Soimah Gelar Ruwatan, Intip 7 Potretnya Tunjukkan Cinta ke Budaya Jawa
Selebriti

Soimah menjunjung tinggi budaya Jawa dan belum lama ini menggelar acara Ruwatan untuk anak-anaknya. Deretan momen lainnya ini juga mempelihatkan kecintaan sang sinden terhadap budaya tanah kelahirannya.

WowKeren - Belum lama ini, Soimah menggelar acara Ruwatan dua anak laki-lakinya. Tradisi ini merupakan salah satu upacara dalam kebudayaan Jawa yang ditujukan untuk membuang keburukan atau menyelamatkan sesuatu dari sebuah gangguan. Dikenal menjunjung tinggi budaya, Soimah dan sang suami pun menggelar acara eksklusif untuk kedua anaknya.

Pemilik nama lengkap Soimah Pancawati ini merupakan artis yang ahli dalam bidang kesenian Jawa. Perempuan kelahiran 29 September 1980 ini merupakan keponakan dari M. M. Ngatini, yang merupakan istri dari kerabat padepokan tari Bagong Kussudiardjo yang terletak di Yogyakarta.

Kecintaan Soimah terhadap budaya tanah kelahirannya juga kerpa ia tunjukkan lewat karya serta gaya berpakaian. Bukan hanya sekadar melakukan ritual dan upacara, penyanyi berusia 42 tahun ini juga menunjukkannya lewat deretan momen berikut ini.

(wk/rosi)

1. Bangun Pendopo Tulung


Bangun Pendopo Tulung
Instagram/showimah

Soimah diketahui memiliki pendopo yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta yang diberi nama Pendopo Tulung. Tempat ini juga menjadi salah wadah untuk melestarikan budaya Jawa. Pasalnya dalam beberapa postingannya, pendopo ini digunakan untuk latihan tari hingga nyinden sampai karawitan. Soimah juga sempat mengatakan bahwa tujuannya membangun pendopo sebagai salah satu keinginannya untuk memberikan ruang dan mempersiapkan tempat para seniman-seniman muda untuk berekspresi.

2. Jadi Sinden


Jadi Sinden
Instagram/showimah

Sejak kecil, Soimah memang telah berkecimpung dalam dunia seni. Kemampuan vokal ibu dua anak ini menjadi alasan dia sering memenangkan lomba kesenian sejak masih duduk di bangku sekolah. Maka tak heran apabila Soimah memilih karier sebagai sinden. Ia kemudian memulai debutnya di industri hiburan dan namanya kian terkenal usai bergabung dengan Jogja Hip Hop Foundation.

3. Gelar Ruwatan


Gelar Ruwatan
Instagram/showimah

Soimah menjunjung tinggi budaya Jawa dan belum lama ini menggelar acara Ruwatan untuk anak-anaknya. Ia dan sang suami, Herwan Prandoko, memakai pakaian khas Jawa. Acara ini digelar di Pendopo Tulung secara eksklusif. Soimah pun pembagian deret prosesinya mulai dari menebarkan bunga hingga sungkem.

4. Lestarikan Kebaya


Lestarikan Kebaya
Instagram/showimah

Kebaya merupakan outfit Soimah yang gak pernah ia tinggalkan. Bahkan ia memakainya bukan hanya saat acara seperti kondangan atau event yang mengharuskan dress ode saja. Artis yang lahir di Kabupaten Pati ini akan memakai kebaya saat menjadi juri di kompetisi menyanyi. Modelnya pun tampak cantik dan dikemas dengan gaya lebih modern.

5. Syuting MV Berkebaya di New York


Syuting MV Berkebaya di New York
Instagram/showimah

Rilis lagu "Sak Karepku", Soimah melakukan syuting MV di New York, Amerika Serikat. Dengan bangga ia memakai kebaya hitam dengan rok jarik serta menyanggul rambutnya. Kacamata hitam semakin menambah keren penampilan Soimah. Sinden kelahiran 29 September 1980 ini juga melakukan take video di Brooklyn setelah dari Patung Liberty.

6. Karya Usung Unsur Budaya


Karya Usung Unsur Budaya
Instagram/showimah

Dalam rilisan karyanya, Soimah juga menyelipkan kebudayaan Jawa. Seperti pada MV "Nyai Randha" di mana memperlihatkan Soimah memakai pakaian adat. Lagunya merupakan ungkapan harapan dan perjuangan biduan lewat kesenian serta segala liku-likunya dengan tujuan dapat menghibur banyak orang. Soimah juga menjelaskan jika lagu tersebut memiliki konsep yang kental dengan musikal kesenian Bajidor.

7. Kagumi Adat Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono


Kagumi Adat Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono
Instagram/showimah

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menikah pada 10 Desember 2022 lalu dengan adat Jawa yang kental serta komplit. Soimah pun menjadi salah satu tamu undangan yang hadir di acara sakral itu. Soimah ku tak bisa menahan rasa kagum dan menyebutnya luar biasa. Menurutnya, bahkan orang Jawa saja belum tentu tahu mengenai seluk-beluk prosesi adat semacam ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait