Biar Gak Mager Saat di Rumah Aja, Lakukan 8 Kegiatan Ini Untuk Asah Skill Selama Karantina Mandiri
Lifestyle

Menjalani karantina mandiri di rumah bisa membuat kita merasa bosan. Karena itulah beberapa orang jadi mager (malas gerak) dan hanya rebahan saja. Daripada seperti itu, sebaiknya lakukan 8 kegiatan positif ini untuk meningkatkan skill.

WowKeren - Sudah hampir dua bulan sejak karantina mandiri diberlakukan untuk meminimalisir penyebaran virus Corona. Terlalu lama berdiam di rumah seringkali membuat kita merasa bosan. Apalagi di bulan puasa seperti saat ini, demi membatasi aktivitas berat kita mungkin akan lebih sering mager atau malas gerak dan bermalas-malasan sepanjang hari.

Momen di rumah yang seharusnya bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin malah terbuang sia-sia. Padahal selama waktu itu kamu bisa mengasah skill dan meningkatkan keterampilan. Salah satunya adalah dengan melakukan berbagai kegiatan positif yang bisa memberikan manfaat untukmu sendiri maupun orang lain di sekitarmu.

Penasaran kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengasah skill selama menjalani karantina mandiri di rumah? Berikut beberapa di antaranya.

(wk/eval)

1. Membaca Buku


Membaca Buku

Kegiatan positif pertama yang sebaiknya kamu lakukan saat menjalani karantina mandiri di rumah adalah membaca buku. Kegiatan satu ini memiliki banyak manfaat luar biasa untuk diri kita. Membaca buku tidak sekedar untuk menambah wawasan, tapi juga untuk meningkatkan kecerdasan, daya ingat, konsentrasi, lebih luwes dan fasih dalam bertutur kata dan masih banyak lagi.

Sebaiknya terapkan target pada dirimu sendiri dalam membaca buku. Misalnya satu buku dalam satu minggu atau satu buku dalam satu bulan. Sehingga kamu bisa menentukan berapa lembar yang harus kamu baca setiap harinya. Dan alangkah lebih baik jika kebiasaan ini kamu teruskan saat wabah Corona sudah berakhir nantinya.

2. Ikuti Webinar atau Kelas Online


Ikuti Webinar atau Kelas Online

Selama kebijakan karantina mandiri diberlakukan, ada banyak sekali webinar atau seminar online yang diselenggarakan oleh influencer maupun organisasi tertentu. Manfaatkan kegiatan produktif satu ini untuk mengasah skill kamu selama berada di rumah. Sebab melalui forum-forum seperti ini, kamu bisa mendapatkan lebih banyak ilmu dan wawasan serta memperluas relasi.

Selain webinar, kamu juga bisa mengikuti kelas online yang kini sangat menjamur. Kamu bebas memilih materi kelas online yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginanmu. Kamu juga bisa memilih mengikuti kelas online yang gratis maupun berbayar. Saat mengikuti kelas online atau webinar, sebaiknya kamu berperan aktif dan pelajari hal-hal yang belum kamu ketahui sebelumnya.

3. Belajar Bahasa Asing


Belajar Bahasa Asing

Di era globalisasi seperti saat ini, belajar bahasa asing merupakan suatu hal yang penting dilakukan. Tidak dapat dipungkiri jika penguasaan bahasa asing juga turut berperan dalam proses melamar kerja. Selain itu, belajar bahasa asing juga memiliki segudang manfaat lainnya. Seperti lebih mudah mengikuti perkembangan teknologi, memudahkanmu bergaul di kancah internasional, memudahkanmu melanjutkan pendidikan maupun mendapatkan beasiswa di luar negeri dan masih banyak lagi.

Karena itulah sebaiknya manfaatkan momen karantina mandiri di rumah untuk belajar bahasa asing sesering mungkin. Kamu bisa memanfaatkan berbagai platform online yang banyak tersedia saat ini. Kamu juga bisa belajar bahasa asing dengan menyaksikan video-video luar negeri yang ada di YouTube. Selain itu, kamu juga bisa mengasah kemampuan bahasa asing dengan memanfaatkan delapan situs gratis ini.

4. Mulai Menulis di Blog atau Membuat Konten Kreatif


Mulai Menulis di Blog atau Membuat Konten Kreatif

Kegiatan positif lainnya yang bisa kamu luangkan untuk membunuh waktu di rumah adalah menulis karena dapat meningkatkan kreativitas diri. Kamu bisa menulis apapun dan menuangkan ide yang kamu miliki, mulai dari keresahan yang kamu rasakan hingga berbagai topik serius lainnya.

Selain itu, tak ada salahnya juga untuk membuat berbagai konten kreatif untuk diunggah di media sosial. Buat konten yang bermanfaat, baik tentang Corona, kegiatan positif selama berpuasa di bulan Ramadan maupun yang berkaitan dengan tema lain. Selain tetap produktif, kalian juga bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Menarik banget kan?

5. Melakukan Hobi


Melakukan Hobi

Setiap orang pasti memiliki hobi maupun kegiatan yang disukai. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk memilih kegiatan satu ini untuk membunuh waktu selama menjalani karantina mandiri. Dan tentu saja, hobi yang dimaksud di sini adalah jenis kegiatan yang bisa dilakukan di dalam rumah.

Misalnya melukis, membuat karya seni, menonton film edukatif dan masih banyak lagi. Dengan melakukan hobi selama menjalani karantina mandiri, kalian bisa mendapatkan energi positif karena selalu merasa gembira saat melakukan sesuatu yang memang kalian sukai. Sehingga waktu kalian enggak bakal terbuang sia-sia dan hasrat untuk mager pun akan hilang.

6. Mendengarkan Musik Klasik


Mendengarkan Musik Klasik

Kegiatan positif lainnya yang bisa kamu lakukan saat berada di rumah adalah mendengarkan musik klasik. Musik klasik memiliki sejumlah manfaat baik untuk kesehatan mental. Penelitian menunjukkan bahwa musik klasik yang memiliki irama teratur dan nada rendah sangat efektif dalam menghilangkan kecemasan dan relaksasi. Sehingga cocok banget kamu dengarkan untuk menenangkan pikiran setelah mengetahui berbagai pemberitaan buruk soal wabah Corona.

Selain memberi efek menenangkan, musik klasik juga memiliki sejumlah dampak baik lain. Seperti meningkatkan kemampuan otak, membuat seseorang jadi lebih emosional dan terbuka, membuat tidur lebih nyenyak, membuat seseorang jadi lebih produktif, mengurangi rasa sakit kronis serta membuat hubungan dengan orang lain menjadi lebih dekat.

7. Memasak


Memasak

Di tengah Pandemi Corona seperti saat ini, sebaiknya kita meminimalisir membeli makanan di luar. Karena kita tidak tahu persis bagaimana cara pemasakan makanan yang kita beli, apakah mengandung virus maupun bakteri atau tidak. Oleh karena itu, manfaatkan momen karantina mandiri untuk belajar memasak sendiri di rumah.

Memasak dapat meningkatkan daya kreativitas, melatih indra perasa, menjaga kesehatan otak, meningkatkan kesehatan tubuh dan tentunya lebih menghemat pengeluaran Anda. Berbagai pakar kesehatan mental sepakat bahwa kegiatan memasak dan membuat kue mampu melatih rasa peduli terhadap asupan makanan yang kita konsumsi. Selain itu, berbagai manfaat lain juga akan kamu dapatkan. Seperti therapeutic cooking yang mampu membantu proses pengobatan beberapa penyakit seperti skizofrenia, mood disorder, depresi dan beberapa penyakit mental lainnya.

8. Olahraga


Olahraga

Kita pasti ingin memiliki badan yang selalu sehat dan bugar. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Karena diimbau untuk tetap di rumah, sebaiknya lakukan berbagai jenis olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan seperti ini.

Meski sedang berpuasa, sebaiknya tetap luangkan waktu untuk berolahraga. Kamu bisa berolahraga di sore hari menjelang buka puasa, setelah berbuka atau ketika tubuh sudah mendapat cukup energi. Usahakan untuk melakukan berbagai olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang selama 30 menit, 3-5 kali dalam seminggu.

Demikian delapan kegiatan positif yang bisa kalian lakukan di rumah untuk mengasah skill. Simak juga artikel ini untuk mengetahui ide kegiatan seru yang bisa dilakukan bareng anak selama menjalani karantina mandiri. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips tetap produktif selama berpuasa di tengah wabah Corona.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait