(G)I-DLE dan IVE Puncaki Penjualan Album Girl Grup Meski dari Agensi Menengah
Instagram/official_g_i_dle/ivestarship
Musik

(G)I-DLE dan IVE mengalahkan girl grup dari 4 agensi raksasa dalam hal penjualan album di minggu pertama rilis. NewJeans yang bahkan disebut memiliki banyak penggemar kalah jauh dari keduanya.

WowKeren - (G)I-DLE dan IVE memimpin hasil penjualan album girl grup hingga pertengahan tahun 2024 ini. Keduanya dinobatkan sebagai grup yang menempati posisi pertama dan kedua yang penjualan albumnya paling tinggi di minggu pertama setelah rilis.

Menariknya lagi, mereka berdua sama-sama berasal dari agensi yang dikatakan memiliki kualitas menengah, yakni CUBE Entertainment dan Starship Entertainment. Sedangkan girl grup dari agensi besar seperti HYBE, SM Entertainment, YG Entertainment, hingga JYP Entertainment berhasil mereka geser posisinya.

Hal ini membuktikan bahwa grup dari agensi menengah pun dapat sukses, bahkan melebihi grup agensi raksasa. Semuanya dapat dilihat pada tabel data yang diunggah ke beberapa platform media pada Selasa (4/6).

Dalam tabel tersebut, (G)I-DLE berhasil menjual sebanyak 1.537 juta kopi album terbaru mereka yang bertajuk "2". Album yang dirilis pada tanggal 29 Januari 2024 ini nyatanya mendapat sambutan antusias dari para penggemar. Pengaruh (G)I-DLE terbukti dapat mengalahkan girl grup lainnya dan bertengger di posisi pertama.

Selanjutnya untuk posisi kedua ditempati oleh IVE. Grup yang digawangi oleh Jang Won Young cs ini juga patut diacungi jempol karena telah menjual sekitar 1.318,4 juta kopi album comeback-nya yang bertajuk "IVE SWITCH". Padahal, album ini baru dirilis pada 29 April lalu.


(G)I-DLE dan IVE Puncaki Penjualan Album Girl Grup Meski dari Agensi Menengah

Source: instiz

Untuk posisi berikutnya baru diikuti oleh aespa, TWICE, LE SSERAFIM, NewJeans, NMIXX, BABYMONSTER, ILLIT, dan ITZY. Bahkan NewJeans yang kabarnya memiliki banyak penggemarnya, nyatanya penjualan album "How Sweet" mereka mengalami penurunan.

Single yang dirilis pada 24 Mei ini berhasil terjual sebanyak 884.717 kopi dalam minggu pertama. Angka ini menandai penurunan drastis sebesar 46,3% dibandingkan dengan penjualan awal mini album mereka sebelumnya, "Get Up," yang terjual sebanyak 1.650.181 kopi pada bulan Juli tahun sebelumnya.

Proyeksi awal cukup optimis, karena "How Sweet" melonjak hingga lebih dari 810.000 eksemplar terjual pada hari debutnya, menunjukkan potensi penjualan satu juta. Namun, penjualan mengalami penurunan tajam sejak hari kedua dan seterusnya, dengan hanya sekitar 70.000 eksemplar tambahan terjual sepanjang sisa minggu pertama, yang berpuncak pada total 891.179 eksemplar terjual pada 3 Juni.

Analis berspekulasi bahwa penurunan penjualan ini ada kaitannya dengan konflik yang terjadi antara ADOR dan HYBE. Yang mana perseteruan ini menyeret sejumlah nama girl grup seperti aespa, LE SSERAFIM, hingga ILLIT.

(wk/lara)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait