Madu, Makanan Tanpa Batas Kedaluwarsa yang Bisa Disimpan hingga Ribuan Tahun
Kuliner

Berbagai produk makanan biasanya memiliki masa kedaluwarsa, baik yang alami maupun kemasan. rupanya ada makanan yang tidak memiliki batas kedaluwarsa, sehingga bisa disimpan dalam waktu yang sangat lama.

WowKeren - Madu adalah salah satu jenis makanan alami yang tidak memiliki batas kedaluwarsa. Tapi jangan salah, sebab madu yang dimaksud di sini adalah madu murni tanpa campuran bahan apapun, seperti yang banyak beredar di pasaran.

Bahkan arkeolog pernah menemukan madu berusia 3.000 tahun saat menggali kuburan Mesir Kuno. Menariknya, madu tersebut masih berkualitas sangat baik, utuh dan aman dikonsumsi meski terjadi kristalisasi.

Madu bisa tahan lama karena kandungan air di dalamnya sangat rendah, sehingga mikroorganisme di dalamnya tidak bisa tumbuh. Selain itu, madu juga memiliki pH yang juga rendah dan memiliki sifat anti bakteri karena adanya kandungan hidrogen peroksida. Karena itu tidak heran jika pakar kesehatan dr. Elizabeth Trattner menyebut madu sebagai salah satu bahan makanan paling sehat bagi tubuh yang tidak bisa kedaluwarsa.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru