Birthday Spotlight: Happy Hwang In Yeop Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Birthday Spotlight kali ini akan mengulas riwayat hidup dan perjalanan karier aktor tampan Hwang In Yeop yang berulang tahun pada hari Selasa (19/1) lalu. Bintang drama 'True Beauty' tersebut kini berusia 30 tahun menurut perhitungan internasional

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk menemani akhir pekan pembaca setia WowKeren. Untuk merayakan ulang tahun Hwang In Yeop yang telah berlangsung pada hari Selasa (19/1) lalu, tim redaksi akan mengulas tentang riwayat hidup dan perjalanan karier aktor tampan satu ini.

Hwang In Yeop saat ini bisa dibilang sedang berada di puncak kariernya. Meski telah debut sejak tahun 2018, namanya benar-benar melambung kala berperan sebagai Goo Ja Sung di drama "18 Again" yang tayang 2020 lalu. Kepopuleran itu berhasil ia pertahankan dengan perannya sebagai Han Seo Joon di "True Beauty". Melalui dua drama tersebut, ia mampu menggambarkan remaja bad boy yang berhati hangat.

Tak perlu lama-lama lagi, langsung saja yuk intip seperti apa perjalanan karier Hwang In Yeop di industri hiburan Korea Selatan sejak sebelum debut hingga kini!

(wk/eval)

1. Pra Debut


Pra Debut
Instagram/forinyeop

Hwang In Yeop lahir pada 19 Januari 1991 di Seoul, Korea Selatan. Ia sempat mengemban ilmu selama beberapa tahun di Davao, Filipina dan merupakan lulusan Fashion Design Philippine Women's College of Davao 2012.

Sebelum terjun ke dunia akting, Hwang In Yeop lebih dulu meniti karier sebagai seorang model. Dengan wajah keren didukung dengan postur tubuh yang tinggi, ia dipercaya menjalani pemotretan dengan sejumlah brand fashion terkenal hingga berlenggang di atas catwalk.

Dalam laman resmi agensinya KeyEast Entertainment, Hwang In Yeop tercatat pernah terlibat dalam sejumlah peragaan busana ternama. Mulai dari Neuer Hera Seoul Fashion Week, Blanc de Noir Hera Seoul Fashion Week, Naver Designer Window, THIRD Fashion Week dan masih banyak lagi.

2. Debut


Debut

Setelah sukses di dunia modeling, Hwang In Yeop mencoba peruntungannya di industri akting. Pada tahun 2018, ia debut sebagai seorang aktor dengan berperan sebagai Gi Jae Young di serial web yang berjudul "Why". Meski baru terjun ke dunia akting, Hwang In Yeop dipercaya menjadi salah satu pemeran utama dalam drama 10 episode ini.

Setahun kemudian, dia kembali membintangi web drama yang berjudul "Freshman". Drama ini mengisahkan seorang mahasiswa yang harus berusaha beradaptasi dengan kampus barunya. Di "Freshman", Hwang In Yeop beradu akting dengan sejumlah aktor muda termasuk Lee Jung Ha, Moon Joo Yeon dan Jung Bo Min.

Di tahun 2019, Hwang In Yeop membintangi drama televisi pertamanya yang berjudul "The Tale of Nokdu". Dalam drama yang dipimpin oleh Kim So Hyun dan Jang Dong Yoon tersebut, Hwang In Yeop berperan sebagai tokoh antagonis yang bernama Park Dan Ho. Ia digambarkan sebagai tangan kanan Cha Yool Moo (Kang Tae Oh) yang memiliki kemampuan pedang menakjubkan.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Seperti yang dijelaskan di awal, nama Hwang In Yeop mulai meroket sejak berpartisipasi dalam drama JTBC "18 Again". Dalam drama ini dia berperan sebagai siswa SMA bernama Goo Ja Sung yang memiliki kepribadian dingin dan terkenal dengan imej nakal.

Meski bukan peran sentral, karakter Goo Ja Sung sukses memikat pemirsa berkat perhatian manis yang ditunjukkannya kepada Hong Shi A (Roh Jeong Eui) yang merupakan putri dari Jung Da Jung (Kim Ha Neul) dan Hong Dae Young (Yoon Sang Hyun). Walaupun berakhir menjadi sad boy dalam drama, Hwang In Yeop berhasil memikat hati pemirsa dan mempermudah jalannya untuk membintangi drama selanjutnya.

Setelah mendapat banyak perhatian berkat karismanya di "18 Again", Hwang In Yeop sukses meningkatkan popularitasnya melalui drama tvN "True Beauty". Status second lead yang dia sandang tidak menyurutkan minat pemirsa untuk mendukungnya melawan karakter Cha Eunwoo. Akibatnya, penggemar drama ini terbagi ke dalam dua kubu menjadi tim Han Seo Joon (Hwang In Yeop) dan tim Lee Su Ho (Cha Eunwoo).

Karena itulah, Hwang In Yeop kini dikenal sebagai aktor pendatang baru yang sedang naik daun dan memiliki banyak peminat. Penggemar juga tak sabar menantikan proyek barunya setelah menuntaskan drama yang turut dibintangi oleh Moon Ga Young tersebut.

4. Kontroversi


Kontroversi

Sejak meniti karier di dunia akting pada tahun 2018 lalu, Hwang In Yeop belum pernah terlibat dalam kontroversi maupun skandal apapun. Namun dia pernah jadi bahan gunjingan setelah dicasting oleh tim produksi "True Beauty". Ada banyak netizen Korea Selatan yang memprotes partisipasinya dalam drama ini karena dianggap tidak cocok dengan karakter Han Seo Joon dan terlalu tua jika dibandingkan dengan anggota pemeran yang lain.

Menurut netizen, karakter Han Seo Joon akan lebih cocok jika diperankan oleh Kwon Hyun Bin atau VIINI. Itu karena Han Seo Joon dalam dunia webtoon memiliki perawakan dan penampilan yang cukup mirip dengan mantan kontestan "Produce 101" season 2 tersebut. Karena itulah Hwang In Yeop langsung menjadi bahan amukan netizen setelah ia terpilih untuk memerankan Han Seo Joon.

"Dia terlalu tua untuk peran ini," tulis seorang netter. "Terlepas dari usianya. Kurasa dia tidak cocok dengan imej Han Seo Jun," imbuh netter yang lain. "Imej Han Seojun sangat mirip dengan Kwon Hyun Bin sehingga aku tidak bisa membayangkan orang lain memainkan peran ini. Aku merasa seperti Seo Jun dimodelkan seperti Hyun Bin," kata netter yang lain. "Dia sebenarnya sangat tampan tetapi masalahnya dia tidak terlihat seumuran dengan siswa sekolah menengah," timpal yang lain.

"Karakternya sangat cocok dengan Kwon Hyun Bin tapi mereka hanya memilih siapapun secara random," ujar netter yang lain. "Maksudku, ini bukan drama yang akan kita antisipasi untuk aktingnya jadi mereka seharusnya mencocokkan dengan karakter. Sudah jelas kalau mereka mengincarnya (Hwang In Yeop) karena dia satu agensi dengan pemeran utama wanita," sahut yang lain. "Han Seo Jun sangat mirip dengan Kwon Hyun bin sehingga orang tidak akan puas dengan siapa pun yang mendapatkan peran," pungkas netter lainnya.

Kendati demikian, Hwang In Yeop akhirnya membayar nyinyiran netizen dengan keahlian aktingnya sebagai Han Seo Joon. Ia juga sangat cocok berperan sebagai siswa SMA meski usianya sudah memasuki kepala tiga. Bahkan netizen yang dulu menghujatnya kini berbalik mengagumi pesonanya sebagai Han Seo Joon.

5. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Instagram/hi_high_hiy

Hwang In Yeop saat ini tengah disibukkan dengan aktivitas syuting "True Beauty" dan belum ada kabar terbaru tentang proyek apa yang akan diambilnya di masa depan. Kendati demikian, pada akhir tahun lalu ia dikabarkan tengah diincar untuk membintangi serial Netflix yang berjudul "Annarasumanara".

Jika setuju, Hwang In Yeop akan kembali berperan sebagai anak sekolah setelah "18 Again" dan "True Beauty". Dia ditawari peran sebagai Na Il Deng yang merupakan murid teladan. Na Il Deng menyadari bagaimana cara melihat dunia nyata setelah bertemu Lee Eul dan Yoon Ah E. Bagi kalian yang penasaran dengan berita terbarunya, sebaiknya tetap pantau update-nya di WowKeren ya.

You can share this post!

Related Posts