam buatan seluas 1.500 meter persegi yang memiliki dekorasi berupa penataan lampu berbentuk gurita dan juga air mancur. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, salah satunya adalah jalur bagi penyandang cacat yang menggunakan kursi roda.

3. Tribeca Park, Ruang Hijau di Sebuah Mall Besar


Tribeca Park, Ruang Hijau di Sebuah Mall Besar

Tribeca Park merupakan sebuah taman kecil di kompleks sebuah mall besar di Jakarta Barat, tepatnya di Kompleks Central Park Mall. Taman ini menghadirkan konsep yang menggabungkan bisnis pusat perbelanjaan modern dengan ruang terbuka yang dilengkapi dengan kolam ikan, amphitheater dan air terjun mini.

Selain itu, Tribeca Park juga memiliki tempat duduk bagi pengunjung untuk bersantai menikmati pemandangan. Tak lupa booth makanan yang dapat kalian nikmati selagi bersantai. Taman yang terbilang cukup luas ini membuat kalian merasakan suasana layaknya di luar negeri, lho.

4. Manfaatkan Ruang Terbuka Taman Kalijodo


Manfaatkan Ruang Terbuka Taman Kalijodo

Taman Kalijodo dibangun untuk menghadirkan Ruang Terbuka Hijau dan juga Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTA). Taman ini memang masih minim pohon rindang, namun kalian dapat menikmati fasilitas perpustakaan umum yang disediakan.

Tak hanya perpustakaan umum, terdapat area BMX Track dan Skate Park yang memberikan kepuasan tersendiri bagi para anak muda. Terdapat pula mural di dinding yang cukup artistik. Mural tersebut juga kerap menjadi spot foto menarik.

5. Menghirup Udara Segar di Taman Suropati


Menghirup Udara Segar di Taman Suropati

Buat yang ingin melepas penat dari aktivitas Ibu Kota, kalian dapat berkunjung ke Taman Suropati. Taman ini menghadirkan suasana yang sejuk berlawanan dengan kondisi Jakarta pada umumnya. Lokasi ini cocok untuk berkumpul bersama keluarga dan juga teman-teman.

Taman Suropati identik dengan pepohonan yang rimbun dan tinggi sebagai hinggapnya burung-burung. Kalian juga akan menemukan rumah-rumah kecil yang menjadi tempat tinggal burung merpati dan burung dara. Taman Suropati dihiasi air mancur bahkan ada 2 air mancur yang bisa dinikmati indahnya, gemercik bahkan cipratan airnya yang menyejukkan.

6. Pasar Barang Antik di Jalan Surabaya, Jakarta


Pasar Barang Antik di Jalan Surabaya, Jakarta

Nama Jalan Surabaya di Jakarta Pusat identik dengan Pasar Barang Antik. Kalian akan menemukan berbagai barang "tua" di lokasi ini. Sebut saja patung, wayang, lampu kristal, piringan hitam, kaset, lukisan, jam kuno, koin-koin kuno, mainan tradisional dan masih banyak lagi. Bagi kalian pecinta barang-barang antik, Jalan Surabaya mungkin bisa jadi surga dunia.

Setelah berburu barang antik, kalian dapat menikmati suasana hijau dan teduh ditemani semilir angin di beberapa taman di daerah tersebut, seperti Taman Suropati. Ruang terbuka hijau akan membuat penat setelah seharian berkeliling menjadi hilang.

7. Kunjungi Kota Tua Jakarta


Kunjungi Kota Tua Jakarta

Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta merupakan tempat yang enggak boleh terlewatkan saat berlibur. Kalian dapat melihat bangunan-bangunan peninggalan zaman Belanda yang masih kokoh. Lokasi ini akan mengingatkan kalian pada suasana Jakarta tempo dulu yang begitu kental.

Banyak lokasi yang dapat kalian kunjungi di Kawasan Wisata Kota Tua Jakarta. Lokasi pertama di Museum Fatahillah. Lokasi ini menjadi saksi bisu perjuangan masyarakat Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Selain itu, terdapat Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Kali Besar dan masih banyak lagi.

Selain wisata gratis, kalian dapat berkunjung ke museum kekinian yang ada di Jakarta, simak di sini. Nah, buat yang berada di Malang, simak spot foto kekinian yang bisa jadi inspirasi di sini.

You can share this post!

Related Posts
Loading...