Produk Kosmetik Gisella Anastasia Tersandung Izin BPOM, 10 Artis Ini Geluti Bisnis Serupa
Instagram/gisel_la
Selebriti

Tak sedikit artis Tanah Air yang menggeluti bisnis lain di luar dunia hiburan. Seperti bisnis kecantikan, di mana para artis itu membangun mereknya sendiri hingga dikenal luas.

WowKeren - Setiap profesi pasti memiliki yang namanya risiko, baik itu besar maupun kecil. Begitu pun juga dengan seorang pengusaha. Memang, jika dilihat dari luar, menjadi seorang pengusaha memang sangat menguntungkan. Namun, bukan berarti profesi pengusaha tidak memiliki risiko. Tentu saja ada. Sebab, jika terjadi masalah pada usahanya, maka ia sendiri yang harus menanggung.

Meski begitu, menggeluti bisnis milik sendiri memang cukup menggiurkan dan menguntungkan. Tak ayal, banyak artis Tanah Air yang kemudian memutuskan untuk menjadi pengusaha, di luar berkutat dengan kesibukan mereka sebagai artis. Bisnis yang digelutinya pun juga bermacam-macam, mulai dari bisnis kuliner, fashion, hingga kosmetik.


Gisella Anastasia, adalah salah satu Artis Tanah Air yang menggeluti bisnis kosmetik dan skincare lewat mereknya Madame Gie. Namun sayangnya, baru-baru ini merek tersebut tersandung masalah izin edar. Beberapa produk kecantikannya telah ditarik oleh BPOM dari peredaran lantaran mengandung bahan yang dilarang.

Dalam menyikapi ini, Gisella mengucapkan terima kasih kepada BPOM yang sudah menjalankan tugasnya dengan baik. Ia pun juga meminta maaf atas kejadian itu, dan menegaskan jika sedari awal dia memiliki komitmen untuk memperhatikan keamanan pengguna dan melakukan semuanya sesuai prosedur.

Namun, terlepas dari masalah tersebut, sebetulnya bukan hanya Gisel yang memiliki brand kosmetiknya sendiri. Sejumlah artis Indonesia ada yang terjun menggeluti bisnis serupa. Untuk itu melalui artikel ini, tim WowKeren ingin mengajak pembaca sekalian untuk menyimak siapa saja artis lainnya yang juga menggeluti bisnis kosmetik. Berikut ulasan lengkapnya.

(wk/zodi)

1. Luna Maya


Luna Maya
Instagram/lunamaya/namabeauty.co

Artis kaya raya Luna Maya memulai startup kosmetik sekaligus skincare-nya dengan merek NAMA Beauty, pada tahun 2019 lalu bersama Marcel Lukman. Lewat NAMA Beauty, Luna ingin menunjukkan bahwa setiap perempuan itu cantik dan mengajak perempuan untuk lebih percaya diri dengan dirinya. Adapun produk pertama yang dirilis adalah lip cream.

Kini, merek tersebut sudah menyediakan berbagai produk kosmetik dan skincare seperti cushion eyeshadow, brow pencil, pelembap, hingga brightening serum. "Semangat dari Nama Beauty adalah Beauty in your own way. No more hiding, we are bold, alive but responsible at the same time," kata Luna beberapa waktu lalu. Luna memastikan bahwa produknya sudah mengantongi sertifikat keamanan BPOM dan halal dari MUI.

2. Titi Kamal


Titi Kamal
Instagram/titi_kamall/kamaliabeauty

Selain memiliki bisnis kuliner, aktris cantik Titi Kamal juga menggeluti bisnis kecantikan lewat mereknya yang bernama Kamalia Beauty. Merek ini menjual berbagai produk kosmetik seperti brow definer, eyeliner, lipmatte, dan lipstik. Untuk mendukung bisnisnya ini, istri Christian Sugiono itu menggandeng influencer kenamaan Tasya Farasya untuk meluncurkan Double Treasure, produk pewarna bibir.

Merek ini diluncurkan Titi pada 2018 silam. "Lumayan pemikiran panjang menuju terjun di bisnis kecantikan, dan setelah setahun mencari formula yang tepat, lahirlah Kamalia Lip Matte," kata Titi. Selain itu, melalui Instagram Kamalia Beauty, Titi sering memberikan potongan untuk produk kosmetiknya.

3. Natasha Wilona


Natasha Wilona
Instagram/natashawilona12/marshwill

Selain menggeluti bisnis fashion dan kuliner, artis muda Natasha Wilona rupanya turut mencoba peruntungannya di bidang kosmetik, setelah sebelumnya meluncurkan produk masker wajah Bio Kefir by Natasah Wilona. Merek kosmetiknya yang diberi nama Marshwillow menawarkan produk yang murah namun tidak murahan.

Produk kosmetik Marshwillow memiliki kemasan yang cute, karena pada dasarnya memang ditujukan untuk anak muda. Marshwillow sendiri diluncurkan saat pandemi COVID-19, dan Natasha ingin agar para penggemarnya bisa membelinya dengan harga terjangkau. Beberapa produk Marshwillow termasuk BB cushion, bedak tabur, blush on, hingga eye palette.

4. Ussy Sulistiawaty


Ussy Sulistiawaty
Instagram/ussypratama/dissy.id

Ussy Sulistiawaty merintis bisnis kosmetiknya pada tahun 2014 lalu yang bernama Dissy. Tak sendiri, ia pun dibantu oleh sang suami, Andhika Pratama. Hingga beberapa tahun setelahnya ketika Dissy bisa masuk ke mal, Ussy mengaku senang. "Dissy itu aku buat tahun 2014, biasanya sebelum ada Lunadorii, produknya masuk di pasar-pasar tradisional," katanya pada 2017 lalu.

Pada tahun 2018, Ussy melakukan rilis ulang terhadap mereknya dengan tagline Dissy Reborn. Adapun salah satu alasannya karena Ussy kurang puas dengan desain kemasannya. Ussy mengatakan bahwa untuk memberikan kepuasan lebih pada konsumen, Dissy Reborn dibuat dengan teknologi, formula, dan kemasan yang lebih bagus.

5. Cathy Sharon


Cathy Sharon
Instagram/cathysharon

Cathy Sharon meluncurkan produk makeup pada tahun 2019 lalu. Diberi nama Sada by Cathy Sharon, merek ini ditujukan untuk mengangkat kecantikan perempuan Asia yang memiliki warna kulit beragam. "Memberikan perspektif yang berbeda di dunia beauty soal kecantikan itu sendiri. Kecantikan orang Indonesia itu bukan satu jenis, tapi beragam," katanya.

Merek ini sangat kental dengan budaya Indonesia. Terbukti dengan pemilihan kata "sada" yang berarti kesadaran dalam bahasa Sansekerta. Kemasannya juga menarik, misalnya untuk produk pewarna bibir yang mengusung motif batik pada latar belakang hitam. Sada menawarkan produk seperti concealer, lip tint, lip gloss, dan eyeshadow.

6. Aurel Hermansyah


Aurel Hermansyah
Instagram/ aurelie. hermansyah/aure

Aurel Hermansyah juga menjadi salah satu selebriti Tanah Air yang memiliki merek kosmetik sendiri yang diberi nama Aurellolly Cosmetics. Tak hanya menjual produk yang berfokus untuk merias bibir, merek Aurel ini juga menawarkan produk blush on, bulu mata palsu, dan eye shawdow.

Saat pertama merintis mereknya itu, Aurel mengaku harus berjuang untuk bisa bersaing dengan merek-merek lainnya. Hal itu mengingat ada banyak sekali merek kosmetik yang beredar di pasaran. "Bisnis 'kan naik turun ya. Gimana pun aku tetap coba untuk stay, kalau bisa naik jangan sampai turun," ungkapnya beberapa waktu lalu.

7. Jessica Iskandar


Jessica Iskandar
Instagram/inijedar/jedarcosmetic

Selain memiliki bisnis kuliner maupun properti, artis multitalenta Jessica Iskandar juga tak kalah meluncurkan produk kosmetiknya sendiri, Jedar Cosmetic. Merek ini merilis berbagai produk seperti lipstik, bedak tabur, lip gloss, eyebrow, air cushion, dan juga blush on. Untuk harganya bervariasi, yakni berkisar mulai Rp70.000-an hingga Rp225.000.

Selain menawarkan produk kosmetik, Jedar Cosmetic juga menyediakan produk untuk perawatan kulit atau skincare. Saat meluncurkan produk baru beberapa waktu lalu, Jessica sempat mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantunya. "Seneng banget banyak banget juga yang bantu, yang sayang dari temen-temena artis, selebgram," katanya.

8. Salshabilla Adriani


Salshabilla Adriani
Instagram/salshabillaadr/sashiseoul

Salshabilla Adriani meluncurkan merek kosmetiknya dengan produk matte liquid lipstick pada 2018 lalu. Diberi nama Sashi, Salshabilla mengklaim jika produk-produknya diformulasikan di Korea Selatan dan tidak diujicobakan ke binatang atau cruelty-free. "Dan vegan-friendly (tidak mengandung bahan hewani). Pokoknya benar-benar halal, vegan dan cruelty-free," ujarnya.

Salsa juga sempat mengungkap sulitnya membangun bisnisnya sendiri. "Jadi, ini pengalaman baru yang benar-benar menyenangkan sekali dan akhirnya aku tahu rasanya terjun ke dunia bisnis," tambahnya. Sashi Cosmetics kemudian diakuisisi oleh perusahaan asal Korea Selatan sehingga namanya berubah menjadi Sashi Seoul.

9. Nikita Willy


Nikita Willy
Instagram/nikitawillyofficial94/dre

Ada kalanya seseorang memulai bisnisnya karena kecintaannya terhadap sesuatu. Seperti Nikita Willy yang merilis merek kecantikannya sendiri, Dreamy. Dreamy milik Nikita Willy ini selain menjual produk kosmetik seperti pensil alis dan lip gloss, juga menyediakan produk perawatan kulit. Tak hanya produk, Nikita juga meluncurkan klinik kecantikan.

Diberi nama Dreamy Clinic, klinik kecantikan itu ia bangun bersama sang ibu. Tentu saja, hal ini juga tak lepas dari minatnya yang tinggi terhadap kecantikan. "Aku berpikir sama mama bagaimana kalau kita membuka usaha buat skin care sendiri. Supaya kita bisa membantu orang banyak untuk mendapatkan kulit yang mereka impikan," kata Nikita.

10. Nana Mirdad


Nana Mirdad
Instagram/nanamirdad_/namir.beauty

Nana Mirdad memang diketahui mulai jarang terlihat di layar kaca. Istri Andrew White ini rupanya sibuk menggeluti bisnisnya, salah satunya bisnis kosmetik dengan mereknya Namir Beauty. Mulanya, ia melihat ada peluang untuk terjun ke dunia bisnis ini. "Selain itu saya memang ada ketertarikan, jadi bisnis ini terasa menyenangkan," ungkapnya beberapa waktu lalu.

Dia juga mengakui bahwa untuk mendirikan mereknya itu juga tidak mudah. Terlebih lagi sudah ada banyak merek kosmetik saat ini hingga ia pun harus menghadapi persaingan yang ketat. Berawal dari membuka gerai online, Nana melihat bahwa produknya diterima baik oleh masyarakat sehingga mendorongnya untuk membuka sejumlah toko di berbagai kota di Indonesia.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait