Baik Untuk Ibu Hamil dan Janinnya, Ini 7 Manfaat Air Rebusan Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh
Health

Jika dikonsumsi secara rutin, air rebusan kacang hijau dapat memberikan beberapa manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Ingin tahu apa saja itu? Simak informasinya berikut ini.

WowKeren - Kacang hijau merupakan salah satu bahan makanan sehat yang kaya akan nutrisi. Kacang hijau biasanya dikonsumsi sebagai bubur, isian onde-onde, bakpia hingga campuran es. Selain dijadikan panganan, kacang hijau juga dapat direbus untuk diminum airnya.

Jika rutin mengkonsumsi air rebusan kacang hijau, Anda akan merasakan beberapa manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Pasalnya kacang hijau mengandung vitamin A, B6, C, D, E, magnesium, zat besi hingga tembaga yang sangat baik untuk tubuh.

Dengan kandungan tersebut, Anda dapat mengkonsumsi air rebusan kacang hijau untuk menjaga kesehatan beberapa organ tubuh hingga mencegah penyakit tertentu. Penasaran apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Meningkatkan Kesehatan Mata


Meningkatkan Kesehatan Mata

Jika Anda mengalami berbagai gangguan penglihatan seperti mata kemerahan, lelah, iritasi atau pandangan kabur, sebaiknya perbanyak konsumsi air rebusan kacang hijau untuk mengatasinya. Hal ini disebabkan karena air rebusan kacang hijau mengandung banyak vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

Minumlah air rebusan kacang hijau secara rutin setelah beraktivitas atau ketika sedang menghabiskan waktu luang. Agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya imbangi dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang baik untuk kesehatan mata seperti buah mangga, buah naga dan buah pisang.

2. Mengurangi Risiko Kanker


Mengurangi Risiko Kanker

Kacang hijau mengandung berbagai antioksidan sehat seperti asam fenolik, flavonoid, asam caffeic hingga asam cinnamic yang dapat menetralkan molekul berbahaya atau radikal bebas. Perlu diketahui bahwa kandungan radikal bebas yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit jantung, peradangan kronis hingga kanker.

Berdasarkan hasil uji laboratorium, antioksidan yang ada di dalam kacang hijau mampu menetralkan kerusakan sel yang berkaitan dengan kanker di paru-paru dan perut. Selain itu, air rebusan kacang hijau juga memiliki kandungan zat yang bermanfaat untuk memerangi infeksi virus dan memperlambat perkembangan sel kanker, termasuk kanker payudara.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan


Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kacang hijau merupakan makanan yang tinggi serat. Serat yang ada di dalamnya termasuk jenis larut yakni pektin. Perlu diketahui bahwa pektin mampu memperlancar proses buang air besar dengan mempercepat pergerakan makanan di usus. Selain itu, air rebusan kacang hijau juga dapat membersihkan racun dari tubuh karena adanya kandungan protein, tannin dan flavonoid.

Menariknya lagi, kacang hijau juga mengandung pati resisten yang membantu memelihara bakteri baik di usus. Bakteri kemudian mencerna pati dan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek yang bernama butirat. Nah, butirat inilah yang dapat menyehatkan sel-sel usus besar, meningkatkan pertahanan kekebalan usus dari bakteri serta menurunkan risiko terjadiya kanker usus besar.

4. Baik untuk Ibu Hamil dan Janinnya


Baik untuk Ibu Hamil dan Janinnya

Bagi Anda yang sedang hamil, mengkonsumsi air rebusan kacang hijau bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya kacang hijau mengandung asam amino, kalsium, asam folat, protein, vitamin B2, B1 serta kandungan omega-3 dan omega-6 yang sangat baik bagi ibu hamil. Zat-zat ini biasanya juga terkandung dalam susu maupun produk yang disarankan dikonsumsi ibu hamil. Karena itulah minum air rebusan kacang hijau dapat digunakan sebagai minuman alternatif maupun minuman pendamping di masa kehamilan.

Selain baik untuk kesehatan calon ibu, air rebusan kacang hijau juga bermanfaat untuk janin yang ada di dalam kandungan dan menurunkan risiko bayi lahir cacat. Kandungan omega-3 dan omega-6 di dalamnya mampu menunjang produksi sel-sel otak janin dengan lebih baik. Dengan begitu, bayi yang Anda lahirkan akan memiliki daya ingat yang baik dan tumbuh menjadi anak yang cerdas.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka


Mempercepat Penyembuhan Luka

Bila Anda sedang terluka dan tak kunjung sembuh, sebaiknya iringi dengan meminum air rebusan kacang hijau di samping konsumsi obat. Perlu diketahui bahwa meminum air rebusan kacang hijau dapat memberikan asupan protein pada tubuh untuk mempercepat penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan protein dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak saat terluka.

Selain itu, air rebusan kacang hijau juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh loh. Manfaat ini didapat dari kandungan fitonutrien yang bekerja sebagai anti pembengkakan serta mampu meningkatkan imun dan menetralkan bakteri berbahaya, virus, iritasi dan sebagainya.

6. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah


Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Air rebusan kacang hijau juga baik dikonsumsi oleh penderita anemia. Hal ini tentu sangat bermanfaat, karena anemia akan membuat seseorang mudah lelah dan pusing sehingga akan menghambat berbagai aktivitas sehari-hari.

Hal ini disebabkan karena kacang hijau mengandung zat besi yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi air rebusan kacang hijau secara rutin sampai gejala anemia Anda benar-benar hilang.

7. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke


Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Manfaat berikutnya yang akan Anda dapatkan jika mengkonsumsi air rebusan kacang hijau secara rutin adalah meminimalisir risiko penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa antioksidan yang ada di dalam kacang hijau mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Demikian tujuh manfaat air rebusan kacang hijau yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai manfaat luar biasa air rebusan jahe untuk kesehatan. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui delapan manfaat air rebusan daun mangga.

You can share this post!

Related Posts