Birthday Spotlight: Happy V Day
Selebriti

V BTS berulang tahun ke-25 pada 30 Desember. Untuk merayakannya, WowKeren akan mengulas tuntas karier idol ganteng kelahiran 1995 itu melalui rubrik Birthday Spotlight.

WowKeren - V BTS (Bangtan Boys) berulang tahun ke-25 (secara internasional) pada 30 Desember. Untuk merayakannya, WowKeren akan mengulas tuntas karier idol ganteng kelahiran 1995 itu melalui rubrik Birthday Spotlight.

Ulang tahun V dirayakan oleh penggemarnya sedunia melalui tagar-tagar di Twitter. Klub penggemar Tiongkok V Bar juga memasang iklan ulang tahunnya di Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia. Tidak ketinggalan para member BTS lainnya memberikan ucapan selamat melalui Twitter.

V yang juga dikenal dengan Kim Taehyung atau TaeTae dikenal karena visualnya yang super tampan. Terlepas dari visualnya, ia juga penyanyi dan penari berbakat. Aktingnya juga diakui cukup bagus untuk ukuran idol. Tak perlu berlama-lama, yuk intip seperti apa perjalanan karier V BTS mulai pra debut hingga kini.

(wk/chus)

1. Pra Debut


Pra Debut

V lahir sebagai Kim Taehyung pada 30 Desember 1995, di Distrik Seo Daegu, Korea Selatan, dan dibesarkan di Kabupaten Geochang. Ia adalah anak tertua dari tiga bersaudara, dengan seorang adik laki-laki dan perempuan.

V pertama kali bercita-cita menjadi penyanyi profesional di sekolah dasar, dan akhirnya mulai mengambil pelajaran saksofon di sekolah menengah pertama sebagai sarana untuk mengejar karir. Ayah V setuju dengan perjalanannya mempelajari cara bermain saksofon. V awalnya menjadi trainee untuk Big Hit Entertainment setelah lulus audisi di Daegu.

Ada cerita yang tidak pernah dilupakan V ketika ia datang ke Seoul untuk pertama kalinya bersama sang ayah. Dalam sebuah wawancara V menceritakan, "Aku mengikuti audisi untuk Big Hit pada musim panas 2011. Sebenarnya aku di sana untuk menonton, tapi mereka mengatakan kepadaku, 'Apakah kau ingin mencobanya?', jadi aku berkata, 'Tentu.'"

"Aku menari, dan mereka berkata, 'Ada lagi yang lain?', jadi aku bernyanyi, dan mereka berkata, 'Ada lagi?', lalu aku melakukan beatboxing, dan mereka berkata, 'Ada lagi?', aku ngerap dan bahkan memainkan saksofon dan mereka berkata, 'Ada lagi?', dan aku mengatakan pada mereka, 'Itu saja,' dan mereka bilang bahwa mereka akan menghubungiku jika aku lolos audisi," lanjut V.

"Sekitar sebulan kemudian, mereka memanggilku ketika aku sedang bermain game. Aku menjawab telepon, dan mereka berkata bahwa aku adalah satu-satunya yang lolos audisi di Daegu. Aku sangat senang dan berkata, 'Terima kasih banyak!', dan langsung pulang ke rumah dan berkata, 'Nenek! Aku masuk! Aku lolos audisi!', tapi beliau bilang itu semua hanya penipuan."

"Aku dan ayahku bepergian jauh ke Seoul dan naik taksi dari terminal bus ke Big Hit. Ini adalah pertama kalinya kami naik taksi di Seoul, dan sopir menagih kami 32.800 won (sekitar Rp400 ribu). Ayahku dan aku masih berbicara tentang momen itu dengan mengatakan, 'Apakah kau ingat waktu itu?', dan, 'Itu memang berat. Tapi sopir taksi itu pasti punya alasan (untuk meminta lebih banyak uang)."

2. Debut


Debut

Pada 13 Juni 2013, V memulai debutnya sebagai member BTS di "M Countdown" Mnet dengan lagu "No More Dream" dari album single debut mereka, "2 Cool 4 Skool". V debut setelah sebelumnya diperkenalkan sebagai "senjata rahasia."

Sebagai "senjata rahasia", V tidak bisa dimasukkan dalam foto yang diambil di acara, seperti kelulusan sekolah menengah pertama Jungkook. Ia juga tidak dapat ditampilkan dalam vlog pra-debut BTS yang digunakan untuk berkomunikasi dengan penggemar mereka. Saat identitas V akhirnya terungkap, banyak hal mulai berubah.

Mengenai nama panggungnya, V pernah berkata dalam sebuah wawancara bahwa Big Hit Entertainment merekomendasikan tiga nama panggung berbeda untuknya, seperti Six, Lex dan V. Pada akhirnya, ia memilih V karena bagaimana itu mewakili "kemenangan."

"Nama panggungku dipilih terakhir. Six, Lex, V. Ketiga nama itu disarankan, tapi semua member dan PD mengatakan bahwa V paling cocok untukku, jadi aku memilih V untuk meraih kemenangan," kata V dalam sebuah wawancara.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

V mencapai puncak kariernya bersama BTS dua tahun setelah debut mereka. Saat itu grup yang dipimpin RM tersebut memecahkan rentetan kemenangan EXO dengan meraih kemenangan pertama untuk "I NEED U" dari mini album "The Most Beautiful Moment in Life, Part 1" di "The Show" SBS tepatnya pada 5 Mei 2015.

BTS mengekspresikan rasa terima kasih mereka dengan memposting foto mereka dan piala kemenangan pertama mereka di Twitter. "Terima kasih! Karena kami terlalu gugup, kami tidak tahu harus berkata apa. Terima kasih banyak, ARMY (fandom BTS) untuk kemenangan pertama kami. Semua orang bekerja keras. Kami akan benar-benar menjadi keren. Aku mencintai kalian," tulis BTS.

Menyusul kemenangan pertama mereka sejak debut, BTS mendominasi Twitter melalui tagar # BTS1stWin dan berhasil menjadi tren pertama di dunia. BTS awalnya menghadapi masalah setelah mereka dituduh memanipulasi penjualan album terbaru mereka. Namun kemenangan ini langsung menghapus kecurigaan netizen.

Pada 2017, BTS mulai dikenal dunia dengan tur konser "The Wings Tour" mereka. BTS menghadiri Billboard Music Awards ke-24 pada Mei dan memenangkan Top Social Artist, menjadi grup Korea pertama yang dianugerahi Billboard Music Award. BTS semakin mendapat pengakuan dari dunia selama 2018 setelah merilis seri album "Love Yourself" diikuti tur dunia dengan tajuk yang sama. Tur konser "Love Yourself" berakhir pada Oktober 2019 dengan pencapaian luar biasa. BTS bisa dibilang terus menduduki puncak kariernya hingga sekarang dengan segudang prestasi membanggakan di Korea dan dunia.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Pada tahun 2016, V melakukan debut aktingnya dengan peran pendukung dalam drama sejarah KBS "Hwarang" dengan nama aslinya. Ia juga berkolaborasi dengan Jin dalam duet untuk soundtracknya yang berjudul "It's Definitely You". Untuk merayakan ulang tahun keempat BTS, V merilis "4 O'Clock" pada 8 Juni 2017, sebuah lagu yang dia produksi bersama dengan RM (Rap Monster).

V merilis lagu solo penuh pertamanya di luar BTS, "Scenery", pada 30 Januari 2019 melalui SoundCloud dan memecahkan dengan mencapai 100 juta stream dari 20 juta dalam lebih dari empat belas hari, waktu tersingkat untuk platform. Selama dua minggu setelah dirilis, "Scenery" memecahkan rekor streaming harian sebanyak sembilan kali.

Tujuh bulan kemudian, V merilis lagu solo keduanya dan lagu Inggris lengkap pertamanya yang berjudul "Winter Bear" melalui SoundCloud, disertai dengan video musik yang disutradarai sendiri melalui saluran YouTube BTS pada 9 Agustus. V berpartisipasi dalam lagu berjudul "Sweet Night" untuk soundtrack drama JTBC "Itaewon Class" yang dirilis pada 13 Maret 2020. Kemudian pada tanggal 25 Desember 2020, V merilis lagu solo berjudul "Snow Flower" menampilkan Peakboy.

5. Kontroversi


Kontroversi

V sejauh ini tidak pernah terlibat kontroversi yang mencoreng namanya. Namun V pernah terseret kontroversi orang lain ketika Han Seohee mengatakan ia tidak disengaja dengan V di sebuah klub malam saat mereka baru berusia 19 tahun.

Pengungkapan kontroversial Han Seohee telah membuat marah ARMY dan mereka mengatakan bahwa ia hanya berbohong agar diperhatikan oleh media. Saat itu, V dan BTS adalah idol yang sangat terkenal. BTS adalah topik terpanas di K-pop dan dunia.

Penggemar menyebut jika Han Seohee bisa menjadi berita bersama dengan salah satu member BTS, dia pasti akan mendapatkan perhatian yang ia inginkan. Seperti yang ia katakan sebelumnya, "Semakin banyak perhatian yang kudapat, semakin aku merasa bahagia." Pengakuan Han Seohee tidak pernah ditanggapi oleh Big Hit Entertainment sehingga penggemar yakin bahwa itu memang kebohongan.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

V bersama BTS belakangan sibuk menghadiri berbagai acara akhir tahun di Korea Selatan. Baru-baru ini mereka comeback merilis album spesial "BE" dengan lagu utama berjudul "Life Goes On". Bergenre hip-hop alternatif yang unik dengan pesan bermakna di tengah pandemi COVID-19, lagu ini berhasil memuncaki peringkat tangga lagu Billboard Hot 100 diikuti "Dynamite" di posisi ketiga.

BTS dipastikan akan tampil di ajang penghargaan musik bergengsi Grammy Awards 2021 pada 31 Januari mendatang. Single hit mereka "Dynamite" dinominasikan untuk Best Pop Duo/Group Performance.

BTS diharapkan bisa kembali menggelar tur konser dunia tahun ini. Namun karena dunia masih dilanda pandemi COVID-19, tampaknya masih sulit untuk melakukannya. RM (Rap Monster) dan kawan-kawan kemungkinan akan kembali merilis album baru di 2021.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait