Rekomendasi Film Horor Sepanjang Masa Ini Siap Bikin Kamu Auto Mimpi Buruk, Berani Nonton?
Film
#dirumahsaja

Buat kamu pecinta genre horor yang lagi mau membunuh waktu luang dengan tontonan seram, ada baiknya simak rekomendasi film horor sepanjang masa yang dirangkum oleh tim Wowkeren.com berikut ini. Apa saja, sih?

WowKeren - Seluruh masyarakat di Tanah Air saat ini diharuskan untuk mematuhi kebijakan social distancing serta self quarantine demi menekan angka penyebaran virus corona (COVID-19) di Indonesia. Bahkan beberapa sekolah dan kantor pun telah diliburkan supaya masyarakat bisa berdiam diri di rumah dan menghindari keramaian.

Akan tetapi, berada di rumah seharian tentu bukan hal yang mudah. Rasa bosan akibat larangan bersosialisasi pun pasti muncul. Namun jangan khawatir, social distancing bisa jadi kegiatan yang menyenangkan dengan berbagai hiburan online, lho.


Bukan cuma berselancar di dunia maya, menonton film-film menarik pun tentunya menjadi hiburan yang bisa membunuh rasa bosan dan membuat kegiatan #DiRumahAja jadi lebih menyenangkan. Namun tak melulu film romantis, komedi, atau sci-fi, film bergenre horor juga tak kalah asyik untuk menemani waktu senggangmu. Pasalnya tak hanya memancing rasa ketakutan dan ngeri, alur cerita film horor biasanya juga mampu membuat penonton terlarut sampai-sampai merasa dihantui, atau bahkan terbawa mimpi.

Nah, buat kamu pecinta genre horor yang lagi pengin membunuh waktu luang dengan tontonan seram, ada baiknya simak rekomendasi 10 film horor sepanjang masa yang dirangkum oleh tim Wowkeren.com berikut ini. Apa saja, sih?

(wk/luth)

1. The Shining


The Shining

Ini nih, salah satu film klasik yang enggak boleh dilewatkan buat para pecinta film horor. Diadaptasi dari novel Stephen King dan dirilis pada tahun 1980 lalu, film yang dibintangi oleh Jack Nicholson ini bisa dibilang masih jadi primadona genre horor hingga sekarang, lho.

Tak hanya memberikan kengerian dengan wujud hantu yang ditampilkan, "The Shining" juga sukses bikin merinding lewat alur cerita yang super epik dan dijamin membuat penonton memutar otak. Film ini telah dilanjutkan ke sekuelnya, "Doctor Sleep", yang dirilis pada 2019 lalu. Tapi sayangnya "Doctor Sleep" dianggap belum bisa menyaingi film "The Shining".

Untuk ceritanya sendiri, "The Shining" mengisahkan Jack Torrance (Jack Nicholson) yang menerima pekerjaan barunya sebagai caretaker di sebuah hotel terpencil bernama Overlook Hotel di saat off-season. Ia mengajak istrinya Wendy (Shelley Duvall) dan putranya Danny (Danny Llyod) untuk tinggal di hotel tersebut selama beberapa bulan. Sialnya, hotel tersebut ternyata menyimpan rahasia kelam yang misterius, bahkan lama kelamaan mengikis kewarasannya.

2. The Ring


The Ring

Kebangetan namanya kalau kamu sampai tak tahu film yang satu ini. "The Ring" sendiri merupakan remake dari film legendaris Jepang "Ringu" yang menampilkan teror mencekam si hantu populer Sadako.

"The Ring" menceritakan seorang jurnalis yang menyelidiki videotape misterius yang menyebabkan kematian bagi orang yang melihatnya. Seorang jurnalis bernama Rachel menyelidiki kematian misterius keponakannnya dan tiga temannya. Mereka meninggal pada hari yang sama dan jam yang sama, yakni pukul 22.00.

Menariknya, ada legenda yang mengatakan bahwa orang yang melihat videotape ini akan meninggal tujuh hari kemudian. Nah, buat kamu yang penasaran dengan kelanjutan kisahnya, film jadul ini layak kamu tonton kembali untuk menemani waktu senggangmu.

3. The Omen


The Omen

Salah satu primadona film horor ini menceritakan pasangan suami-istri Thorn dan istrinya Katherine yang mengadopsi seorang anak dari pastoral gereja. Mereka membesarkan anak adopsi tersebut yang diberi nama Damien.

Film ini di awal-awal terasa seperti film keluarga yang bahagia, dengan musik orkestra yang mengiringi membuat film ini terasa sangat musikal. Konflik mulai muncul saat perayaan ulang tahun Damien yang ke lima. Pengasuh Damien tiba-tiba gantung diri di tengah pesta ulang tahun Damien.

Berbagai peristiwa aneh dan kematian tragis lainnya kemudian mulai bermunculan, yang akhirnya mengungkap bahwa Damien merupakan son of devil, alias anak iblis. Damien bahkan memiliki tanda 666 (dikenal sebagai tanda iblis oleh anti-christ) di kepalanya.

Bukan hanya alur ceritanya saja yang menyeramkan, "The Omen" juga dianggap sebagai salah satu film horor yang konon kabarnya dikutuk lantaran adanya kejadian mistis yang menimpa para kru film selama syuting. Para kru film merasa dihantui setelah menggarap proyek tersebut, bahkan beberapa di antaranya ada yang meninggal secara misterius, atau bahkan tewas dengan cara tragis seperti dalam film.

4. The Conjuring


The Conjuring

Film "induk" dari "The Conjuring Universe" ini bisa dibilang sebagai salah satu sajian ciamik yang menjadi favorit para pecinta film horor era millenial. Selain mengangkat kisah nyata tentang pengalaman pasangan demonolog Ed dan Lorraine Warren, "The Conjuring" juga dikenal sebagai salah satu film yang memiliki after effect paling menakutkan bagi para penontonnya.

Film ini mengangkat setting tahun 1971 di Harrisville, Rhode Island, di mana ada pasangan suami istri Peron yang pindah ke sebuah rumah pertanian tua di sana bersama kelima putri mereka. Namun setelah pindah, mereka justru mengalami kejadian mistis yang makin lama makin mengerikan dan meresahkan.

Keluarga Peron pun memanggil Ed dan Lorraine Warren yang dikenal sebagai demonolog untuk membantu mereka. Terungkap, ternyata rumah tersebut dikutuk oleh pemilik sebelumnya.

Film ini diangkat dari kisah nyata dan disebutkan sebagai salah satu kasus tersulit yang pernah ditangani oleh pasangan Warren. "The Conjuring" sendiri menuai sukses besar secara global hingga akhirnya melahirkan beberapa film prekuel dan sekuelnya, seperti seri "Annabelle", "The Nun", hingga "The Conjuring 3".

5. The Poltergeist


The Poltergeist
Instagram

Tahun 80-an memang tahun-tahun film horor terbaik! "The Poltergeist" sendiri awalnya dirilis pada tahun 1982, dan kemudian di-remake pada 2015, di mana keduanya sama-sama mendapatkan kesuksesan besar, bahkan berlanjut ke seri-seri berikutnya.

Sesuai judulnya, "Poltergeist" mengisahkan tentang adanya sekumpulan arwah yang meneror sebuah keluarga. Namun bukan hanya karena alur cerita filmnya yang mengerikan, rumor "kutukan" dari film "Poltergeist" pun juga tak kalah menakutkan.

Rumor "kutukan" itu merujuk kematian satu per satu pemain "Poltergeist" seri pertama hingga ke-tiga. Seperti kematian Dominique Dunn yang dibunuh oleh kekasihnya sendiri, juga Heather O'Rourke yang meninggal karena penyakit ususnya terlambat dideteksi. Bahkan, cerita-cerita tentang gangguan aneh yang dialami para kru film hingga kematian satu per satu para pemain "Poltergeist" menjadi legenda urban di Negeri Paman Sam.

6. The Exorcist


The Exorcist

Diadaptasi dari novel milik William Peter Blatty, film horor yang pertama kali ditayangkan tahun 1973 ini menghadirkan sederet adegan mengerikan yang bikin terbayang bahkan walau filmnya sudah selesai.

"The Exorcist" sendiri berkisah tentang seorang gadis cilik yang kerasukan iblis yang konon diinsipirasi dari kisah nyata. Cerita bermula saat seorang wanita bernama Chris McNeil mulai menyadari adanya perubahan signifikan pada perilaku puteri tunggalnya, Regan, yang tiba-tiba dan menunjukkan gejala gangguan fisik yang tidak biasa.

Awalnya Regan diduga mengalami gangguan psikis akibat perceraian orang tuanya. Namun karena kondisinya semakin mengkhawatirkan dan tak terkendali, terungkap bahwa sebenarnya Regan dimasuki oleh roh jahat.

Dari sekian banyak film horor yang bertemakan pembebasan arwah dari tubuh manusia, film "The Exorcist" bisa dibilang juaranya. Selain mengandung cerita mistik yang membuat penontonnya merasa ketakutan, dalam film ini juga mengandung cerita mengerikan yang terjadi di dunia nyata.

Bahkan di beberapa negara, film ini dilarang beredar, lho.

7. The Exorcism of Emily Rose


The Exorcism of Emily Rose

Film ini diangkat dari kisah nyata tentang ritual pengusiran setan yang dilakukan Pendeta Moore atas seorang gadis muda bernama Emily Rose yang berujung pada kematian. Pendeta ini dituntut sudah melakukan tindakan kriminal lantaran atas kelalaian nya, seorang gadis muda meninggal.

Cerita bermula ketika Emily mengalami kejadian yang sangat mengerikan, bahkan melakukan hal-hal yang tidak wajar. Awalnya, pihak medis menyebut gejala yang dialami Emily adalah epilepsi. Namun keluarga Emily percaya bahwa gadis muda tersebut sedang dirasuki roh jahat hingga mereka memanggil Pendeta Moore.

Pendeta Moore mulai melakukan ritual pengusiran setan pada Emily, namun efeknya menjadi semakin menakutkan. Bahkan Emily tak mau makan hingga kondisinya semakin mengenaskan dan akhirnya meninggal.

8. The Evil Dead


The Evil Dead

"The Evil Dead" bisa dibilang adalah salah satu pionir formula tipikal horor, yaitu setting satu tempat terpencil, dan sekelompok anak muda dengan masing-masing sifat dan stereotip. Cerita bermula ketika sekelompok anak muda menempati sebuah kabin di tengah hutan. Seorang dari mereka tanpa sengaja memanggil setan jahat yang merasuki mereka satu persatu hingga saling membunuh.

Ketegangan dengan atmosfer mengerikan sudah muncul sejak awal film hingga akhir tanpa harus dihiasi oleh dialog-dialog yang tak penting. Bagi kamu penyuka film horor, mungkin gabungan antara kisah semcam "The Exorcist" dan genre slasher seperti film "Saw" ini bisa memuaskan hobimu.

9. Hereditary


Hereditary

Proyek garapan sutradara Ari Aster ini dijuluki sebagai film horor paling menyeramkan tahun 2018.

"Hereditary" berkisah tentang Annie, perempuan tertutup dengan banyak rahasia, yang mendapat banyak teror selepas ibunya meninggal. Ia hidup dengan suami dan anak-anaknya. Rumah tangga Annie praktis diuji dengan banyaknya teror yang setiap harinya datang.

Untuk itu, Annie kemudian mencoba mencari tahu misteri di keluarga tersebut. Salah satu misteri tersebut adalah "warisan" yang didatangkan oleh keluarganya di masa lalu. Sialnya, semakin ia berusaha menguak, bahaya yang mengancam justru semakin besar.

10. The Babadook


The Babadook

Bagi anak-anak, sebuah bedtime stories seperti apapun ceritanya akan terasa benar-benar nyata. Mereka akan merasa berbagai fantasi yang ada di dalamnya sebagai sebuah kenyataan dalam hidup. Konsep itulah yang coba diangkat oleh Jennifer Kent dalam film "The Babadook".

Filmnya dibuka dengan sebuah opening slow motion menarik, menampilkan adegan mimpi yang dialami oleh Amelia. Amelia kini merupakan orang tua tunggal setelah sang suami, Oskar, meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan saat mengantar Amelia menuju rumah sakit untuk melahirkan.

Kecelakaan itu merenggut nyawa Oskar, tapi Amelia selamat begitu pula kandungannya. Putera Amelia yang bernama Samuel merupakan seorang anak yang jika dilihat sekilas tidak jauh beda dengan anak-anak kebanyakan. Tapi Samuel punya tingkah laku aneh dan begitu percaya dengan cerita-cerita monster.

Suatu hari Samuel menemukan sebuah buku cerita misterius berjudul Mister Babadook. Tidak seperti buku anak-anak lainnya, buku itu penuh dengan gambar dan narasi menyeramkan tentang Mister Babadook, sosok monster yang mencari mangsa dan tidak akan bisa diusir. Dari situlah awal teror yang dialami Amelia berawal.

You can share this post!