Kista Ganglion
Health

Banyak orang beranggapan bahwa kista hanya muncul pada wanita saja karena biasanya tumbuh di rahim. Namun kista ternyata bisa tumbuh dimana saja di berbagai tubuh, di semua umur baik wanita atapun pria.

WowKeren - Kista ganglion adalah benjolan jinak yang muncul di sepanjang persendian. Biasanya, kista ini tumbuh di pergelangan tangan atau ruas jari tangan. Meski jarang terjadi, kista ganglion bisa muncul di tempat lain, seperti ujung jari tangan, lutut bagian luar, pergelangan kaki, dan punggung kaki. Penderitanya biasnaya dapat merasakan sakit ketika menekan kelenjar ini. Namun, tumor ini bukan merupakan tumor karsinogen penyebab kanker.

Kista ganglion adalah kondisi yang penyebab utamanya belum diketahui. Diduga kista ini disebabkan oleh adanya trauma yang mengurai jaringan sendi. Jaringan yang terurai ini kemudian berkumpul membentuk suatu gumpalan. Penyakit ini tidak berbahaya, tetapi dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan komplikasi seperti rasa sakit atau melemahnya otot, sindrom carpal tunnel, dan tekanan pada arteri radial dan saraf radial.

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait