Minim Kontak dan Enggak Bikin Dompet Kering, Ini 7 Alternatif Liburan Akhir Tahun yang Patut Dicoba
Travel

Bagi kalian yang ingin berlibur namun minim budget sekaligus takut mengeksplor tempat wisata karena pandemi, sebaiknya jangan pasrah begitu saja. Sebab WowKeren telah merangkum beberapa alternatif berlibur yang bisa kalian lakukan di akhir tahun.

WowKeren - Liburan akhir tahun merupakan salah satu momen yang paling ditunggu, baik oleh anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Mereka biasanya akan memanfaatkan momen ini untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga, pasangan maupun sahabat dekat.

Sebagian orang rela menabung jauh-jauh hari agar bisa berlibur ke berbagai destinasi menarik. Namun sebagian lainnya tak bisa menyisihkan tabungan karena memiliki banyak pengeluaran. Terlebih di tengah pandemi seperti saat ini, sebagian orang masih takut untuk mendatangi tempat wisata yang ramai karena takut akan tertular virus Corona.

Bagi kalian yang termasuk dalam dua kategori terakhir, sebaiknya jangan pasrah begitu saja. Sebab ada banyak alternatif kegiatan yang bisa kalian lakukan untuk menghabiskan waktu libur akhir tahun. Kegiatan tersebut tergolong cukup aman karena minim kontak dengan orang lain dan tidak memerlukan banyak biaya. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Quality Time Bareng Keluarga di Rumah


Quality Time Bareng Keluarga di Rumah

Liburan tak melulu soal bepergian. Bersenang-senang dan menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga di rumah juga bisa kalian jadikan ide berlibur yang seru. Selain itu, opsi satu ini juga enggak bikin dompet kering dan mampu meminimalisir penularan virus Corona.

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa kalian lakukan bareng keluarga di rumah. Seperti pesta kebun, menonton film bersama, memasak bareng anak-anak, bermain game, piknik di halaman rumah dan masih banyak lagi. Meski tak semewah liburan pada umumnya, opsi satu ini dijamin bakal meninggalkan kenangan yang berkesan!

2. Staycation di Hotel


Staycation di Hotel

Alternatif berikutnya yang bisa kalian coba adalah staycation di hotel. Kegiatan satu ini sangat cocok buat kalian yang ingin melepas stres namun sedang malas dan takut bepergian ke tempat wisata. Dengan melakukan staycation, kalian bisa beristirahat seharian untuk kabur dari padatnya rutinitas yang melelahkan.

Jika kalian memiliki budget yang minim, sebaiknya pilih hotel atau penginapan terjangkau dengan fasilitas yang memadai seperti TV, WIFI gratis, kamar yang bersih dan sebagainya. Manfaatkan fasilitas tersebut untuk menikmati me time atau family time dengan mendengarkan musik, menonton film favorit maupun sekedar menikmati pemandangan di luar jendela. Bagi kalian yang tertarik melakukan staycation, sebaiknya simak artikel ini untuk menemukan hotel yang tepat.

3. Camping


Camping

Camping atau berkemah juga bisa kalian lakukan untuk menghabiskan waktu libur akhir tahun. Kegiatan satu ini dapat dijadikan sebagai ajang rekreasi untuk beristirahat dari penatnya rutinitas sekaligus untuk menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga maupun orang terdekat. Puncaknya saat malam tiba, kalian bisa membuat api unggun sambil menikmati gemerlap bintang bersama mereka.

Bila menginginkan pengalaman yang lebih berkesan, sebaiknya pilih konsep liburan glamping atau glamour camping. Jenis liburan ini sama seperti camping pada umumnya. Hanya saja, kalian akan mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap dan menarik. Selain itu, glamping juga menjadi pilihan berlibur yang tepat bagi kalian yang ingin menerapkan social distancing di tengah pandemi.

4. Ajak Anak ke Museum


Ajak Anak ke Museum

Mengunjungi wisata edukasi juga bisa kalian pilih untuk menghabiskan waktu libur akhir tahun. Salah satu destinasi yang bisa kalian kunjungi adalah museum yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak. Ajak anak-anak dan biarkan mereka mempelajari berbagai benda yang ada di sana serta peristiwa sejarah apa saja yang menyertainya.

Saat tour guide menjelaskan informasi dari berbagai benda bersejarah di sana, minta si kecil untuk memperhatikannya baik-baik. Sebab dengan begitu pengetahuan anak akan bertambah dan rasa nasionalismenya akan tumbuh secara perlahan. Ingat, bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya sendiri.

5. Road Trip


Road Trip

Alternatif liburan lain yang bisa kalian lakukan adalah road trip. Sesuai dengan namanya, road trip merupakan cara bepergian melalui jalur darat dengan menggunakan mobil. Karena menggunakan kendaraan pribadi, liburan jenis ini dianggap lebih aman dilakukan saat pandemi. Sebab ketika mengendarai mobil pribadi, kalian bisa meminimalisir interaksi dengan banyak orang.

Selain itu, road trip juga memungkinkan kalian untuk menjelajahi lebih banyak tempat baru sembari menghabiskan waktu yang berkualitas dengan keluarga. Yang tak kalah menarik, kalian bisa berhenti di manapun dan kapanpun selama perjalanan. Bila sedang lelah mengemudi, kalian bisa menepi sejenak sambil berbagi percakapan hangat dengan orang terdekat.

6. Memancing


Memancing

Meski terkesan sederhana, memancing bisa menjadi aktivitas menyenangkan yang bisa kalian lakukan selama liburan akhir tahun. Memancing tak harus dilakukan di laut dengan menggunakan perahu besar, sebab kalian bisa melakukannya di sungai atau danau yang berdekatan dengan rumah.

Pilih lokasi yang sepi kemudian ajak pasangan dan si kecil untuk memancing bersama. Jika ada kompor portabel di rumah, bawa ke lokasi memancing agar kalian bisa langsung memasak hasil pancingan di sana. Biar lebih seru, lakukan piknik dadakan di sana sembari menikmati makanan dan berbincang bersama keluarga.

7. Wisata Kuliner


Wisata Kuliner

Ide liburan terakhir yang WowKeren rekomendasikan adalah wisata kuliner. Berpetualang untuk mencicipi makanan baru tak hanya untuk memenuhi kebutuhan perut, namun juga bisa memberikan kebahagiaan tersendiri. Jangan ragu untuk mengeskplor wisata kuliner yang ada di dekat rumah. Misalnya restoran atau kafe yang baru buka, makanan kaki lima yang terkenal akan cita rasanya dan lain sebagainya.

Bila perlu, coba cicipi kuliner khas atau kuliner legendaris di daerah tertentu. Dengan menikmati kuliner tersebut, kamu bisa mengetahui kebiasaan maupun budaya dari daerah tersebut. Apalagi biasanya kuliner legendaris memiliki cita rasa yang telah teruji oleh waktu dan disukai hampir semua orang dari generasi ke generasi.

Demikian tujuh alternatif liburan akhir tahun yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips liburan aman dan menyenangkan di tengah pandemi. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips menginap di hotel saat new normal.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait