Anti Melar Setelah Lebaran, Ikuti 8 Tips Ini Untuk Melangsingkan Badan Usai Hari Raya
Lifestyle
Idul Fitri 2020

Di momen lebaran, tidak sedikit orang yang 'balas dendam' dengan menyantap banyak makanan. Alhasil, berat badan bisa naik dengan mudah. Karena itulah penting untuk mengontrol pola makan dengan beberapa tips berikut ini.

WowKeren -

Setelah berpuasa selama sebulan penuh, seringkali kita balas dendam dengan menyantap banyak makanan di hari raya. Apalagi saat lebaran biasanya banyak tersedia hidangan lezat yang menggugah selera. Seperti ketupat, opor ayam, rendang hingga berbagai camilan manis yang nikmat.

Karena itulah tak heran jika berat badan mudah naik setelah lebaran. Dalam beberapa kasus, tidak sedikit orang yang mengalami lonjakan kadar kolesterol. Karena itulah penting bagi kita untuk mengontrol pola makan di musim lebaran agar berat badan tetap ideal. Penasaran bagaimana caranya? Simak informasinya berikut ini.


(wk/eval)

1. Perbanyak Minum Air Putih


Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu tips diet sehat paling ampuh adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Hal ini dikarenakan air putih bisa membantu menghilangkan lemak di dalam tubuh dan juga mengatasi rasa lapar. Bahkan terkadang saat seseorang merasa lapar, yang ia butuhkan bukan asupan makanan melainkan air putih.

Apalagi jika di hari raya kamu mengkonsumsi beragam makanan berlemak, pastikan untuk memperbanyak konsumsi air putih ya. Karena air putih mampu menghancurkan lemak tersebut yang tentunya bisa menjadi cara alami untuk menurunkan berat badan. Dengan demikian, kamu bisa mengontrol berat badan dengan baik setelah lebaran.

2. Kurangi Karbohidrat


Kurangi Karbohidrat

Mengurangi konsumsi karbohidrat juga bisa menjadi cara diet alami yang bisa kamu lakukan setelah lebaran. Sebaiknya hindari makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi seperti pasta, roti dan beras. Perlu diketahui bahwa karbohidrat jahat yang terdapat pada roti dan pasta dapat menyebabkan gula darah meningkat yang bisa berubah menjadi lemak.

Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan protein. Selain itu, kamu juga bisa menggantinya dengan makanan yang memiliki karbohidrat sehat seperti kentang, sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan susu rendah lemak.

3. Konsumsi Green Juice


Konsumsi Green Juice

Salah satu cara untuk mendetoks tubuh adalah dengan mengkonsumsi green juice. Saat perut mulai terasa lapar, sebaiknya minum green juice sebanyak empat kali dalam sehari untuk membuatmu tetap merasa kenyang. Untuk pemula, kamu bisa mencampur sayuran dengan buah-buahan kesukaanmu untuk dihaluskan sebagai minuman. Cara ini tak hanya mampu menurunkan berat badanmu, tapi juga bisa membuat tubuh lebih sehat.

Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi air hangat dengan irisan lemon yang bisa membantu detoks dan menurunkan berat badan. Air lemon memiliki serat pektin yang dapat mengurangi rasa lapar sehingga bisa mencegahmu makan secara berlebihan. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya juga bisa mengurangi lemak dalam tubuh. Agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya konsumsi minuman ini secara rutin dalam seminggu.

4. Kurangi Camilan dan Ganti Snack dengan Buah-Buahan


Kurangi Camilan dan Ganti Snack dengan Buah-Buahan

Saat lebaran, di rumah biasanya ada banyak sekali camilan berupa kue kering yang lezat dan menggoda. Tak dapat dipungkiri jika kita akan memakannya di saat senggang maupun ketika berkumpul bersama keluarga. Jika terlalu banyak ngemil kue tersebut, lama-lama berat badan kita akan naik. Karena itulah sebaiknya kurangi makan camilan jika kamu berniat menurunkan berat badan setelah lebaran.

Alih-alih ngemil kue lebaran, sebaiknya konsumsi buah-buahan sebagai pengganti snack saat merasa lapar. Selain itu, perbanyak juga konsumsi sayuran, oatmeal, roti gandum dan juga nasi merah agar kebutuhan serat senantiasa terpenuhi. Sebab konsumsi serat juga bisa menanggulangi lemak yang menumpuk di tubuh.

5. Kurangi Konsumsi Makanan Berlemak


Kurangi Konsumsi Makanan Berlemak

Di antara jenis makanan yang menjadi penyumbang kalori utama adalah hidangan manis dan berlemak. Jenis makanan ini tak hanya akan membuat berat badan tubuh mudah naik, tapi juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Seperti diabetes, kolesterol tinggi, hipertensi, stroke hingga penyakit jantung.

Oleh karena itu, jika kamu ingin mengontrol berat badan setelah lebaran sebaiknya hindari jenis makanan tersebut serta makanan yang digoreng ya. Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang direbus, dikukus, disteam dan dipepes saja agar proses dietmu bisa berjalan dengan lancar.

6. Hindari Kopi Manis dan Ganti dengan Infused Water


Hindari Kopi Manis dan Ganti dengan Infused Water

Bagi kamu yang terbiasa minum kopi manis, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan tersebut jika ingin menurunkan berat badan setelah lebaran. Kopi manis memang nikmat disantap, namun minuman satu ini bisa merusak proses diet sehatmu. Sebagai gantinya, kamu bisa meminum kopi tanpa gula agar berat badanmu turun secara perlahan.

Selain itu, sebaiknya perbanyak konsumsi infused water karena jenis minuman menyehatkan ini bisa menjadi salah satu solusi yang tepat untuk kamu yang sedang diet. Di antara buah yang efektif dijadikan infused water sebagai penurun berat badan adalah lemon. Hal ini dikarenakan kandungan pektin di dalamnya mampu mengontrol kalori dalam tubuh.

7. Rutin Berolahraga


Rutin Berolahraga

Jika kamu ingin menjaga badan tetap sehat dan langsing setelah lebaran, pastikan untuk rutin berolahraga. Tak perlu olahraga berat, sebab kamu bisa melakukan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang saja asal dilakukan secara rutin untuk membakar kalori dalam tubuh.

Demi menghindari penyebaran virus Corona, sebaiknya lakukan beberapa olahraga ringan di dalam rumah. Contohnya seperti push up dan sit up, senam aerobik, yoga, lompat tali, naik turun tangga, angkat beban hingga kardio. Dengan begitu, metabolisme tubuh bisa berjalan dengan semestinya dan lemak tidak semakin menumpuk.

8. Alihkan Pikiran dari Makanan dengan Aktivitas yang Lebih Bermanfaat


Alihkan Pikiran dari Makanan dengan Aktivitas yang Lebih Bermanfaat

Tips berikutnya yang bisa kamu terapkan adalah dengan mengalihkan pikiran dari makanan. Caranya cukup mudah, yakni kamu bisa melakukan berbagai aktivitas yang lebih bermanfaat agar kita tak melulu makan saat menghabiskan lebaran di rumah. Kamu bisa menyambung tali silaturrahmi dengan sanak saudara secara online, membaca buku, bercengkrama dengan keluarga inti dan masih banyak lagi.

Demikian delapan tips diet sehat setelah lebaran yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai ide kegiatan lebaran di rumah yang bisa dilakukan bersama keluarga tercinta. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips agar tetap sehat dan bugar selama lebaran.

You can share this post!

Related Posts