Bikin Ganteng Maksimal, Ini 8 Tips Perawatan Wajah Pria Agar Tetap Sehat dan Bersih
Unsplash/Griffin Wooldridge
Lifestyle

Seperti halnya wanita, kulit pria juga perlu dirawat agar senantiasa terjaga penampilannya. Untuk itu, tim WowKeren akan membagikan beberapa tipsnya dalam artikel berikut ini.

WowKeren - Perawatan wajah identik dilakukan oleh para wanita karena nalurinya yang selalu ingin tampil cantik. Di sisi lain, para pria cenderung abai dan hanya membersihkan wajah seperlunya saja. Padahal, pria hendaknya juga melakukan perawatan karena kulitnya cenderung lebih berminyak dan tebal jika dibandingkan dengan wanita.

Selain itu, pria cenderung memiliki pori-pori yang lebih besar sehingga kulitnya rentan bermasalah jika tidak dirawat dengan baik. Belum lagi faktor penuaan yang dapat membuat kulitnya cepat keriput, kusam dan tak lagi segar. Jika sudah demikian, membersihkan dan mencuci wajah saja tak akan cukup untuk mengatasinya sebab kalian perlu melakukan perawatan lebih untuk menjaga kesehatan kulit.

Tak perlu takut dianggap kehilangan sisi maskulinitas, sebab saat ini sudah ada banyak pria yang rutin melakukan perawatan demi menjaga penampilannya. Bagi kalian para pria yang mulai tertarik untuk melakukan perawatan, sebaiknya simak artikel ini. Sebab tim WowKeren akan membagikan beberapa cara sederhana merawat wajah pria agar terlihat bersih, sehat dan tampan maksimal. Penasaran apa saja itu?

(wk/eval)

1. Rajin Mencuci Wajah


Rajin Mencuci Wajah
Getty Images

Membersihkan wajah merupakan rutinitas wajib yang tak boleh dilewatkan setiap harinya. Berbagai aktivitas yang kita lakukan di luar ruangan akan membuat wajah terkena debu, kotoran, polusi, asap rokok dan masih banyak lagi. Karena itulah kalian harus membersihkan wajah secara rutin untuk mencegah kemunculan jerawat yang disebabkan oleh penumpukan kotoran. Selain itu, pembersihan juga penting dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat membuat wajah menjadi kusam.

Usahakan untuk mencuci wajah minimal dua kali sehari dan maksimal empat kali jika kalian memiliki kulit berminyak. Gunakan sabun pembersih khusus pria yang sesuai dengan jenis kulit kalian. Setelah wajah dicuci bersih, sebaiknya jangan menggosoknya terlalu keras, apalagi jika menggunakan handuk. Untuk mencegah kulit terluka, kalian bisa mengeringkannya dengan menepuk sisa-sisa air yang ada di wajah.

2. Gunakan Pelembab


Gunakan Pelembab

Pelembab merupakan salah satu produk penting dalam perawatan wajah yang tak boleh kalian lewatkan. Sesuai dengan namanya, pelembab berfungsi untuk menjaga kelembapan wajah agar kita bisa menghindari berbagai masalah seperti kulit kering maupun garis halus dan keriput.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya pilih produk pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kalian. Jika kalian memiliki kulit kering, sebaiknya pilih pelembab jenis krim. Bagi kalian pemilik kulit berminyak, pelembab jenis gel atau water-based moisturizer merupakan pilihan yang tepat. Sedangkan untuk kulit normal, pastikan untuk memilih pelembab jenis lotion.

3. Hidrasi Wajah dengan Toner


Hidrasi Wajah dengan Toner

Tak hanya wanita, para pria juga membutuhkan toner untuk menjaga penampilan wajahnya. Toner berfungsi untuk menyegarkan kulit wajah, mengangkat sel-sel kulit mati serta mencegah kulit mengalami dehidrasi. Bagi kalian yang masih asing, produk satu ini biasanya digunakan setelah mencuci wajah untuk mengembalikan pH kulit dan mengangkat sisa-sisa kotoran.

Agar tidak menimbulkan efek negatif, pemilihan jenis toner juga penting untuk diperhatikan. Bagi kalian yang memiliki kulit kering, sebaiknya gunakan hydrating toner yang dapat melembapkan. Untuk wajah berminyak, toner jenis oil free adalah pilihan yang tepat karena dapat mengangkat minyak berlebih di wajah.

4. Perhatikan Area Mata dan Bibir


Perhatikan Area Mata dan Bibir
Unsplash/Sanket Kumar

Area mata dan bibir juga tak kalah penting untuk dirawat. Kulit di sekitar mata rentan mengalami dehidrasi karena kekurangan keringat dan kelenjar minyak. Jika dibiarkan berlarut-larut, dehidrasi dapat memunculkan garis halus dan kerutan. Untuk mencegah hal itu terjadi, sebaiknya gunakan krim mata setiap pagi dan malam sebelum tidur.

Di sisi lain, bagian bibir mudah menghitam, kering dan pecah-pecah. Untuk mengatasinya, kalian bisa mengoleskan lip balm saat bibir terasa kering guna menjaga kelembapannya. Selain itu, kalian juga bisa mengaplikasikan masker bibir dengan delapan bahan alami ini.

5. Cukur Rambut di Wajah dengan Benar


Cukur Rambut di Wajah dengan Benar
Unsplash/Supply

Berbeda dengan wanita, pria memiliki rambut di wajah yang berupa kumis, jenggot dan jambang. Sebagian pria membiarkannya tumbuh, sebagian yang lain memutuskan untuk mencukurnya sebersih mungkin. Jika kalian adalah tipe kedua, sebaiknya cukur rambut di wajah secara berkala dengan baik dan benar.

Ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan saat mencukur rambut wajah. Pertama, sebaiknya gunakan air hangat saat membasuh wajah untuk menjaga kelembapan kulit dan memudahkan proses pencukuran. Setelah itu, cukur sesuai arah tumbuh rambut dan lakukan secara perlahan untuk mencegah kulit tergores. Terakhir, jangan lupa menggunakan produk aftershave yang tidak mengandung alkohol untuk menenangkan dan menghidrasi kulit agar terhindar dari iritasi.

6. Aplikasikan Tabir Surya Sebelum Keluar Rumah


Aplikasikan Tabir Surya Sebelum Keluar Rumah
Shutterstock/G-Stock Studio

Sunscreen atau tabir surya sangat penting digunakan, terutama oleh kalian yang sering beraktivitas di luar rumah. Seperti yang diketahui, tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan penuaan, hiperpigmentasi hingga kanker kulit.

Sebaiknya pilih tabir surya yang memiliki kadar SPF minimal 30. Cara penggunaannya pun sangat mudah, sebab kalian hanya perlu mengoleskan tabir surya 10-15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Untuk melengkapi perlindungan kalian, sebaiknya gunakan topi, kacamata maupun pakaian lengan panjang agar kulit tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

7. Rutin Menggunakan Masker


Rutin Menggunakan Masker

Seperti halnya wanita, kulit pria juga perlu dirawat dengan masker wajah. Hal ini penting dilakukan karena masker dapat membersihkan wajah dengan lebih maksimal dari kotoran dan bakteri penyebab komedo maupun jerawat. Terlebih, wajah pria lebih mudah mengeluarkan keringat dan minyak yang rentan terhadap bakteri.

Tak perlu menggunakan masker terlalu sering, namun kalian bisa melakukannya seminggu sekali. Bila tak ingin repot, kalian bisa menggunakan sheet mask yang banyak dijual di pasaran. Sedangkan jika ingin merawat wajah dengan lebih alami, kalian bisa menggunakan delapan masker rumahan ini yang kaya akan manfaat.

8. Perbanyak Minum Air Putih dan Konsumsi Makanan Sehat


Perbanyak Minum Air Putih dan Konsumsi Makanan Sehat
Unsplash/Yogendra Singh

Memperbanyak konsumsi air putih dan makanan sehat dapat merawat kulit kalian dari dalam. Selain baik untuk kesehatan, air putih juga sangat berguna untuk menjaga penampilan wajah. Di antaranya adalah untuk mencerahkan, melembapkan, mencegah penuaan dini dan jerawat, menyamarkan kantung mata hingga mengatasi sunburn.

Selain air putih, makanan sehat juga diperlukan untuk merawat kulit wajah. Sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayur yang dapat membuat kulit tetap sehat tanpa mengurangi elastisitasnya serta mencegah keriput dan kulit kering. Yang tak kalah penting, kalian juga harus mengurangi makanan berminyak yang dapat memicu pertumbuhan jerawat.

Demikian delapan tips perawatan wajah pria yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips perawatan kecantikan remaja yang dapat membuat kulit tetap sehat dan terawat. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips pergi ke salon kecantikan di era new normal.

You can share this post!

Related Posts