Kista Ovarium
Health

Banyak orang beranggapan bahwa kista hanya muncul pada wanita saja karena biasanya tumbuh di rahim. Namun kista ternyata bisa tumbuh dimana saja di berbagai tubuh, di semua umur baik wanita atapun pria.

WowKeren - Kista ovarium adalah kista yang banyak diketahui masyarakat. Kista ovarium terbentuk dalam rahim wanita atau lebih tepatnya di indung telur. Sebenarnya hampir setiap wanita pernah memiliki kista ovarium dalam hidupnya. Bila ukurannya kecil, terbentuknya kista ovarium ini tidak menimbulkan gejala, sehingga sering kali tidak disadari. Kista kecil tersebut akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa kali siklus haid.

Namun, lain halnya dengan kista yang berukuran besar. Kista jenis ini memerlukan pengobatan khusus karena menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Sebagian besar kista ovarium terbentuk karena adanya pengaruh hormon siklus haid bulanan. Di dalam ovarium ini, terdapat suatu struktur yang bentuknya menyerupai kista, yaitu folikel. Folikel-folikel ini berisi sel telur yang setiap bulannya matang dan pecah.

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait