Kista Dermoid
Health

Banyak orang beranggapan bahwa kista hanya muncul pada wanita saja karena biasanya tumbuh di rahim. Namun kista ternyata bisa tumbuh dimana saja di berbagai tubuh, di semua umur baik wanita atapun pria.

WowKeren - Kista dermoid merupakan pertumbuhan kantung abnormal dengan bermacam struktur jaringan, seperti folikel rambut, kelenjar keringat, rambut, lemak, dan jaringan tiroid. Kista ini dapat muncul di permukaan kulit maupun organ lain dalam tubuh, misalnya dalam hidung, rongga sinus, rongga perut, tulang belakang, dan otak. Kista ini terbentuk saat janin masih dalam kandungan.

Gejala kista dermoid dapat berupa benjolan kecil yang tidak nyeri. Benjolan mungkin sewarna dengan kulit, atau mungkin memiliki sedikit warna kuning. Kista dermoid juga halus, kenyal, dan tidak lunak. Kista yang pecah dapat menyebabkan infeksi dan merusak kulit. Kista dermoid ovarium dapat berkembang selama masa reproduksi wanita. Torsi atau indung telur terpelintir, infeksi, ruptur dan kanker terjadi akibat dari kista dermoid.

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait