Mudah Ditemukan di Dapur, 7 Bahan Alami Ini Berkhasiat Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi
Health

Kolesterol tinggi bisa menimbulkan sejumlah masalah kesehatan yang serius seperti jantung dan stroke. Karena itu, sebaiknya segera obati dengan mengkonsumsi tujuh bahan alami ini.

WowKeren - Kolesterol sebenarnya sangat dibutuhkan tubuh untuk membangun sel baru, menghasilkan hormon dan memproduksi asam empedu untuk mencerna lemak. Namun jika kandungannya terlalu berlebihan, kolesterol justru bisa menimbulkan sejumlah masalah kesehatan yang serius seperti jantung dan stroke.

Kolesterol tinggi sendiri biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti kurangnya aktivitas fisik, obesitas, merokok, mengkonsumsi alkohol hingga adanya faktor genetik. Karena itu, kadar kolesterol yang tinggi dapat dikurangi dengan rajin beraktivitas fisik, olahraga serta menerapkan gaya hidup yang lebih sehat.

Di samping itu, Anda juga bisa mengimbanginya dengan mengkonsumsi berbagai bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat kolesterol tinggi. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Bawang Putih


Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bahan paling populer digunakan untuk obat herbal. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol. Khasiat ini diperoleh dari kandungan senyawa alicin di dalamnya yang dapat mengurangi kolesterol jahat secara signifikan.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa memakan 3-4 siung bawang putih setiap hari. Jangan lupa untuk meminum banyak air setelah mengkonsumsi bawang putih karena kandungan zat dierutik di dalamnya dapat menyebabkan Anda dehidrasi.

2. Seledri


Seledri

Bahan alami berikutnya yang bisa Anda jadikan obat kolesterol tinggi adalah seledri. Seledri mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh karena mengandung ekstrak heksana yang mampu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, kandungan metanol dan etanol yang ada di dalam seledri juga bisa membuat sirkulasi darah meningkat sekaligus mengatasi peradangan pada pembuluh darah. Nah, jika Anda ingin mendapatkan manfaat tersebut, sebaiknya konsumsi satu gelas jus seledri setiap harinya.

3. Kunyit


Kunyit

Kunyit juga tak kalah ampuh untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Bahan dapur satu ini mengandung kurkumin yang memiliki sifat anti inflamasi dan berkhasiat untuk menguras asam empedu serta menekan pengaruh buruk lemak jenuh. Selain itu, kunyit juga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dan mencegah penggumpalan darah yang bisa menyebabkan stroke.

Guna mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mencampurkan setengah sendok teh kunyit bubuk dengan segelas air hangat lalu minum secara rutin pada pagi hari. Jika ingin mengkonsumsi santan, sebaiknya campurkan bubuk kunyit ke dalamnya guna menetralkan pengaruh buruknya.

4. Jahe


Jahe

Jahe dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak khasiat kesehatan, salah satunya adalah untuk menurunkan kolesterol tinggi. Dalam sebuah studi yang dilakukan selama 45 hari terhadap 85 orang dengan kolesterol tinggi, tiga gram bubuk jahe dapat menurunkan kolesterol secara signifikan.

Pernyataan tersebut didukung dengan penelitian lain yang dilakukan pada tikus hipotiroid. Hasilnya, ekstrak jahe ternyata mampu menurunkan kolesterol LDL hingga tingkat yang sama dengan obat penurun kolesterol. Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk mengkonsumsi jahe secara rutin jika Anda ingin menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

5. Biji Ketumbar


Biji Ketumbar

Ketumbar dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang bisa membuat aroma masakan menjadi lebih menggoda. Di samping manfaatnya tersebut, ketumbar ternyata juga dapat dijadikan sebagai obat alami untuk menurunkan kolesterol. Biji ketumbar mengandung beberapa jenis asam yang dapat mencegah pengendapan kolesterol darah secara efektif. Selain itu, ketumbar juga bisa menjaga kesehatan jantung serta menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Jika ingin mendapatkan manfaat tersebut, sebaiknya konsumsi air ketumbar secara rutin. Caranya mudah, pertama-tama masak dua sendok ketumbar dengan air mendidih lalu saring. Bila tak menyukai rasanya, Anda bisa menambahkan sedikit madu sebagai pemanis. Setelah itu, konsumsi dua kali sehari setiap pagi dan sore hari secara rutin.

6. Daun Salam


Daun Salam

Daun salam yang biasanya digunakan sebagai penyedap masakan ternyata juga dapat menurunkan kolesterol jahat sambil meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departemen Teknologi Medis di Universitas Swasta Zarqa di Yordania menunjukkan penurunan kadar kolesterol pada semua pasien yang mengkonsumsi daun salam setiap hari selama satu bulan.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, pertama-tama siapkan 10-15 lembar daun salam lalu rebus dengan 3 gelas air. Setelah tersisa satu gelas, saring air rebusan tersebut dan konsumsi saat dingin. Agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya konsumsi di malam hari.

7. Cuka Sari Apel


Cuka Sari Apel

Bahan alami berikutnya yang bisa Anda jadikan sebagai obat kolesterol tinggi adalah cuka sari apel. Kandungan serat larut yang ada di dalam cuka sari apel dapat menyerap kolesterol jahat dan lemak dalam tubuh. Cuka sari apel juga mengandung asam amino yang dapat menetralkan kolesterol jahat dan membantunya keluar dari tubuh dengan sendirinya.

Cara mengkonsumsinya pun sangat mudah, sebab Anda hanya perlu mencampur segelas air dengan satu sendok teh cuka sari apel organik. Usahakan untuk mengkonsumsinya dua sampai tiga kali sehari setidaknya selama satu bulan.

Demikian tujuh bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati sengatan lebah. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang berkhasiat untuk mengatasi vagina yang gatal.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait