DIA Segera Bubar, Ini 10 Perjalanan Jatuh Bangun Siapkan Comeback Terakhir
Instagram/e.heomer
Selebriti

Kabar mengejutkan datang dari girl grup DIA lantaran tengah mempersiapkan comeback terakhirnya. Semua member dikabarkan sepakat mengakhiri kontraknya sampai September mendatang.

WowKeren - Kabar mengejutkan dari industri hiburan Korea Selatan. Girl grup DIA (II) dilaporkan tengah mempersiapkan comeback mereka di bulan Agustus mendatang. Alih-alih bahagia, fans dibuat speechless lantaran kabar tersebut diikuti dengan pembubaran grup.

Menurut laporan sebuah outlet media eksklusif pada 11 Mei, DIA akan membuat comeback terakhir sebagai grup. Comeback tersebut dijadwalkan pada bulan Agustus tahun 2022 ini dan DIA melakukan promosi dengan 6 anggota termasuk Eunice, Ki Hui Hyeon, Jung Chae Yeon, Yebin, Eunchae dan Jooeun.


Namun begitu promosi itu selesai, kontrak DIA dengan agensi PocketDol Studios akan berakhir pada bulan September 2022. Tampaknya para anggota DIA telah memutuskan untuk berpisah dengan grup secara damai tanpa memperpanjang kontrak. Semua member mempersiapkan ucapan selamat tinggal kepada penggemar dan bersiap untuk memulai karier solo masing-masing.

Kabar ini tentunya mengejutkan penggemar karena DIA sudah hiatus dalam kurun waktu kurang lebih 2 tahun 2 bulan. Lantas, bagaimana perjalanan jatuh bangun DIA dalam mempersiapkan comeback terakhir sejak debut? Simak kisahnya di bawah ini!

(wk/raud)

1. Langkah Awal DIA


Langkah Awal DIA
Instagram/mbk.dia

Pada tahun 2015, MBK Entertainment mendebutkan girl grup bernama DIA yang merupakan kependekan dari DIAMOND sekaligus akronim dari Do It Amazing. Awalnya MBK ingin membuat program survival untuk trainee idol wanita. Namun rencana itu dibatalkan dan memilih member secara internal.

MBK pun memutuskan untuk menjadi Yebin, Eunice, dan Jenny sebagai line up debut. Maka, DIA diumumkan dengan enam anggota, yakni Eunice, Ki Hui Hyeon (awalnya dengan nama panggung Cathy), Jenny, Yebin, Eunjin, dan Chaeyeon. Namun, MBK memutuskan untuk menambahkan Seunghee sebelum DIA resmi debut.

2. Bongkar Pasang Pertama DIA


Bongkar Pasang Pertama DIA
Instagram/mbk.dia

Memasuki tahun 2016, DIA mengalami bongkar pasang member untuk pertama kalinya. Awalnya, MBK memperkenalkan member baru bernama Eunchae yang mana saat itu memakai nama aslinya Chaewon pada Maret 2016. Sebelum kemudian, Seunghee resmi meninggalkan grup.

3. Coba Peruntungan di Survival Show


Coba Peruntungan di Survival Show

Kendati begitu, MBK malah mengirimkan sejumlah member DIA ke program survival. Sang leader, Ki Hui Hyeon dan Jung Chae Yeon selaku center mencoba peruntungan di "Produce 101". Jung Chae Yeon diketahui berhasil masuk Top 10 dan debut di I.O.i, sehingga ia berpromosi di dua grup sekaligus.

Tak cuma itu, Yebin dan Somyi berpartisipasi di "The Unit", sebuah program survival yang menggandeng deretan idol K-Pop kurang populer sebagai peserta. Menariknya, Yebin berhasil menjadi line up debut di Uni.T. Namun, fans tetap mengkritik MBK karena membiarkan artisnya kembali ikut ajang kompetisi seperti itu.

4. Popularitas DIA


Popularitas DIA
Instagram/mbk.dia

Penyanyi "My Friend's Boyfriend" tersebut mulai dikenal publik sejak tahun 2016. Bahkan tiket showcase mini album ketiga "Spell" mereka ludes terjual dalam waktu satu menit. Alhasil, pihak agensi menyediakan tiket tambahan bagi para penggemar yang tidak dapat tiket.

5. Sukses Adakan Konser


Sukses Adakan Konser
Instagram/mbk.dia

Melihat banyaknya penggemar, DIA pun mulai mengadakan konser. Konser perdana mereka dilaksanakan pada Natal 2016. Di sana, Jung Chae Yeon cs juga mengumumkan nama fandom mereka, AID. Sejak itu, DIA cukup rajin konser di penjuru Korea Selatan.

6. DIA OT9


DIA OT9
Instagram/mbk.dia

Lagi=lagi DIA mengalami penambahan member baru. Pada tahun 2017, MBK menambahkan Jooeun dan Somyi sebagai anggota baru. Jooeun sendiri langsung mencuri perhatian karena memiliki visual mirip Joy Red Velvet. DIA OT9 ini pun mengguncang Korea dengan lagu "Will You Go Out with Me?".

7. Jalan Berbunga Bagi DIA


Jalan Berbunga Bagi DIA
Instagram/mbk.dia

Penambahan member tampaknya membuat DIA berjalan di hamparan bunga karena terus menuai kesuksesan. Mini album "Love Generation" berhasil terjual lebih dari 14 ribu dalam waktu 4 hari. Tak cuma itu, DIA sukses menggelar acara peluk gratis bersama 3 ribu penggemarnya. DIA bahkan meraih piala Rising Star Award di Asia Artist Award 2017.

8. Keluarnya Member Secara Berurutan


Keluarnya Member Secara Berurutan
Instagram/e.heomer

Namun, DIA kembali kehilangan membernya. Eunjin memutuskan untuk hengkang pada tahun 2018 karena masalah kesehatan. Member kelahiran 1997 itu memang sempat dilarikan ke rumah sakit saat showcase. DIA pun melanjutkan promosi grup dengan OT8.

Setahun kemudian, Jenny meninggalkan grup karena cedera pada lututnya. DIA pun kembali menjadi OT7. Namun, Somyi juga mengakhiri kontraknya dengan DIA pada tahun 2020. Lagi-lagi MBK menjelaskan jika member DIA keluar dari grup karena masalah kesehatan.

9. Comeback Tanpa Jung Chae Yeon


Comeback Tanpa Jung Chae Yeon
Instagram/mbk.dia

Pada tahun 2020, DIA sempat melangsungkan comeback sebagai sub unit yang beranggotakan lima member. Hal ini lantaran Jung Chae Yeon tak ikut berpartisipasi. Sang leader mengungkapkan jika Jung Chae Yeon memiliki waktu pribadi karena comeback ini bersikap sukarela.

10. Rayakan Ultah Debut Terakhir


Rayakan Ultah Debut Terakhir
Instagram/mbk.dia

Kendati begitu, DIA selalu merayakan ulang tahun debut mereka. Tahun 2021 bisa dikatakan menjadi perayaan terakhir mereka sebagai DIA. Para member sempat melakukan siaran langsung demi menyapa fans, meniup kue, bahkan mengunjungi papan iklan ucapan buatan fans.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait