Anak Diliburkan Karena Wabah Corona? Ajak Si Kecil Lakukan 8 Kegiatan Seru Ini Biar Enggak Bosan
Pexels/Gustavo Fring
Lifestyle
COVID-19 di Indonesia

Beberapa kepala daerah telah menetapkan untuk meliburkan sekolah selama dua pekan untuk meminimalisir penyebaran Corona. Bagi Anda yang bingung mau memberi aktivitas apa pada anak selama mereka libur, sebaiknya simak beberapa ide kreatif berikut ini.

WowKeren - Penyebaran virus Corona di Indonesia sudah semakin meluas. Hingga Senin (16/3), jumlah pasien positif Corona di Indonesia telah mencapai 134 orang. Sebanyak 5 orang di antaranya meninggal dunia, sedangkan 8 orang dinyatakan sembuh.

Demi meminimalisir penyebaran virus ini, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengimbau agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah. Beberapa kepala daerah pun telah memutuskan untuk meliburkan sekolah selama dua pekan.

Karena pemberitahuan yang mendadak, mungkin ada banyak orangtua yang bingung bagaimana memberi kegiatan kreatif pada anak usia dini selama berlibur di rumah. Apa Anda juga mengalami situasi ini? Agar tak jenuh, berikut ini ada beberapa aktivitas yang seru dan bermanfaat serta bisa dilakukan oleh orangtua dan anak di rumah. Penasaran apa saja itu?

(wk/eval)

1. Anak Libur Karena Wabah Corona? Ajak Mereka Belajar dengan Menyenangkan


Anak Libur Karena Wabah Corona? Ajak Mereka Belajar dengan Menyenangkan
Getty Images/Paco Navarro

Selama anak libur, tak ada salahnya untuk mengajak mereka tetap belajar. Orangtua bisa memanfaatkan tautan atau aplikasi belajar yang tersedia di gadget, baik yang gratis maupun berbayar. Tak hanya soal materi yang bersifat akademis, di tautan atau aplikasi tersebut biasanya juga tersedia materi yang non-akademis.

Jika Anda kesulitan mencari aplikasi bagus yang bisa membantu para siswa untuk belajar, sebaiknya simak artikel ini. Anda juga bisa melihat beberapa situs gratis yang bisa diakses untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris dengan menyimak artikel ini.

2. Memasak Bareng Anak, Cara Seru Habiskan Waktu Bareng Buah Hati di Rumah


Memasak Bareng Anak, Cara Seru Habiskan Waktu Bareng Buah Hati di Rumah

Bunda juga bisa mengajak si kecil untuk memasak bersama di dapur. Pilih makanan sederhana yang mudah dibuat dan disukai anak-anak. Atau bunda juga bisa mengajak anak untuk berlomba di dapur, misalnya membuat pizza. Bunda bisa membuat kompetisi untuk menaburkan toping pizza terlezat.

Jika bunda tak ingin repot membuat adonan, cukup beli saja roti pizza siap panggang yang dijual bebas di pasaran. Gunakan berbagai toping sederhana yang disukai anak-anak dan biarkan mereka berkreasi. Selain itu, bunda juga bisa membuat es krim atau kue bareng si kecil. Biarkan anak-anak berperan aktif selama proses memasak tersebut.

3. Membuat Komik dari Foto, Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Bareng Anak Saat di Rumah


Membuat Komik dari Foto, Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Bareng Anak Saat di Rumah

Kegiatan seru berikutnya yang bisa dilakukan bareng anak selama mereka berlibur di rumah adalah membuat buku komik dari foto. Kegiatan ini tak hanya seru dilakukan, tapi juga bisa membuat anak mengasah kemampuan berpikirnya. Bunda bisa mencetak foto mereka sendiri atau yang bersama keluarga dalam ukuran kecil. Setelah itu, gunting dan susun di atas lembaran kertas.

Biarkan si kecil berimajinasi dan membuat berbagai cerita lucu dengan foto-foto tersebut yang ditambah dengan berbagai tulisan. Bebaskan mereka membuat cerita versinya, entah itu cerita konyol, tentang kepahlawanan atau yang lainnya. Selain dibukukan, lembaran-lembaran kertas yang telah dihias dengan foto itu juga bisa ditempelkan di dinding kamarnya sebagai karya seni loh.

4. Anak Suka Bermain Slime? Kenapa Tidak Buat Sendiri Saja Mumpung Mereka Libur di Rumah


Anak Suka Bermain Slime? Kenapa Tidak Buat Sendiri Saja Mumpung Mereka Libur di Rumah

Apa anak bunda suka bermain slime? Kalau iya, tidak ada salahnya untuk membuat mereka sibuk dengan membuat slime sendiri di rumah selama berlibur. Pasalnya slime ternyata dapat digunakan untuk menyalurkan emosi anak secara positif, membuat mereka lebih kreatif serta untuk menghilangkan kejenuhan.

Bahan-bahan yang diperlukan juga cukup sederhana loh, bahkan bisa bunda temukan di rumah atau di dapur. Selain dari lem putih atau PVAC, slime juga bisa dibuat dari susu cair, bedak bayi, sabun dan tepung tapioka. Selama membuat slime, bebaskan anak berkreasi agar kreatifitasnya berkembang.

5. Bingung Mau Melakukan Kegiatan Apa dengan Anak Selama Libur di Rumah? Ajak Si Kecil Bermain Detektif


Bingung Mau Melakukan Kegiatan Apa dengan Anak Selama Libur di Rumah? Ajak Si Kecil Bermain Detektif
https://medium.com/schoolofwonder-nyc//Marta Pascual-Barea

Kegiatan lain yang bisa bunda lakukan bareng anak selama mereka berlibur di rumah adalah bermain detektif. Hal pertama yang perlu bunda lakukan adalah dengan menciptakan sebuah kasus yang disertai dengan petunjuk. Misalnya, sembunyikan mainan kesukaannya, beri mereka petunjuk di sebuah kertas, lalu suruh mereka untuk menemukan mainan yang hilang.

Kalau perlu, bekali anak dengan kaca pembesar atau kamera agar lebih seru. Kegiatan ini akan semakin seru jika orangtua menyiapkan hadiah bagi si kecil setelah ia berhasil memecahkan masalah dan menemukan barang yang hilang.

6. Berkemah, Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Bareng Anak Selama Libur di Rumah


Berkemah, Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Bareng Anak Selama Libur di Rumah

Berkemah tak perlu jauh-jauh ke gunung, sebab di rumah juga bisa. Orangtua bisa membuat kemah di halaman depan atau belakang rumah. Bermain kemah-kemahan dapat membantu anak mengembangkan motorik halus, kemampuan kognitif serta bahasanya. Yang perlu Anda siapkan adalah tenda (jika ada), kursi makan, selimut, bantal dan tikar.

Ajak anak bergerak aktif dalam kegiatan ini. Bawa kursi kecil yang bisa mereka gunakan ke tempat yang akan dijadikan lokasi kemah. Minta si kecil untuk mengangkat kursi-kursi tersebut sambil dibantu oleh Anda. Setelah itu, ikat keempat ujung selimut besar di masing-masing kursi hingga berbentuk seperti tenda.

Kegiatan ini akan melatih motorik kasar dan halus si kecil. Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan kemampuan kognitifnya dengan meminta mereka mendesain bentuk dan mengatur isi kemah, yakni dengan meletakkan bantal dan tikar.

7. Anak Libur Karena Wabah Corona? Ajak Mereka Membuat Kerajinan Tangan di Rumah


Anak Libur Karena Wabah Corona? Ajak Mereka Membuat Kerajinan Tangan di Rumah

Membuat kerajinan tangan sendiri bisa membantu anak mengasah berbagai kemampuannya. Mulai dari kemampuan kognitif, motorik halus, sensorik dan bahasa. Bunda bisa memanfaatkan berbagai barang bekas seperti kardus, karton hingga bebatuan kecil. Picu kreativitas anak untuk mengubah berbagai benda ini menjadi mainan.

Biarkan mereka berimajinasi dengan bebas dengan menggunting atau mengecat kardus sesuai dengan keinginannya. Selain itu, bunda juga bisa meminta anak mewarnai batu-batu kecil dengan cat akrilik atau cat minyak. Bebaskan mereka berkarya dengan bahan-bahan tersebut. Karena hal ini dapat membuat imajinasinya semakin berkembang.

8. Daripada Hanya Berdiam Diri, Sebaiknya Ajak Anak Mencuci Baju dan Menyapu Lantai Saat di Rumah


Daripada Hanya Berdiam Diri, Sebaiknya Ajak Anak Mencuci Baju dan Menyapu Lantai Saat di Rumah

Kegiatan bersih-bersih seperti mencuci baju dan menyapu lantai mungkin adalah hal yang membosankan bagi orang dewasa. Namun bagi anak-anak, kegiatan ini bisa sangat menyenangkan. Mencuci baju bisa membuat anak-anak belajar cara memilah pakaian berdasarkan jenis dan warna sambil berhitung. Dengan demikian, mencuci baju adalah salah satu cara menarik untuk mengajarkan matematika pada si kecil.

Selain itu, meskipun menyapu lantai mungkin terlihat sepele, faktanya hal ini sangat bermanfaat bagi anak. Selain bisa melatih kemandiriannya, menyapu lantai juga berguna untuk melatih kemampuan motorik dasar dan kognitif mereka loh. Sebab anak akan berpikir bagaimana cara praktis untuk menyapu dan mengumpulkan sampah di suatu tempat menggunakan kemampuan kognitifnya.

Demikian delapan kegiatan seru yang bisa bunda lakukan bareng anak selama mereka libur di rumah. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan orangtua untuk mengatasi anak yang kecanduan gadget. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai aplikasi parenting yang dapat digunakan untuk mengawasi tumbuh kembang buah hati.

You can share this post!

Related Posts