7 Manfaat Kesehatan Ini Bakal Kalian Dapatkan Kalau Rajin Donor Darah, Bisa Untuk Jaga Berat Badan!
Health

Banyak orang takut donor darah dengan beragam alasan. Mulai dari takut jarum suntik hingga takut darahnya habis. Padahal, manfaat donor darah bagi pendonor banyak banget loh.

WowKeren - Penyumbang darah atau pendonor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan untuk transfusi darah. Terdapat dua jenis donor darah, yaitu donor darah pengganti, dan donor darah langsung.

Sayangnya, banyak orang takut donor darah dengan beragam alasan. Mulai dari takut jarum suntik hingga takut darahnya habis. Padahal, manfaat donor darah bagi pendonor banyak banget loh. Malahan setelah donor darah, tubuh jadi lebih fit karena produksi darah diperbaharui.


Selain itu, tak usah khawatir akan kehabisan darah jika kalian rutin mendonor darah. Ini karena darah memiliki kemampuan regenerasi yang luar biasa untuk mengganti semua sel dan cairan yang telah hilang. Di dalam tubuh, ada jutaan sel darah merah yang mati dan diproduksi baru setiap detiknya di saat bersamaan.

Donor darah juga diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan loh. Penasaran apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 7 manfaat donor darah untuk kesehatan. Yuk disimak!

1. Donor Darah Ternyata Bisa Menurunkan Resiko Penyakit Jantung


Donor Darah Ternyata Bisa Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Donor darah secara teratur diketahui dapat menurunkan kekentalan darah. Kekentalan darah ini merupakan salah satu faktor yang berperan dalam meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Singkatnya semakin kental darah yang mengalir dalam tubuh, maka semakin tinggi pula kemungkinan terjadinya gesekan antara darah dan pembuluh darah.

Nah gesekan yang terjadi pada pembuluh darah ini dapat merusak sel-sel dinding pembuluh darah sehingga dapat meningkatkan risiko terjadinya sumbatan pembuluh darah. Tak hanya itu, donor darah juga dapat membantu membuang kelebihan zat besi yang terdapat dalam tubuh yang dapat menyebabkan oksidasi kolesterol.

2. Mengurangi Berat Badan Juga Bisa Dilakukan Dengan Rutin Donor Darah


Mengurangi Berat Badan Juga Bisa Dilakukan Dengan Rutin Donor Darah

Jika kalian sedang dalam proses diet untuk menurunkan berat badan, enggak ada salahnya untuk mencoba donor darah. Untuk kalian yang sedang giat membakar kalori dalam tubuh, memilih untuk menjadi relawan donor darah adalah keputusan yang tepat.

Hal ini karena dengan menyumbangkan sekitar 450 ml darah, akan terjadi proses pembakaran sekitar 650 kalori. Jumlah kalori ini sudah cukup banyak untuk dapat merampingkan pinggang. Bayangkan saja jika kalian rutin donor darah, tubuh kalian juga akan semakin terjaga berat serta kalorinya.

3. Rutin Menyumbang Darah Kita Juga Bisa Menurunkan Resiko Kanker


Rutin Menyumbang Darah Kita Juga Bisa Menurunkan Resiko Kanker

Manfaat donor darah selanjutnya adalah penurunan kecil dalam resiko kanker. Meskipun kecil, namun hal ini juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan kalian yang lain. Penurunan resiko kanker Ini termasuk kanker yang terkait dengan tingkat zat besi yang tinggi seperti kanker hati, usus besar, paru-paru dan kerongkongan.

Hal ini karena kadar zat besi dalam darah yang terlalu berlebihan dianggap sebagai salah satu penyebab meningkatnya radikal bebas dalam tubuh yang dapat menjadi faktor risiko terjadinya kanker dan penuaan. Intip juga cara sederhana yang ternyata bisa cegah kanker di sini.

4. Dengan Donor Darah Produksi Sel Darah Merah Kita Justru Bakal Makin Meningkat Loh


Dengan Donor Darah Produksi Sel Darah Merah Kita Justru Bakal Makin Meningkat Loh

Nah ini yang paling umum ditakutkan oleh banyak orang soal donor darah. Banyak yang takut saat kita rutin donor darah, kita akan kehabisan darah padahal itu salah besar. Justru dengan rutin donor darah, sel darah merah kita akan semakin meningkat produksinya. Donor darah juga dapat membantu tubuh untuk menstabilkan jumlah sel darah merah.

Kalian tidak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi kembali sel darah merah yang hilang. Sebagai pendonor, kalian malah akan mendapatkan pasokan sel darah merah baru setiap kali mendonorkan darah. Hal ini merupakan langkah baik untuk menstimulasi pembentukan sel darah baru.

5. Tak Hanya Jantung, Donor Darah Juga Bisa Merawat Kesehatan Organ Hati


Tak Hanya Jantung, Donor Darah Juga Bisa Merawat Kesehatan Organ Hati

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kelebihan zat besi juga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan pada organ hati. Penelitian menemukan bahwa penyakit seperti hepatitis c dan penyakit hati lainnya dapat disebabkan zat besi yang berlebih di dalam tubuh.

Kelebihan zat besi akan disimpan dalam organ tubuh, terutama hati, jantung dan pankreas. Akibatnya, seseorang akan menderita kerusakan organ yang disebabkan oleh jumlah tinggi zat besi yang disimpan dalam tubuh. Intip juga kebiasaan sepele saat menstruasi yang membahayakan di sini.

6. Selain Fisik, Donor Darah Juga Membuat Pikiran Lebih Stabil


Selain Fisik, Donor Darah Juga Membuat Pikiran Lebih Stabil

Apakah kalian tahu bahwa manfaat donor darah bagi pendonor yang rutin dapat membantu menjaga pikiran tetap stabil? Dengan mendonorkan darah, akan membuat kalian merasa lebih bahagia dan damai. Bahagia karena dapat menolong sesama dan damai dengan tubuh sendiri.

Sebuah penelitian dalam bidang psikologi menunjukkan bahwa orang yang mendonorkan darahnya dengan tujuan menolong orang lain memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang melakukan donor darah untuk kepentingan sendiri atau bahkan tidak mendonorkan darahnya sama sekali loh. Selain itu, menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan juga bakal membuat kita merasakan kepuasan psikologis.

7. Dengan Donor Darah Kalian Bisa Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Gratis


Dengan Donor Darah Kalian Bisa Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Manfaat donor darah yang lainnya adalah kalian bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Hal ini karena untuk mendonorkan darah, kalian diwajibkan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan. Prosedur standar sebelum mendonorkan darah adalah, darah kalian akan diperiksa dari berbagai macam penyakit.

Nantinya kalian diperiksa apakah memiliki penyakit seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, malaria dan masih banyak lagi yang lainnya. Sangat penting untuk mengantisipasi penularan penyakit melalui transfusi darah. Sisi baik bagi si pendonor adalah informasi kesehatan dapat langsung diterima saat mendonorkan darah dan semua itu gratis.

You can share this post!

Related Posts
Loading...